Pospapua.com
Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (ketiga dari kiri) memimpin upacara peringatan hari Otonomi Daerah di Kota Jayapura. (foto: humas Kota Jayapura)
Nusantara

Wali Kota Jayapura Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah XXIII

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura– Pemerintah Kota Jayapura melaksanakan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXIII di Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Jayapura yang dipimpin langsung Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano MM, dan diikuti Muspida Kota Jayapura serta TNI, Polri dan ASN, Senin (29/4).

Peringatan Hari Otonomi Daerah XXIII kali ini mengusung tema “meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inovatif’’

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya disampaikan oleh Wali Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano MM mengatakan dengan diberlakukannya otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipai aktif masyarakat.

“Diharapkan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi pemerataan, keadilan keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman  daerah,”kata Wali Kota.

Benhur Tomi Mano mengatakan, ada tiga hal prinsip yang berubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan daerah.

Pertama otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Otonomi daerah juga telah mampu memberikan nuansa baru dalam sistem pemerintahan daerah, dari sentralistik  birokratis ke arah desentralistik partisipatoris, dengan tetap dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kedua, otonomi daerah telah menumbuhkembangkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk turut serta membangun daerah.

Dan ketiga, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka bebagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, tidak lagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit, tetapi sangat efisien dan responsif.

“Melalui kebijakan desentralisasi, pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola dan menggarap potensi ekonomi yang ada didaerah,”ujar Mano.

Selanjutnya untuk menjadikan pelaksanaan otonomi daerah serta menciptakan pemerintahan yang bersih, Benhur Tomi Mano, harus bertanggung jawab, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien sesuia dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, pemerintah telah menerbitkan peraturan pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano menegaskan seluruh masyarakat dapat mengawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat  guna terwujudnya kesejahteraan rakyat dan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif. (nds)

 

Baca Juga:

Pencarian Heli MI-17 yang Hilang Kontak di Papua tidak Dibatasi Waktu

Nethy Dharma Somba

Warga Benawa Minta Jalan di Distrik Mereka Diperbaiki

Nethy Dharma Somba

210 Polisi Siaga Amankan Kapolri dan Panglima TNI di Jayapura

Syaiful

Leave a Comment