Pospapua.com
Situasi warga saat gempa di Nias. (foto: Antara)
Nasional

Gempabumi 6,0 SR di Nias, Warga Panik

Oleh: Azhar A Pawennay |

Pospapua.com, Nias – Gempa berkekuatan 6,0 skala richter yang mengguncang Kepulauan Nias, Sumatera Utara, membuat warga di daerah itu panik dan berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

Guncangan gempa yang berpusat di 30 km barat daya Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara itu juga terasa hingga Kota Gunungsitoli, Sumut. Akibat gempa yang cukup kuat, sejumlah pedagang dan pembeli di beberapa toko yang ada di Kota Gunungsitoli juga panik dan berhamburan keluar karena takut bangunan toko rubuh.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro meminta warga agar tidak panik. Warga diminta menerapkan langkah-langkah yang pernah dipelajari sebelum terjadi atau setelah terjadi gempa.

BMKG menyebut gempa berkekuatan 6,0 SR yang mengguncang Nias terjadi pukul 12.57.09 WIB itu tidak menimbulkan tsunami.

Pusat gempa berada di kedalaman 19 Km, 30 km barat daya Nias Selatan, 77 km Tenggara Nias Barat dan 89 km Tenggara Nias, Sumatera Utara.

“Usai gempa pertama, kembali terjadi gempa susulan berkekuatan 5,5 skala Richter pukul 13.04,35 WIB,” terangnya.

Gempa susulan terjadi di kedalaman 22 km di 40 km barat daya Nias Selatan, 79 km tenggara Bias Barat dan 95 km barat daya Kabupaten Nias, Sumatera Utara. (Ada/nds/Ant)

Baca Juga:

Jokowi Janjikan Dukungan Pemerintah Majukan Pariwisata Sulut

Nethy Dharma Somba

Nilai Kompensasi PLN Turun Menjadi Rp 865 M

Syaiful

Terdapat 150 Juta Pengguna Media Sosial di Indonesia

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment