Pospapua.com
Khazanah

Dubes RI Ajak Jamaah Haji Renungi Khutbah Wukuf di Arafah

Oleh: Azhar AP |

Pospapua.com, Arafah –  Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Berkuasa Penuh, Agus Maftuh Abegebriel, mengajak semua jamaah haji agar merenungi khutbah wukuf seperti yang pernah disampaikan Rasulullah SAW saat memberikan khutbah pada haji wada 1430 tahun silam.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk merenungi kalimat yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW pada 1430 tahun yang lalu,” katanya saat memberikan sambutan jelang wukuf Arafah, dilansir Kemenag.go.id, Sabtu (10/8).

Kala itu, menurut Dubes, Rasul hadir dan mengendarai khutbah di Arafah dengan mengendarai unta. “Saat itu Nabi berpesan dengan bahasa universal. Wahai manusia sesungguhnya darahmu, harta mu dan dignitymu, harga dirimu terproteksi, termuliakan, tidak boleh ditumpahkan darahnya, tidak boleh diambil hartanya, tidak boleh dirusak harga dirinya. Sebagaimana mulianya hari Arafah, sebagaimana mulianya bulan Zulhijjah, sebagaimana mulianya al haramain ini,” ujar Agus menceritakan kisah tersebut.

Menurut dia, dengan kisah tersebut jelas sekali bahwa Islam amat menjunjung nilai kemanusiaan. Khutbah kemanusiaan itu telah disampaikan Nabi SAW lebih dari 1430 tahun yang lalu. “Ini yang perlu dijadikan teladan,” kata Agus.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga menyampaikan selamat datang kepada seluruh jamaah Indonesia. “Sebagai pelayan jamaah haji di Arab Saudi, kami ucapkan selamat datang. Marhaban di bumi Arafah,” ujarnya. (Aza/asi)

Baca Juga:

Diver Clean Action, Akrabkan Pemuda dengan Issu Kelautan

Nethy Dharma Somba

Daun Bidara Pengusir Setan? Mitos atau Fakta Yah..

Syaiful

Fenomena Salju Dieng, Indah bagi Wisatawan Bencana bagi Petani

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment