Pospapua.com
Nusantara

Tinggi Gelombang Laut di Selatan Papua 2,5 Meter, Nelayan Dilarang Melaut

Oleh : Faisal Narwawan |

Pospapua.com, Jayapura – Potensi angin kencang diperkirakan melanda wilayah Papua, terutama Papua Selatan, analisa BMKG menyebutkan kecepatan angin mencapai 30 knot.

“30 knot itu kurang lebih 60 kilometer perjam, itu melintasi wilayah Papua dominan di Selatan Papua,” ujar Kepala BMKG Wilayah V Jayapura Petrus Demon Silii, M.Si kepada Pospapua.com Kamis (6/6) malam.

Dikatakan, kecepatan angin  ini sangat mempengaruhi tinggi gelombang laut di wilayah tersebut.

“Di Papua bagian selatan artinya di Arafuru bagian timur itu rata-rata tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Ini termasuk tinggi dan untuk nelayan kami imbau tidak boleh melaut, karena nelayan bisanya pada ketinggian 1,5 meter,” jelas Petrus.

Kondisi ini diperkirakan BMKG berlangsung sejak 6 Juni hingga 10 Juni 2019 mendatang.

Lebih tepat dijelaskan Petrus, tinggi gelombang laut yang mencapai 2,5 meter lebih ini terjadi di perairan Merauke, Agats, Timika, hingga ke selatan Kaimana termasuk perairan Fakfak.

“Jadi untuk nelayan di daerah tersebut harus hati-hati, waspada, lebih baik tidak melaut, karena kapal perintis saja bisa bahaya,” ungkap Petrus lagi.

Sementara, di perairan Jayapura sendiri kata Petrus lebih kondusif dan relatif aman.

Sebelumnya, BMKG merilis potensi cuaca buruk yang diperkirakan terjadi sejumlah daerah termasuk Papua.

Cuaca buruk ini juga diingatkan BMKG mengingat terjadi pada periode arus balik mudik lebaran 2019, Daerah tersebut (berpotensi terjadinya angin kencang) adalah, Banten, Jawa Barat Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku dan Papua. (nds)

 

Baca Juga:

Hujan Empat Jam di Kota Jayapura, Sejumlah Ruas Jalan Seperti Sungai

Nethy Dharma Somba

Prabowo: Hadapi Serangan Fitnah dengan Lapang Dada

Nethy Dharma Somba

Ribuan Warga Jayapura Padati Peringatan HUT-73 Bhayangkara

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment