POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rekap mingguan: Temasek memotong gaji karyawan dalam tinjauan FTX;  INA menandatangani kesepakatan logistik untuk tinta |  Pemilik aset

Rekap mingguan: Temasek memotong gaji karyawan dalam tinjauan FTX; INA menandatangani kesepakatan logistik untuk tinta | Pemilik aset

Berita teratas minggu ini

Temasek mengatakan pengurangan kompensasi karyawan untuk tim investasi yang bertanggung jawab untuk berinvestasi di FTX, setelah melakukan tinjauan internal atas investasi tersebut.

“Peninjauan investasi internal dilakukan oleh tim independen dan temuannya disampaikan langsung kepada Komite Risiko dan Keberlanjutan Dewan dan Dewan Direksi.

“Meskipun tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh tim investasi dalam mencapai rekomendasi investasi mereka, tim investasi dan manajemen senior, yang pada akhirnya bertanggung jawab atas keputusan investasi yang dibuat, dimintai pertanggungjawaban secara kolektif dan kompensasi mereka dikurangi,” kata Ketua Perusahaan Investasi Lim Boon Hing . . dalam situasi saat ini.

Langkah tersebut dilakukan sekitar enam bulan setelah Temasek meluncurkan tinjauan internal atas investasinya di bursa cryptocurrency FTX yang sekarang bangkrut, menghasilkan penurunan nilai sebesar $275 juta.

Didirikan oleh Sam Bankman-Fried, FTX pernah menjadi salah satu startup paling berharga di sektor cryptocurrency yang berkembang pesat secara global.

Bankman-Fried ditangkap pada Desember 2022 oleh polisi di Bahama karena FTX yang gagal.

sumber: temasek/Reuters

Otoritas Investasi Indonesia (INA), ESR Group dan MC Urban Development Indonesia (MCUDI), 100% anak perusahaan Mitsubishi Corporation yang bergerak di bidang pengembangan real estat, telah menandatangani kemitraan strategis untuk membuka potensi pengembangan fasilitas pergudangan modern di Indonesia.

Proyek ini akan berinvestasi di tiga pusat logistik modern yang berlokasi strategis, yang dikembangkan dan dikelola oleh ESR, dan para mitra sedang menjajaki komitmen untuk investasi bersama tambahan di sektor ini.

Proyek ini merupakan investasi pertama INA di kelas aset real estate dan pengembangan logistik pertama MCUDI di Indonesia.

Ukuran pasar gudang Indonesia sekitar 29 juta meter persegi, dan gudang modern hanya sekitar 8% dari total pasar.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memanfaatkan peluang ini untuk berinvestasi dalam aset gudang modern dan mendapatkan pangsa pasar yang besar.

Sumber: INA

Berita investasi lainnya

Australia

Mercer Super mengonfirmasi sedang dalam proses melakukan transfer dana berikutnya dengan Dana Pensiun Karyawan Holden (HESF), dalam pengumuman yang dibuat pada 25 Mei..

Kedua dana super tersebut secara resmi memulai diskusi pada Desember 2022 dengan peringatan HESF bahwa mereka menghadapi tekanan biaya terkait dengan penurunan ukurannya. Merger dijadwalkan selesai pada 1 Juni.

HESF memiliki 1.753 anggota dan aset total A$313,5 juta ($205,4 juta), kata HESF dalam laporan tahunan 2022.

Pengumuman ini mengikuti berita terbaru tentang penggabungan BT Super dan Lutheran Super ke dalam Mercer Super Trust.

sumber: Mercer

Cina

Ketua Badan Investasi Rencana Pensiun Kanada mengatakan paparan ke China tetap penting untuk keseluruhan strategi dana, tetapi memahami ekonomi negara dan signifikansi globalnya sangat penting.

READ  Prabowo mendapatkan momentum dalam persaingan untuk menggantikan Jokowi

CEO John Graham membuat komentar sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang apa yang diperlukan bagi China untuk menjadi “tidak dapat diinvestasikan,” selama wawancara dengan Televisi Bloomberg. Dana pensiun terbesar Kanada menginvestasikan hampir 10% asetnya di China.

“Penting bagi CPP Investments untuk menjadi investor global. Untuk menjadi investor global, seseorang perlu memahami ekonomi dunia yang besar dan berkembang pesat,” kata Graham.

“Kami masih berpikir kami perlu membuka diri ke China – kami perlu memahami ekonomi dan memahami dampak ekonomi di seluruh dunia.”

sumber: bloomberg

Singapore Stock Exchange (SGX Group) dan Shanghai Stock Exchange (SSE) telah menandatangani Nota Kesepahaman untuk meluncurkan SSE-SGX Link for Exchange Traded Funds (ETF). Berdasarkan perjanjian tersebut, SGX Group dan SSE akan mengembangkan dan meningkatkan pasar ETF di kedua negara melalui model dana umpan induk.

Tautan baru ini dibangun di atas daftar sukses pada tahun 2022 dari tiga ETF di bawah tautan ETF produk dengan Bursa Efek Shenzhen (SZSE).

Pemilik aset konservatif, seperti dana pensiun dan perusahaan asuransi jiwa, biasanya melakukan investasi ETF untuk mendiversifikasi risiko.

sumber: Bursa Efek Singapura

Hongkong

Perwalian pensiun Hong Kong, BCT Group, dan Invesco Hong Kong telah menandatangani perjanjian untuk menjadikan BCT Financial (BCTF) sebagai sponsor program untuk Invesco Strategic MPF (Compulsory Provident Fund).

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan itu termasuk pengaturan tingkat biaya, promosi dan distribusi perangkat lunak, dan layanan pelanggan.

BCTC akan melanjutkan perannya sebagai administrator dan wali MPF sementara Invesco akan melanjutkan sebagai manajer investasi untuk skema pensiun. Perubahan tersebut diharapkan terjadi pada kuartal keempat tahun 2023 sambil menunggu persetujuan yang diperlukan dari Otoritas Skema Dana Penyedia Wajib dan Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong.

BCT dan Invesco telah menjalankan skema MPF sejak tahun 2006. Menyusul pengumuman tersebut, BCT dan Invesco akan membentuk komite investasi baru untuk berkolaborasi dalam inovasi produk tambahan.

Sumber: BCT, Invesco; Manajemen Aset Asia

Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC) akan mengizinkan platform perdagangan aset virtual untuk melayani klien ritel berdasarkan peraturan baru yang akan berlaku pada 1 Juni 2023.

Langkah itu dilakukan setelah SFC memulai konsultasi pasar tentang panduan yang diusulkannya pada platform perdagangan aset virtual awal tahun ini.

Pedoman untuk Operator Platform Perdagangan Aset Virtual akan berlaku akhir pekan ini. Pedoman tersebut menguraikan, antara lain, penjagaan aset yang aman, pemisahan aset klien, penghindaran konflik kepentingan dan standar dan persyaratan keamanan siber yang diharapkan untuk platform perdagangan berlisensi, kata regulator pada 23 Mei.

sumber: Komisi Sekuritas dan Berjangka

READ  Bagaimana situasi perekonomian Indonesia menjelang pemilu?

Jepang

Sekelompok perusahaan asuransi jiwa besar Jepang, bank dan konglomerat keuangan telah menandatangani nota kesepahaman tentang studi bersama inisiatif bisnis untuk pengembangan pembiayaan berkelanjutan.

Mereka termasuk MS&AD Insurance Group Holdings (Aioi Nissay Dowa Insurance dan Mitsui Sumitomo Insurance Company), Sompo Japan Insurance, Tokio Marine & Nichido Fire Insurance, Nippon Life Insurance, Hitachi, Mizuho Bank, Sumitomo Mitsui Banking Corporation, dan MUFG Bank.

Mereka akan bekerja sama untuk meluncurkan Platform Keuangan Berkelanjutan (nama tentatif), sebuah platform digital yang memungkinkan komunikasi antara lembaga investasi dan tujuan investasi (perusahaan tercatat) dan memfasilitasi saling pengertian dan pengungkapan informasi terkait ESG, dll.

Menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan pada 25 Mei, “Kami akan mencari berbagai perusahaan pengguna, menawarkan versi beta platform pada musim gugur 2023 dan bekerja untuk memvalidasi kegunaannya dan meningkatkan berbagai fungsi.”

Sumber: Nippon Life Insurance

Perusahaan Asuransi Jiwa Nippon Ini menginvestasikan 3 miliar yen ($ 21,4 juta) dalam dana keberlanjutan yang didirikan oleh Nissay Capital, cabang modal ventura dari perusahaan asuransi Jepang.

Dana tersebut bernama Nissay Capital Sustainability Solutions Fund No. 1 Kemitraan Terbatas Investasi, yang berinvestasi dalam dana awal dan modal ventura yang disumbangkan masyarakat untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Nippon Life mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka terutama berfokus pada dekarbonisasi, dampak lingkungan, energi baru, kesehatan dan umur panjang, dan keberlanjutan, dengan periode investasi 18 tahun, lebih lama dari periode rata-rata dana modal ventura sekitar 10 tahun.

Sumber: Nippon Life Insurance

Korea

Federasi Usaha Kecil dan Menengah Korea, atau KBIZ, sedang mencari untuk mempekerjakan manajer aset untuk mandat kepemilikan lokal senilai 200 miliar won ($151 juta) yang disusun sebagai dana dengan strategi investasi pengembalian aktif dan absolut.

KBIZ mengatakan dalam RFP bahwa portofolio investasi aktif perlu mengungguli Indeks Harga Saham Gabungan Korea, sedangkan strategi pengembalian absolut akan fokus pada investasi bebas risiko seperti strategi panjang atau pendek.

Pengelola aset akan diangkat untuk jangka waktu satu tahun dengan kemungkinan perpanjangan berdasarkan kinerjanya.

sumber: Manajemen Aset Asia

Malaysia

Dana kekayaan negara Treasury Nasional Berhad meluncurkan obligasi dolar yang dikatakan oleh sumber yang memiliki pengetahuan langsung untuk mengumpulkan hingga $1 miliar.

Dana tersebut meluncurkan obligasi sukuk lima tahun dan obligasi bunga tetap 10 tahun tanpa jaminan, kesepakatan kelas investasi dua tahun pertama Malaysia.

sumber: Nasdaq/Reuters

Manajemen Anwar Ibrahim meminta Employees Provident Fund (EPF) untuk meningkatkan ukuran portofolio domestiknya guna menggairahkan perekonomian Malaysia.

Posisi keuangan IMF yang kuat telah mendorong pemerintahan Anwar untuk lebih mengandalkan dana tersebut untuk merangsang ekonomi dengan proposal kontroversial untuk meningkatkan volume investasi domestiknya menjadi 70% tahun ini dari 64% pada akhir 2022.

READ  Indonesia membukukan transaksi Rp23,3 triliun di CAExpo di Nanning

Pejabat kotak email, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan peningkatan enam poin persentase akan sulit dipenuhi.

sumber: Buletin Kalimantan

Filipina

Presiden Ferdinand Marcos Jr. mengatakan pemerintah sedang mencari cara untuk membuat sistem pensiun untuk Angkatan Bersenjata Filipina dan Kepolisian Nasional Filipina “mandiri” karena dana tersebut dapat habis dalam setengah dekade.

“Kami masih menyiapkan rencana pensiun,” kata Marcus Jr. kepada wartawan di sini dalam sebuah kesempatan wawancara.

sumber: ABSCBN

Sistem Jaminan Sosial (SSS) telah mempekerjakan BPI Wealth, unit manajemen aset dan kekayaan Bank Kepulauan Filipina, untuk mengelola 2,5 miliar peso ($44,6 juta) dalam dana investasi setelah proses penawaran yang ketat selama empat bulan.

Dalam keterangannya, SSS menyatakan keyakinannya bahwa BPI Wealth adalah mitra yang tepat dalam mengelola portofolio investasi Dana Pensiun karena rekam jejak keberhasilan dan komitmennya yang unggul.

sumber: Manila Times

Taiwan

Dana Pensiun Layanan Publik telah memilih dua perusahaan dalam negeri dan dua perusahaan asing untuk mengelola mandat kepemilikan lokal baru senilai NT$12 miliar ($391,8 juta), dana pensiun mengumumkan pada 21 Mei.

Mereka adalah unit HSBC Asset Management dan Nomura Asset Management Taiwan; Dana Investasi Cathay Securities dan Manajemen Aset Fubon.

Mereka masing-masing akan mengelola NT$3 miliar selama lima tahun.

“Kami bertujuan untuk mencapai tujuan diversifikasi risiko, manajemen profesional dan peningkatan pengembalian dengan mengoperasikan perusahaan manajemen aset profesional,” kata dana pensiun.

Sumber: Kantor Dana Pensiun Pelayanan Publik

seluruh dunia

Dana Pensiun Karyawan Kota Los Angeles (LACERS) telah berkomitmen total $50 juta untuk dua dana yang dikelola oleh perusahaan modal ventura GGV Capital, menurut risalah dari rapat dewan terbarunya pada 23 Mei.

LACERS telah berkomitmen sebesar $40 juta untuk GGV Capital IX, dana utama perusahaan yang berfokus pada investasi modal ventura multi-tahap di segmen pasar sosial/internet, teknologi perusahaan, dan teknologi pintar yang sebagian besar berlokasi di Amerika Serikat dan Tiongkok.

Dana pensiun juga telah menjanjikan tambahan $10 juta untuk GGV Capital IX Plus, yang akan melakukan investasi lanjutan di perusahaan yang didukung oleh dana induk.

GGV adalah hubungan kemitraan umum LACERS saat ini, karena dana pensiun sebelumnya menjanjikan $16 juta kepada GGV Capital VIII dan $4 juta kepada GGV Capital VIII Plus pada tahun 2021.

sumber: bola

¬ Haymarket Media Limited. Seluruh hak cipta.