Pospapua.com
Ms Marvel, superhero wanita muslim dari Marvel. (foto: instagram)
Lifestyle

Pahlawan Super Wanita Muslim dari Marvel, Baca Fakta Menariknya

Oleh: Anisa Tri K |

Pospapua.com, Jakarta –  Bagi pecinta film  khas Marvel, pasti tidak asing dengan karakter pahlawan super yang sangat beragam dan menginspirasi. Mulai dari kekuatan, asal-usul, hingga kostum yang bermacam-macam dan masing-masing karakter yang memukau.

Dalam Avengers: Infinity War, kita diperkenalkan dengan salah satu pahlawan wanita bernama Captain Marvel. Kabar terbaru menyebutkan, jika juniornya, Ms. Marvel, juga bakal hadir di film Marvel selanjutnya.

Awalnya, Ms. Marvel merupakan sosok Carol Danvers. Kemudian, Carol menjadi Captain Marvel dan sosok Ms. Marvel digantikan oleh Kamala Khan. Siapa sebenarnya Kamala Khan?

Superhero Beragama Islam
Ms Marvel pertama kali muncul di komik Captain Marvel #14 pada Agustus 2013. Tokoh ini diciptakan oleh Sana Amanat, Stephen Wacker, Willow Wilson, dan Adrian Alphona. Ms. Marvel menjadi salah satu superhero Marvel yang beragama Islam.

Alasan dia dijadikan superhero muslim karena sang penciptanya, Sana Amnat, ingin membuat karakter yang bisa menjelajahi penyebaran penduduk muslim Amerika.

Amnat dan Willow Wilson menekankan bahwa seri Ms. Marvel bukanlah sebuah cerita Islami. Melainkan, sebagai penghubung semua pembaca tanpa batasan keyakinan atau pengalaman hidup sang superhero.

Bukan Manusia Biasa
Kamala termasuk keturunan inhuman, yakni ras manusia yang diubah secara genetik oleh bangsa Kree.

Dikisahkan, Kamala Khan yang dirisak teman-temannya dalam suatu pesta akhirnya pulang sambil menangis. Di tengah jalan, muncul kabut Terrigen tebal yang menyelimuti Kamala. Dia pun pingsan.

Ketika sadar, gadis berdarah Pakistan-Amerika ini menyadari adanya perubahan aneh pada dirinya. Ternyata, ia mendapatkan kekuatan oleh paparan radiasi.

Bukan Partner Captain Marvel
Kamala bukanlah sidekick-nya Captain Marvel, karena keduanya jarang melakukan misi bersama.

Kamala Khan beroperasi di seputar New Jersey, tempat tinggalnya. Sedangkan, Carol Danvers alias Captain Marvel beroperasi di luar angkasa.

Gadis muda yang gemar fanfiction ini merupakan karakter termuda yang bakal bergabung dengan Avengers.

Kekuatan Super
Meskipun berusia muda, namun Ms Marvel memiliki kekuatan yang tidak bisa dianggap sepele. Ia mampu melenturkan tubuhnya seperti Mr. Fantastic. Kamala juga bisa memperbesar salah satu anggota tubuhnya seperti kepalan tangan dan kaki.

Ia pun punya kemampuan regenerasi tubuh sehebat Wolverine meski harus menguras tenaganya Yang spesial, Kamala punya kemampuan menyembuhkan orang lain.

Raih Penghargaan
Komik pertama Ms. Marvel berhasil menyabet penghargaan Hugo Award untuk “Best Graphic Story” pada 2015 lalu.

Bahkan, komik ini mendapatkan pujian dari Presiden Barack Obama pada 2016, atas gambaran positif terhadap muslim Amerika.

Kostum Tradisional
Kostum Kamala terinspirasi dari Shalwar Kameez, baju tradisional asal Pakistan.Para pembuat cerita, ingin Ms. Marvel mengenakan kostum yang mewakili identitas budayanya. Mereka juga tidak ingin membuat image Ms. Marvel terlihat terlalu seksi, dengan tujuan untuk menarik pembaca remaja perempuan.

Kevin Feige, bos Marvel Studios, bahkan sudah merencanakan film solonya. Kehadirannya di MCU fase 4, dipastikan bakal jadi warna baru jagat Marvel Cinematic Universe (MCU). (PS/Asi)

Baca Juga:

Penyuka Kopi Pahit? Baca Hasil Penelitian ini

Nethy Dharma Somba

Narsis di Atas Toilet

hamim

Menikmati, Crispy Ubi Ungu Pizza di Bali

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment