Pospapua.com
Presiden RI ke-3 BJ Habibie melambaikan tangan kepada wartawa saat menghadiri sidang paripurna bersama DPR/DPD RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8). Dalam sidang tersebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato kenegaraan untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Ke-66 Republik Indonesia. (BISNIS/DEDI GUNAWAN)
Nasional

Wasiat BJ Habibie, Berbuat Baik ke Berbagai Negara

Oleh: Ahmad ZR

Pospapua.com, Jakarta – Putra almarhum BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie menguak wasiat sang ayah tercinta saat proses pemakaman Presiden ketiga Indonesia di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

Wasiat itu merupakan pesan bapak bangsa agar berbuat baik tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara lain.  “Bapak punya wasiat agar berbuat baik tidak hanya di indonesia, tapi juga di negara lain seperti Jerman, Amerika, Inggris, Jepang, Arab, Turki, dan sebagainya,”  tuturnya.

Ilham Habibie mengajak kepada masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk mengambil hal positif dari ayahnya. Misalnya, Habibie selalu memulai tantangan masalah sampai menemukan solusi yang tepat.

“Kita semua tahu, di usia lanjut ini Bapak biar pun menderita beberapa penyakit secara paralel, tapi Alhamdulillah masih bersedia hadir di banyak acara, memberikan berbagai masukan dan berbagai nasihat,” kata Ilham.

Pelajaran lain yang dapat diambil dari mantan Presiden ketiga ini, Habibie selalu merangkul semua pihak dan tak membedakan. Ia selalu mencoba melihat hal positif terhadap siapa pun.

Dia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lelah dalam memberikan kontribusi terbaik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, di kala hidupnya meskipun di usia senja, jika negara memanggil, mendiang Habibie siap mendarmabaktikan hidupnya untuk Indonesia.

Ilham berharap semangat ini diterapkan untuk mewujudkan cita-cita bangsa dalam negara, umat dan dunia. “Sampai jumpa di akhirat, bapak, eyang tercinta, mudah-mudahan khusnul khatimah, mohon maaf atas perbuatan yang sengaja dan tidak disengaja,” ucapnya. (Aza/Asi/INI Network)

Baca Juga:

Investigasi Listrik Padam, PLN Libatkan Tim Independen

Syaiful

Seruan Semangat Persaudaraan Mahasiswa Papua Bergema di Makassar

Syaiful

Gus Luthfi : NU Jangan ‘Meng-Amandemen’ Al-Quran !

hamim

Leave a Comment