POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri: Indonesia akan menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2030

Menteri: Indonesia akan menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2030

Jakarta (Antara) – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masdoki mengajak para penjual mie kuah dan bakso untuk bergabung dalam bisnis online karena Indonesia diperkirakan akan menjadi ekonomi digital terbesar dengan potensi mencapai INR 500 triliun di Asia Tenggara pada 2030.

“Mulai dari sini, Pak Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat menyadari bahwa ekonomi digital kita yang besar di Asia Tenggara harus dinikmati oleh penjual sop bakso,” katanya di Jakarta, Minggu.

Masduki mengatakan, Presiden memintanya untuk mengarahkan para penjual mie kuah bakso untuk masuk ke ekosistem digital guna mengembangkan bisnisnya lebih jauh.

Pada 2024, pemerintah menargetkan 30 juta usaha mikro, kecil, dan menengah masuk ke pasar digital, termasuk 19,5 juta usaha kecil dan menengah pada 2022.

Menteri Masduki optimistis target tersebut akan tercapai, apalagi dengan partisipasi para pedagang mie kuah dan bakso.

Bambang Haryanto, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Sup Ayam dan Bakso (Papmiso), mengatakan 1.200 dari 50.000 anggota Papmiso sudah terkoneksi dengan bisnis online.

Berita terkait: Menteri imbau pedagang daging giling menggunakan teknologi cold storage

Sementara itu, GoFood menampung 62.700 penjual makanan dan Grab Food 120.000 penjual makanan untuk menawarkan produk makanannya melalui aplikasi online.

Menteri menyampaikan harapan bahwa semua 50.000 anggota Papmiso akan online dalam dua tahun ke depan.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah siap membantu para penjual mie kuah dan bakso untuk mendapatkan nomor pendaftaran usaha (NIB), memfasilitasi akses ke perbankan untuk bantuan permodalan dalam Skema Kredit Usaha Rakyat (KUR), untuk mendapatkan izin edar , dan halal. Sertifikat.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi meresmikan pertunjukan wayang kulit virtual yang diselenggarakan oleh Papmiso Corporation.

READ  Polisi Indonesia mengatakan 4 tewas, 1 hilang dalam serangan di Papua

Acara yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia ini dihadiri oleh ratusan pedagang mie kuah dan bakso dari 34 provinsi.

Dimeriahkan juga dengan peragaan busana dan makan gratis tiga ribu mangkok mie kuah bakso untuk masyarakat.

Presiden berpesan kepada para penjual mie kuah dan bakso untuk memanfaatkan teknologi digital agar bisnisnya bisa lebih cepat berkembang dan membuka peluang bisnis.
Berita terkait: Pedagang di Beringharjo Yogyakarta beralih ke jualan online di tengah pandemi
Berita terkait: Obama menikmati paxo di Bogor