POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pencarian awak kapal MV Papua Jaya 2 yang hilang: SAR

Pencarian awak kapal MV Papua Jaya 2 yang hilang: SAR

Dimika, Si Papua (Antara) – Tim penyelamat dari Dimika, ibu kota Kabupaten Mimika di Papua tengah, pada Kamis melanjutkan pencarian awak kapal MV (kapal motor) Papua Jaya 2 yang hilang pada Rabu.

Hingga pukul 15.00 waktu setempat pada hari Kamis, pelaut yang hilang belum ditemukan, kata Charles Y. kata Butlergery.

Pelaut yang diketahui bernama Muhammad Royani (43) itu mengatakan, nakhoda kapal, Muhammad Hidayat, hilang setelah ia dan awak kapal lainnya tidak melihatnya saat sarapan pada Rabu.

Berdasarkan laporan Hidayam, Butlajeri mengatakan Roani kemungkinan terjatuh ke laut saat buang air besar sekitar pukul 03.00 waktu setempat, Rabu (24/4).

Hidayat dan seluruh awak kapal berusaha mencari Roani di sekitar perairan Dimica yang dilewati kapal sebelum Dimica memanggil badan SAR untuk meminta bantuan.

Namun mereka gagal menemukannya, sehingga Hidayat memutuskan untuk meminta badan SAR membantu mencari awak kapal yang hilang tersebut, tambah Batlageri.

Telah terjadi beberapa kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir di lepas pantai Papua.

Misalnya saja pada 12 Desember 2021, kapal pengangkut bahan bakar MV Kalimas 4 tenggelam di perairan Muara Azmat. 6 pelaut yang berada di kapal saat kapal tenggelam berhasil diselamatkan oleh kapal penangkap ikan tuna KMN Hasil Tuna.

Para pelaut yang berhasil diselamatkan, yang diidentifikasi sebagai Ansar (kapten), Ruslan, Subliansya, Nikmat, Haswan dan Mirzan (anak buah kapal), kemudian dievakuasi ke Dimica.

Awak KMN Hasil Tuna menemukan enam pelaut tersebut terapung di laut.

MV Kalimas 4 milik Perusahaan Listrik Negara PLN dihantam gelombang setinggi empat meter pada 12 Desember saat memasuki kawasan pantai Azmat dengan membawa 150 kiloliter bahan bakar.

Menurut kantor Badan SAR-Tmica, kapal tersebut tenggelam setelah mesinnya mati.

READ  Kanchar Pranovo mendorong kolaborasi UMKM

Berita terkait: Fajar baru perjuangan melawan OPM di Papua
Berita terkait: Dua orang ditangkap karena mencuri solar di dekat perbatasan Indonesia-PNG