Pospapua.com
Foto: Istimewa
Nasional

Satgas Pangan Temukan Makanan dan Minuman Kadaluarsa Masih Dijual Pedagang

Oleh: Hasibuan Aman

Pospapua.com, Jayapura- Satgas Pangan Polres Jayapura bersama Balai Pom dan Disperindagkop Kabupaten Jayapura melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang, produk makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa di sejumlah toko, kios maupun mini market yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura, Papua.

Pemeriksaaan produk manakan itu dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, untuk melindugi masyarakat dan mencegah beredarnya makanan dan minuman yang tidak memenuhi syarat, mutu dan keamanan sesuai dengan standar kesehatan.

Dalam pemeriksaan tersebut Tim Satgas Pangan mendatangi kios-kios, toko yang ada di sepanjang jalan dan di perumahan warga kemudian melakukan pemeriksaan terhadap produk-produk makanan maupun minuman yang masih dipajang.

“Selama kita melakukan pemeriksaan kami banyak menemukan produk makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa masih di jual,”kata Kasat Reskrim Polres Jayapura AKP Hendrikus Yosi Hendrata, Kamis (30/5).

Hendrata mengatakan, seluruh produk makanan dan minuman yang ditemukan kadaluarsa langsung dimusnakan ditempat dengan cara dirusak.

“Barang kadaluarsa yang kita sita itu langsung kami musnakan di depan para pedagang agar tidak diperjual belikan kembali. Memang mereka tidak diberikan sanksi melainkan diminta untuk memusnakannya agar tidak diperjualbelikan kembali dan dibuatkan berita acara pemusnahan makanan,”jelasnya.

Tim Satgas Pangan menghimbau kepada pemilik toko, warung dan mini market agat tidak lagi menjual minuman kadaluarsa dengan selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa yang ada tertera pada produk tersebut sehingga tidak merugikan masyarakat. Apabila makanan dan minuman yang di jual tersebut sudah mendekati batas masa berlalu agar segera dikembalikan kepada distributornya.

“Kami menghimbau kepada pedagang maupun masyarakat agar selalu memperhatikan batas masa berlaku produk yang dibeli, dan apabila menemukanya supaya langsung dimusnakan atau tidak diperjual belikan lagi,”ungkapnya.

Baca Juga:

Disalatkan di Masjid Termulia, Jenazah Mbah Moen Dimakamkan di Ma’la

Syaiful

Pertamina Hadirkan BBM Pertamax di Kota Namlea Maluku

Bagas

Kominfo Tutup Akun Instagram Komik Muslim Gay

hamim

Leave a Comment