POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teknologi yang muncul dapat membantu melawan efek perubahan iklim

Itu Laporan Terbaru Dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) – yang salah satu dari kita (Arunima) berkontribusi – menekankan perlunya perubahan besar-besaran jika kita ingin tetap berada dalam batas pemanasan 1,5.

Ini adalah tujuan dari Perjanjian Paris sekarang di luar jangkauan kita. Untuk mencapai hal ini, diperlukan pengurangan emisi yang signifikan di semua sektor dan di semua tingkatan.

Berikut adalah beberapa teknologi yang muncul di sektor pangan, transportasi dan energi dengan potensi besar untuk mengatasi tantangan iklim.

1. Sumber protein alternatif

Itu Laporan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim Ini menyoroti potensi pola makan nabati, tidak hanya untuk mencapai pengurangan emisi tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan kolektif kita secara umum.

Sumber protein nabati semakin banyak diproduksi, termasuk produk “daging palsu”, untuk meniru penampilan, rasa, dan tekstur daging hewan.

Secara tradisional, protein alternatif seperti tahu dibuat dari kesederhanaan Pembekuan dari susu kedelai. Beberapa dekade yang lalu kita melihat munculnya protein jamurberasal dari jamur (yang dipopulerkan oleh merek Quorn).

Membutuhkan lebih banyak protein alternatif baru Teknik ekstrusi canggih dan warna dan rasa buatan Untuk meniru tekstur dan rasa protein hewani.

Lalu ada alternatif daging berbasis sel, juga disebut daging ‘lab-grown’, daging budidaya, atau ‘daging laboratorium’. Teknik Bioteknologi Tingkat Lanjut Untuk menumbuhkan sel daging dari sampel (sel starter) yang diekstraksi dari hewan, di dalam alat yang disebut “bioreaktor”.

Daging budidaya sel adalah teknologi yang sedang berkembang. emas untuk dijual Pertama kali Pada tahun 2020, di Singapura. Ini belum tersedia secara komersial di Australia, tetapi menurut untuk laporan kerja saya mulai di balik layar.

Dibandingkan dengan daging sapi dan daging nabati Menghasilkan 30-90% lebih sedikit emisi gas rumah kaca, membutuhkan 40-9% lebih sedikit lahan, 70-80% lebih sedikit air, dan 85-94% lebih sedikit nitrogen reaktif (yang dapat menyebabkan peningkatan emisi gas rumah kaca). pertumbuhan alga yang menghilangkan oksigen kehidupan laut).

READ  Menghitung CO2 itu rumit dan mahal, tetapi perusahaan teknologi berpikir mereka punya solusi

Australia adalah Pertumbuhan tercepat ke-3 Pasar sayur dunia. Organisasi riset industri utama Australia, CSIRO, memperkirakan bahwa pasar makanan berkelanjutan di sini saja akan bernilai A$25 miliar pada tahun 2030.

Selanjutnya, protein alternatif memiliki potensi pasar terbesar kedua untuk semua kelompok di sektor pangan dan agribisnis. Mereka diharapkan menyediakan sekitar A$5,4 miliar dalam Penghematan karbon dan air pada tahun 2030.

2. Kemasan yang dapat dimakan dan biodegradable

Sesuai dengan namanya, kemasan makanan yang dapat dimakan atau biodegradable dirancang agar dapat dicerna atau terurai secara efisien. Kemasan yang dapat dimakan terbuat dari polimer alami yang diekstraksi dari sumber tanaman, yang dapat dibuat menjadi berbagai lapisan dan pelapis. Beberapa contohnya adalah:

Selain ramah lingkungan, kemasan yang dapat dimakan dapat mempromosikan Nilai gizi makanan kemasan, menggabungkan senyawa yang dikenal sebagai “nutrisi” yang dapat meningkatkan komposisi gizi makanan kemasan. Menambahkan antioksidan dan antimikroba ke dalam kemasan juga dapat meningkatkan umur simpan makanan.

Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat kemasan yang dapat dimakan menjadi mainstream, tetapi telah terbukti bahwa Alternatif yang baik untuk botol plastik Untuk pelari maraton.

Pada tahun 2020, hanya Australia yang mendaur ulang 16 persen dari plastik. Secara global, hampir 17 persen adalah plastik Itu didaur ulang pada tahun 2015. Sisanya berakhir di tempat pembuangan sampah, lautan dan sungai – merusak sistem darat dan laut – atau menghasilkan karbon dioksida dan emisi berbahaya lainnya selama pembakaran.

Plastik berbasis fosil dapat mengambil 20-500 tahun terurai, sedangkan kemasan biodegradable di dalamnya terurai Tiga sampai enam bulan Tergantung bahannya.

Diperkirakan pasar kemasan biodegradable global akan tumbuh sebesar 17% setiap tahun, dan itu akan dievaluasi 12,06 miliar USD pada tahun 2025.

READ  Kyle Maloney dari Tech Beach Retreat Limited | bisnis Lokal

Australia menetapkan target untuk 70 persen dari kemasan plastik Dapat didaur ulang atau dikomposkan pada tahun 2025, dan secara bertahap menghapus plastik sekali pakai pada tahun 2025. Inovasi dalam kemasan yang dapat dimakan dan dapat terurai secara hayati dapat sangat mendukung tujuan pengurangan ini.

3. Kendaraan listrik

Meskipun telah menjadi topik hangat untuk beberapa waktu sekarang, mobil listrik tidak dapat diabaikan.

Itu IPCC Kendaraan listrik telah diidentifikasi memiliki potensi dekarbonisasi terbesar untuk transportasi jalan raya. mengapa? Karena meningkatnya permintaan untuk mobil listrik, difasilitasi oleh penurunan biaya, telah tercapai pengurangan emisi. Dan pangsa pasar untuk mobil listrik telah tiga kali lipat Dalam dua tahun.

Di Australia, ini mewakili sektor energi dan transportasi Lebih dari 50 persen emisi karbon. riset Ini menunjukkan bahwa kendaraan listrik dapat mengubah sektor transportasi, jika dikombinasikan dengan sistem kelistrikan 100% terbarukan di mana semua energi yang digunakan dihasilkan dari sumber terbarukan.

Selanjutnya, jika semua kendaraan menggunakan listrik dan kami memiliki sistem kelistrikan 100% terbarukan, konsumen dapat mengharapkan bahwa menyimpan Sekitar A$1.000-2.000 per tahun (berdasarkan harga bensin A$1,40-2,00 per liter).

Mobil listrik harus diisi, tetapi ini dapat dikendalikan atau tidak dikendalikan. Pengisian daya yang tidak terkontrol memungkinkan pengguna untuk mengisi daya kendaraan mereka kapan saja sepanjang hari, sementara pengisian daya yang terkontrol bergantung pada Maksimalkan manfaatnya Dengan pengisian di siang hari, misalnya saat sinar matahari berlimpah. Ini akan membutuhkan sekitar 16 juta kendaraan listrik untuk berjalan di jalan-jalan Australia 205 gigawatt kapasitas terpasang Untuk menyediakan listrik untuk pengisian, jika didasarkan pada sistem kelistrikan 100% terbarukan.

Menurut Biro Statistik Australia, ada 23.000 kendaraan listrik terdaftar di Australia pada tahun 2021, dari sekitar 20 juta mobil Secara keseluruhan. Australia tertinggal dari negara maju lainnya dalam perlombaan untuk memiliki teknologi ini.

READ  Saham melanjutkan kerugian sebelum pendapatan Big Tech

4. Potensi besar Hidrogen

Energi matahari dan angin adalah pilihan yang mapan dan layak untuk mengurangi emisi – dan mereka lebih murah dari sumber yang tidak terbarukan.

Tetapi pada saat yang sama, keduanya sumber energi variabel Itu tergantung pada cuaca, musim, geografi, dan waktu. Hal ini dapat menyebabkan kesenjangan dalam pasokan, dimana sumber alternatif harus dipertimbangkan.

Hidrogen, yang tidak menghasilkan emisi karbon saat dibakar, adalah suatu kemungkinan untuk memilih. Itu dapat diproduksi dengan memisahkan air menggunakan listrik dari sumber energi angin dan matahari. Ini juga menyediakan cara untuk menyimpan energi terbarukan untuk digunakan nanti.

Karena biaya sumber energi terbarukan menurun, dan difusi hidrogen meluas, biaya produksi hidrogen diperkirakan akan turun dalam jumlah tertentu 30% pada tahun 2030. Peningkatan teknologi penyimpanan energi hidrogen dapat menghasilkan lebih banyak pemotongan Dalam biaya variabel sistem kelistrikan terbarukan.

Itu Laporan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim Dia juga menunjukkan potensi hidrogen untuk mencapai pengurangan emisi di sektor penerbangan, tetapi mencatat bahwa ini pertama-tama memerlukan perbaikan teknologi dan pengurangan biaya.