Pospapua.com
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (kedua dari kanan) jalan kaki keliling Wamena memastikan situasi kondusif, Selasa (8/10). (foto : Humas Polda)
Nusantara

Pastikan Kondusif, Kapolda Jalan Kaki Keliling Wamena

Oleh : Achmad Syaiful|

Pospapua.com, Wamena – Kepala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw telah memastikan situasi keamanan di wilayah Wamena, Kabupaten Jayawijaya benar-benar kondusif, pascakerusuhan 23 September lalu.

Situasi kondusif dibuktikan sendiri oleh Jenderal asal Papua ini saat jalan pagi di keliling Kota Wamena. Waterpauw pun menyambangi beberapa tempat lokasi pengungsian warga Wamena mulai Gereja Efata Wamena, Bank Papua, Polres Jayawijaya, Subden Pom Wamena hingga TK Kemala Bhayangkari.

“Saya baru jalan keliling kurang lebih 5 kilometer, muter dengan beberapa adik-adik. Aktifitas masyarakat sudah ramai, terutama yang ada di Wamena,” kata Waterpauw kepada wartawan usai memantau aktifitas masyarakat Wamena, Selasa (8/10) pagi.

Selain aktifitas pejalan kaki sudah ramai, kata Waterpauw, kendaraan bermotor juga sudah mulai berlalu-lalang di ruas jalan Wamena. Demikian juga warung-warung makan di sekitar Kota Wamena sudah mulai buka.

Hal ini menandakan perekonomian telah kembali pulih. Bahkan aktifitas perbankan juga mulai normal.  “Kegiatan masyarakat sudah mulai aktif, kendaraan, pertokoan maupun perbankan sudah mulai buka kembali seperti biasanya, ATM sudah kembali dibuka,” terang Waterpauw.

Waterpauw mengaku telah mengunjungi sejumlah sekolah di Wamena untuk memastikan aktifitas belajar mengajar berjalan normal. Dalam kunjungannya, para guru sudah mulai aktif mengajar tanpa dihantui perasaan takut.

“Kami tadi kunjungi TK Kemala Bhayangkari bertemu dengan para guru yang berada disan.  Saya melihat para guru sudah kembali tenang dan tidak ada perasan takut serta  khawatir.  Kami juga melihat beberapa anak anak  yang sudah masuk sekolah terlihat gembira,” bebernya.

Dia berharap masyarakat yang sudah terlanjur mengungsi ke Jayapura maupun pulang ke kampung halaman agar kembali ke Wamena. “Masyarakat yang ingin kembali ke Wamena, kami persilahkan. Mari bersama Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi kita membangun kembali kota ini,” ajak Waterpauw. (Asi)

Baca Juga:

Ditunda, Pemakaman Massal Korban Banjir Bandang Sentani

Nethy Dharma Somba

Petugas Bandara Sentani Gagalkan Penyeludupan Miras Ke Wamena

Nethy Dharma Somba

Lanud Silas Papare Latih Masyarakat Bambar Bercocok Tanam

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment