Pospapua.com
Hrga cabe naik 100%. (ilustrasi)
Ekonomi

Jelang Ramadhan, Harga Cabe Rawit di Jayapura Naik 100%

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura- Sejumlah ibu rumah tangga (IRT) di Jayapura, Papua mulai mengeluhkan harga bumbu dapur yang terus naik. Sebab sejak satu minggu lalu harga bumbu dapur di Pasar Phara Sentani dan Pasar Yotefa Jayapura maupun pasar tradisional lainnya belum stabil saat ini, membuat biaya untuk dapur terus membengkak.

Kenaikan yang mencolok pada cabe rawit dari Rp 40.000/kg menjadi Rp 80.000/kg. Alpiyana (35) mengaku harga bumbu dapur di Jayapura  yang terus naik dan belum stabil hingga saat ini. “Kita ke pasar mau belanja, tapi harga bumbu dapur semuanya naik, cabe misalnya dari harga Rp 40,000/kg menjadi Rp 80.000/kg kita mau beli seperempat  kilo saja tidak cukup,” ujarnya.

Menurut Alpiyana, kenaikan harga bumbu harga tinggi tersebut terutama untuk bumbu dapur seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, telur dan bumbu dapur lainnya terus meningkat naik. Misalnya cabe rawit masih bertahan di harga Rp.80.000 per kg, bawang merah Rp.65.000 per kg, telur Rp.65.000 per rak.

‘‘Kita harap harga bumbu dapur ini segera kembali stabil, sehingga tidak membebani warga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama untuk bumbu dapur yang setiap hari harus ada di dapur,” jelasnya.

Hal senada dikeluhkan Siti (45), warga lainnya. Baginya, kenaikan harga kebutuhan pokok saat ini cukup memberatkan. Karena pengeluaran sehari-hari untuk belanja ke pasar bertambah, tentu ini sangat berat buat kami ibu-ibu dalam mengelolahnya apalagi pendapatan kami tidak ada bertambah.

“Semua masih mahal di pasar. Jadi kita ke pasar bigung mau beli apa. Karena semua harga kebutuhan pokok sudah naik. Pada hal puasa masih beberapa hari lagi kedepan. Kita harap harga ini tidak terus naik sampi lebaran nanti,” jelasnya. (nds)

 

Baca Juga:

Jajal MRT, Wapres: Kita Terlambat Bangun

hamim

Pesatnya Digital Payment Timbulkan Keresahan Menkeu

hamim

Tiga Hal Penting dari Indef untuk Diperhatian Pemerintahan Jokowi

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment