Pospapua.com
Acara talkshow World Ocean Day: IYMDS for OCC 2019 bertempat di at America, Pacific Place, Jakarta (22/6). (foto: Anisa Tri Kusuma)
Khazanah

Diver Clean Action, Akrabkan Pemuda dengan Issu Kelautan

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Pospapua.com, Jakarta — Laut yang sehat sangat penting untuk keberlangsungan hidup kita. Laut memproduksi oksigen, makanan, memelihara air minum, dan memberikan sumber daya yang tidak terbatas. Our Ocean Conference telah memformulasikan 6 area aksi untuk membuat solusi terhadap masalah yang dihadapi perairan laut, khususnya di Indonesia.

Untuk mendorong para milenial yang peduli kebersihan laut, salah satu komunitas anak muda yang bergerak di bidang issue kelautan, Divers Clean Action mengadakan talkshow bertema World Oceans Day: IYMDS for OOC 2019 pada Sabtu (22/6).

Bertempat di at America Pacific Place, Jakarta, sejumlah pakar, praktisi, dan aktivis lingkungan laut menjelaskan peran dan pentingnya laut, serta berbagai aksi yang bisa kita ambil untuk melindungi keberlangsungan kehidupan laut.

Founder Dive Clean Action, Swietenia Puspa Lestari menuturkan, acara ini merupakan bagian dari rangkaian program Indonesian Youth Marine Debris Summit 2019.

“kita ingin memberikan pemahaman kepada anak muda yang masih awam akan issue kelautan,”

Program Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) adalah sebuah kompetisi bergerak dalam sektor kebersihan lingkungan laut, baik itu di pesisir pantai maupun di dalam laut.

“Kita diberi kepercayaan oleh KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) untuk menyeleksi pemuda-pemuda terpilih yang kreatif dan memiliki peran di daerahnya masing-masing. Kita bantu kembangkan potensi mereka dan untuk selanjutnya mereka akan dikirim ke acara OCC di Norwegia,” Ujar Tenia saat ditemui di at America, Pacific Place.

Progam ini sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu dan diikuti sebanyak 65 orang pemuda dari seluruh Indonesia. Kemudian dibagi ke dalam 14 kelompok besar sesuai wilayahnya masing-masing. Kelompok terpilih, akan mendapatkan kesempatan untuk menceritakan pengalaman mereka dalam program Our Ocean Conference (OOC) di Norwegia. (*/Dry/nds)

 

Baca Juga:

Dari MUI Hingga Lahirnya Pesantren

hamim

Taman Buah Mekar Sari, Pusat Pelestarian Buah-Buahan Terbesar Di Dunia

Anjar Asmoro Heryanto

Balug, Rumah Adat Tempat Penyimpan Tengkorak

Firman

Leave a Comment