POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kesengsaraan IPO Paytm membuat teknologi India mengincar Barat

Seorang pedagang menimbang sayuran di sebelah tanda Paytm di Mumbai, India, 2 April 2019. REUTERS/Francis Mascarenhas

MUMBAI, 18 November (Reuters) – Breaking Views – Pasar India salah menilai penawaran umum perdana perusahaan teknologi itu. Alibaba (9988.HK), Ant dan SoftBank Group yang didukung oleh aplikasi keuangan superlatif Paytm (PAYT.NS) group (9984.T) memar 24% dalam debut mereka Kamis, berbeda dengan kesuksesan gemilang dua perusahaan digital besar lainnya. Daftar fokus di Mumbai tahun ini. Volatilitas akan membuat startup yang kalah sekali lagi bersemangat untuk bursa saham New York.

Ketika raksasa pengiriman makanan Zomato (ZOMT.NS) go public di Bursa Efek Mumbai pada bulan Juli, tawarannya terlampaui 38 kali dan sahamnya melonjak 66%. Itu meyakinkan pendiri India lainnya untuk meninggalkan ambisi listing mereka di luar negeri, paling tidak bersama dengan raksasa teknologi seperti Alphabet (GOOGL.O) dan Meta Platforms (FB.O) di Nasdaq. Ketika menguntungkan hanya Nykaa (FSNE.NS) dengan mudah mengungguli kesuksesan itu bulan ini, baca lebih lanjut, India secara singkat tampak seperti satu-satunya tempat yang bisa mereka tuju. Ulasan membantu; Semua IPO teknologi besar di India tahun ini, termasuk debut sehat minggu ini oleh pemilik PolicyBazaar PB Fintech (PBFI.NS), telah dihargai di pasar yang terlalu mahal.

Paytm menghadapi lebih banyak ketidakpastian daripada yang lain, termasuk persaingan dari pesaing kaya seperti Walmart (WMT.N) PhonePe, dan Google Pay Alphabet dalam produk pembayaran intinya. Catatan memalukan dari analis Macquarie pada hari Kamis secara tajam menurunkan kemungkinan bahwa perusahaan akan meningkatkan lisensi perbankannya ke lisensi yang memungkinkannya untuk meminjamkan, karena kepemilikannya yang signifikan oleh entitas China. Itu akan secara efektif merusak cara Paytm yang lebih jelas untuk mendapat untung.

READ  Texting Tech Bros. Risiko Penghasilan Meledak

Pendiri Vijay Shekhar Sharma dan penasihat yang dipimpin oleh Morgan Stanley (MS.N) mungkin terlalu serakah. Sebagian besar saham senilai $2,5 miliar yang dijual dalam penawaran umum perdana terbesar di India diberikan kepada investor besar yang dipimpin oleh BlackRock (BLK.N) dan Perusahaan Investasi Teluk Singapura. Tiga perempat dari total buku duduk dengan manajer uang institusional. Alokasi profesional yang lebih tinggi seharusnya melindungi investor kecil dan mengurangi volatilitas.

Impian untuk menemukan awal lepas pantai yang lebih stabil untuk kehidupan perdagangan publik tetap sebagai berikut: New Delhi masih mempertimbangkan apakah akan mengizinkan perusahaan India untuk meluncurkan IPO di luar India terlebih dahulu. Menghentikan membantunya meningkatkan pasar modalnya sendiri. Sementara itu, regulator terombang-ambing antara memfasilitasi munculnya perusahaan teknologi untuk pertama kalinya dan berpegang teguh pada mandatnya untuk melindungi investor.

Tentu saja, tidak ada pertukaran yang dapat menjamin kinerja yang solid di hari pertama. Iris Energy (IREN.O), penambang bitcoin, turun hampir 13% pada debutnya di Amerika Serikat pada hari Rabu. Tapi rumput selalu terlihat lebih hijau, dan kesepakatan baru-baru ini hanyalah puncak dari daftar teknologi India.

Lanjutan penyematan tweet di Twitter

berita konteks

Saham One 97 Communications, perusahaan induk Paytm, anjlok 24% pada debutnya di Mumbai pada 18 November.

Aplikasi keuangan yang berfokus pada pembayaran super yang didukung oleh Alibaba, Ant dan SoftBank telah mengumpulkan $2,5 miliar dan dihargai Rs 2.150 per saham, di atas kisaran yang ditunjukkan sebelumnya. Mereka diperdagangkan pada 1.616 rupee pada pagi hari waktu setempat.

Dewan Sekuritas dan Bursa India yang terpisah pada 16 November menerbitkan sebuah makalah penasihat yang mengusulkan beberapa perubahan terkait dengan penawaran umum perdana. Ini termasuk meningkatkan periode asuransi untuk persentase investor besar dan membatasi jumlah yang dapat diperoleh perusahaan dalam penawaran umum perdana untuk mendanai pertumbuhan anorganik dan tujuan umum perusahaan. Penyelenggara akan menerima komentar hingga 30 November.

READ  Merek Ecom menghubungkan repositori mereka dengan Ad Tech menggunakan Whitebox

Diedit oleh Anthony Corrie dan Katrina Hamlin

Reuters Breakingviews adalah sumber wawasan keuangan terkemuka di dunia untuk menetapkan agenda. Sebagai merek untuk komentar keuangan Reuters, kami membedah kisah bisnis dan ekonomi besar yang terungkap di seluruh dunia setiap hari. Sebuah tim global yang terdiri dari hampir 30 reporter di New York, London, Hong Kong, dan kota-kota besar lainnya memberikan analisis ahli secara real-time.

Daftar untuk uji coba gratis layanan lengkap kami di https://www.breakingviews.com/trial Ikuti kami di Twitter penyematan tweet dan terus www.breakingviews.com. Semua pendapat yang diungkapkan adalah milik penulis.