Pospapua.com
Pesawat-Hercules
Pesawat Hercules milik TNI saat menurunkan pengungsi di Hanggar Lanud Silas Papare, Jayapura. (foto : dok Pospapua.com)
Nasional

Dukung Pengungsi Kembali, Panglima TNI: Saya Kerahkan Pesawat di Papua

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan mengerahkan seluruh alat utama sistem persenjataan (alutsista) khususnya pesawat milik TNI untuk mengangkut para pengungsi yang ingin ingin kembali ke Wamena maupun wilayah lain di Papua.

“Seluruh alutsista milik TNI, khususnya pesawat akan saya kerahkan untuk mendukug para pengungsi yang kembali ke tempat masing-masing di wilayah Papua,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto usai mengunjungi pengungsi Wamena di Lanud Silas Papare, Jayapura, Rabu (9/10).

Menurut Hadi, TNI telah menyiapkan tiga pesawat Hercules untuk mengangkut pengungsi kembali ke Wamena. Tiga pesawat ini akan berada di Pangkalan TNI Angkatan Udara Silas Papare, Jayapura. “Saya sepakat dengan penyampaian Wiranto bahwa pengungsi ingin kembali ke Wamena,” ujarnya.

Sementara untuk mengangkut pengungsi ke wilayah Ilaga, Hadi melanjutnya, TNI telah menyiapkan helikopter di Timika. “Untuk ilaga akan disiapkan helikopter di Timika, kalau Merauke disiapkan pesawat Hercules,” terangnya.

Hadi meyakinkan, aparat keamanan TNI-Polri akan tetap menjaga stabilitas keamanan  di wilayah Wamena, Puncak maupun Pegunungan Bintang. “Permintaan penambahan pos dari para tokoh masyarakat Papua akan menjadi perhatian oleh Panglima TNI maupun Kapolri,” kata Hadi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto mengaku telah bertemu dengan para pengungsi, tokoh masyarakat, pemuka adat, dan tokoh gereja di Wamena maupun Jayapura.

Dari pertemuan itu, dia menyimpulkan banyak masyarakat yang ingin tetap tinggal untuk melanjutkan kegiatan dan kehidupan yang telah dirintis bertahun-tahun di Wamena.

Saat ini Wiranto bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tengah menemui para tokoh masyarakat di Timika untuk menyakinkan kondisi seluruh wilayah stabil. ”Pasti ada ancaman-ancaman, tetapi telah diantisipasi oleh Panglima TNI dan Kapolri untuk menjaga suasana kondusif di Papua,” katanya.

Hingga saat ini, baru 102 pengungsi yang sebelumnya ditampung di Jayapura bersedia kembali ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Mereka kembali atas keinginan sendiri karena merasa telah aman dan ada jaminan dari aparat keamanan. (Asi)

Baca Juga:

47 Ribu Aparat Gabungan Amankan Pembacaan Putusan MK

Nethy Dharma Somba

Permintaan Pengembalian Lahan Jangan Berlaku untuk Prabowo Saja

hamim

Soal Papua, Rizal Ramli Sebut Ada Tiga Langkah Solusi

Syaiful

Leave a Comment