Pospapua.com
Pusat gempa magnitudo 3,9 di Jayapura (foto : BMKG)
News

Gempa Tektonik Magnitudo 3,9 Guncang Jayapura

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Gempa bumi dengan magnitudo 3,9 mengguncang Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Sabtu (17/8) malam.  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya menyebutkan gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 22.49 WIT.

Gempa bumi berlokasi di  2.43 lintang selatan dan 140.58 bujur timur dengan kedalaman 6 kilometer. Pusat gempa berada di laut pada 17 kilometer timur laut Kabupaten Jayapura.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili dalam siaran persnya yang diterima Pospapua.com, Sabtu malam, menyebutkan, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kabupaten Jayapura.

Dampak gempa bumi dirasakan di Jayapura dan Sentani III MMI.  Guncangan gempa bumi dapat dirasakan oleh beberapa orang,  namun tidak berpotensi tsunami. “Sampai sekarang belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” kata Petrus.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 23:20 WIT, belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Meski demikian, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pertus  juga meminta masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” imbaunya. (asi)

Baca Juga:

Titiek Soeharto Serukan Masyarakat Indonesia Dewasa dalam Berpolitik

hamim

Penghargaan Pers Bukan Sekadar Asal Bapak Senang

hamim

Islam Moderat dan Islam Konservatif yang Disalahfahami

hamim

Leave a Comment