Pospapua.com
Pelatihan Pengolahan Ikan nelayan asal Papua. (istimewa)
Nusantara

Nelayan Emas Biru Papua Dilatih Olah Ikan

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura– Dalam rangka meningkatkan pengetahuan Nelayan Emas Biru Papua dalam mengolah ikan, PT MPM berikan pelatihan tatacara packing ikan yang siap ekspor agar terjaga kesegaran ikannya dan tetap steril di mini plain rumah seleksi pelabuhan Laha pada Sabtu, (27/4).

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan pembekalan pelatihan yang dipelajari saat berada di pelabuhan adalah melihat proses pembongkaran dan pemindahan Ikan Tuna mulai dari kapal yang berlabuh di pelabuhan ke armada pengangkut mobil dan dibawa ke rumah seleksi, serta mendapat penjelasan tentang tehnik memancing ikan yang benar dari Cekyco Kapten Kapal.

Selain itu, menurut Aidi, para peserta pelatihan juga mendapatkan pembekalan praktek yang dimbimbing oleh Abas saat berada di Rumah Seleksi Ikan. Praktek yang didapat oleh para peserta pelatihan emas Biru Papua berupa proses pembersihan dan pemotongan seluruh sirip Ikan, melakukan pengecekan kualitas daging Ikan yang akan di sortir untuk dilakukan penjualan Ekspor ke Jepang atau penyortiran Ikan untuk dibawa ke Coolstrorage, melihat cara pembersihan darah-darah Ikan, melihat cara pencataan dan pendaataan adminstarasi dalam pelaksanaan pemuatan ikan yang berkualitas untuk diproses menjadi olahan produk-produk Ikan.

“Para peserta pelatihan diberikan pembelajaran tentang tatacara proses packing Ikan Tuna Whole GG Fresh yang siap di Ekspor ke Jepang agar tetap dalam kondisi segar dan steril,” kata Aidi.

Dikatakan Aidi, ikan yang telah melalui proses penyortiran kemudian dimasukan ke dalam karton dengan dilapisi spoon dan kain lembut serta dilapisi plastik.

Kegiatan pelatihan Nelayan Mas Biru Papua didampingi Pasiter Jayapura Kapten Inf Kadir, Lettu Inf Ceko S Kasrap,  Prapto dari PT. MPM. (nds)

Baca Juga:

Dua Nelayan Dilaporkan Hilang, SAR Jayapura Lakukan Pencarian

Nethy Dharma Somba

Walikota Tegaskan Tak Ada Paguyuban Nusantara di Papua

Syaiful

TNI Lanjutkan Pembangunan Jalan Trans Papua di Nduga

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment