POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Saya terus berjuang di belakang layar” – komik hitam tentang meruntuhkan hambatan industri | komedi

Jenna YasherDan Stephen K AmosDan Lenny Henry Dan Nima Chabunda Bergabunglah dengan percakapan Zoom pada Sabtu malam yang diisi dengan – tentu saja – banyak tawa, bahkan selama percakapan sulit tentang karir komedi mereka sendiri sebagai komedian kulit hitam Inggris.

Bagi Yasher, peluang di AS telah memberinya lebih banyak kebebasan berkreasi, sementara Amos melihat beberapa kemajuan tetapi masih bertanya-tanya apakah status quo akan berubah. Henry blak-blakan tentang tekanan yang dia hadapi di awal karirnya di tahun 1970-an, dan Daliso Chabunda – yang paling dikenal sebagai bakat inggris Finalis 2017 – menjelaskan stereotip yang dia hadapi ketika berimigrasi ke Inggris dari Malawi, termasuk permintaannya untuk menempatkan ‘karyawan Afrika’ di TV.

Meskipun berat di beberapa tempat, percakapan mereka ditangkap dengan optimisme, diakhiri dengan rencana yang dibuat untuk reuni Natal antara komik, dan obrolan WhatsApp yang berlanjut (“Jangan beri saya nomor telepon yang tidak pernah Anda angkat, Lenny!” canda Jasher) .

Lenny Henry. Fotografi: Joe Maher/Getty

Seperti apa adegan komedi untuk pemain kulit hitam ketika Anda muncul?

Lenny Henry Ketika saya datang di tahun 70-an dan 80-an, saya harus mewakili semua orang. Saya melakukan dialek ini, berpikir saya harus menunjukkan banyak variasi. Saya telah membuat banyak lelucon terhadap diri saya sendiri, karena saya telah melihat komedian kulit hitam sekolah tua melakukannya, dan untuk waktu yang sangat lama, saya pikir itulah yang harus Anda lakukan. Butuh 10 tahun bolak-balik untuk menyadari bahwa saya tidak harus, bahwa saya bisa menjadi diri saya sendiri. Saya tidak ingin menjadi komedian yang membenci diri sendiri.

Jenna Yasher Ketika saya pertama kali mulai di tahun 90-an, banyak komedian Karibia membuat aksen Afrika dan mengolok-olok kami; Melakukan definisi lama tentang memiliki kulit kering, abu-abu dan menjadi penjaga lalu lintas. Saya membalikkan keadaan di komedi Karibia. Jenis ini membuat saya diperhatikan di tempat pertama dalam adegan hitam. Bagi saya itu adalah balas dendam, karena saya pergi ke sekolah setelah Anda mengencingi saya karena menjadi orang Nigeria.

Stephen K Amos Ketika saya mulai, saya tidak tahu bahwa apa yang disebut “lingkaran hitam” itu ada, karena saya tidak pergi mencari klub komedi. Itu semua tentang mereka dan kita [between the Caribbean and African comics]. Saya seperti: Jangan memulai perpecahan di antara kita. Mari kita taruh sesuatu di sana untuk kita.

GY Ketika saya membuat tongkat putih, saya sedang menulis hal-hal yang hambar, hambar, karena saya pikir itulah yang seharusnya Anda lakukan. Saya melihat komik putih ini berbicara tentang makanan pesawat, hal semacam itu. Saya memiliki agen yang datang dan melihat saya di klub hitam dan putih; Itu seperti, “Mengapa Anda menyimpan semua omong kosong Anda untuk orang kulit hitam?” Saya mendapat pencerahan saat itu. Saya seperti, “Saya akan menjadi diri saya sendiri di depan semua orang.” Ketika saya kemudian memberikan salah satu Pertunjukan Langsung terakhir Apollo, saya memutuskan untuk tidak menyebutkan apa pun tentang hitam, tetapi berubah pikiran sehari sebelumnya. Saya senang saya melakukannya. Klip grup saya menjadi viral, ibu saya berdiri di tengah orang banyak, yang menyebabkan sitkom saya di Amerika. [Bob Hearts Abishola]

Jenna Yaser.
Jenna Yaser. Foto: Bethany Molenkov/The Guardian

Nima Chabunda Saya punya pengalaman berbeda, karena saya datang ke Inggris dari Malawi [in 2006]. Saya akan pergi ke acara dan menemukan bahwa mereka ingin saya menjadi lebih Afrika, seperti parodi yang aneh. Saya ingat pertama kali saya pergi ke TV. Produser berkata, “Bisakah kami memberi Anda karyawan Afrika?” dan, “Bisakah kamu memakai salah satu dari barang-barang warna-warni ini?” Akan menjadi hal terburuk bagi saya untuk berpura-pura bahwa ini adalah budaya saya. Dalam hal materi, Anda akan melakukan kelompok 20 menit dengan lima menit keliling Afrika, dan hanya lima menit itu yang akan disiarkan. Kemudian Anda mendapatkan beberapa komik marah acak: “Orang-orang kulit hitam ini hanya berbicara tentang menjadi hitam.”

Apa kendala lainnya? Pernahkah Anda temui di dunia komedi?

SK Selalu ada adegan komik hitam yang hidup seperti yang saya sebutkan, tetapi penjaga gerbang tidak akan pergi ke tempat-tempat itu. Saya mengadakan pertemuan bertahun-tahun yang lalu ketika seorang eksekutif penyiar mengatakan kepada saya bahwa saya sangat lucu, saya sudah siap. Dia menunjukkan dari jendela kantor bahwa dia telah memanggil saya untuk rapat, dan berkata, “Mereka belum siap untuk itu. Kamu adalah.” Saya seperti: “Siapa bahwa mereka? “

GY Saya ingat seseorang di Channel 4 berkata kepada saya, “Kamu benar-benar keren, tetapi kita sudah memiliki Richard Blackwood.” Alasan saya meninggalkan Inggris adalah karena saya merasa terdorong untuk mengambil posisi di mana saya iri dengan kesuksesan orang lain. Ketika Jocelyn [Jee Esien] saya ditawari [Little Miss Jocelyn], saya seperti: “Yah, saya sudah selesai dengan industri ini karena dia seorang wanita Nigeria kulit hitam.” Saya ingin berteman dengan orang-orang seperti Jocelyn dan Andi Osho – Saya ingin berada di parit bersama mereka – tetapi kami saling berhadapan. Saya ingin mengubah budaya itu.

SK Saya pikir itu konyol. Saya juga harus menunjukkan, Lenny, saya sangat berharap Anda tidak menganggap lelucon “satu masuk, satu keluar” itu secara pribadi. [Amos once said that “the BBC have a diversity policy. Apparently I have to wait for Lenny Henry to die”]. Lelucon itu tidak pernah tentang Anda – ini tentang sistem. Para penjaga masih harus membuka pikiran mereka, dan tidak pergi: “Oh tidak, kami memiliki satu orang kulit hitam sekarang.”

GY [laughs] Dia menunggumu NSLenny!

berkah Chabunda.
berkah Chabunda. Fotografi: Steve Ollatorn

Modal Baru-baru ini saya mengunjungi panel di mana ada dua orang kulit hitam, dan saya menemukan mereka sangat membebaskan. Ketika Anda adalah satu-satunya, Anda merasa bahwa Anda harus memberikan jawaban yang benar, karena Anda mewakili kegelapan. Jika orang lain, Anda dapat mengatakan sesuatu yang konyol dan tidak pada tempatnya, tidak ada tanggung jawab seperti itu. Ada banyak pertunjukan yang sekarang lebih terbuka untuk lebih dari satu orang berkulit coklat atau hitam. Radio berisi banyak suara. TV masih memiliki banyak hal untuk dilakukan.

Apakah menjadi komedian kulit hitam berbeda dengan komedian kulit putih??

GY Ada harapan tertentu ketika Anda seorang komedian kulit hitam, terutama jika Anda berada di mata publik, karena akting arus utama sangat sedikit. Ketika kami keluar, kami memiliki tekanan untuk tidak mempermalukan orang kulit hitam. Anda tidak ingin disebut menjual atau kelapa.

NSNS Saya ingat berada di Leicester setelah saya memenangkan Wajah Baru [in 1975], yang ditonton oleh 16 juta orang, dan menelepon saya oleh seorang sopir bus kulit hitam. Orang kulit hitam mulai mengatakan “buat kami bangga” dan pastikan untuk melembapkan kulit Anda sebelum tampil di TV berikutnya. Ada banyak tekanan pada saya saat itu.

Modal Saya tidak sengaja mempermalukan orang kulit hitam. Apakah Anda ingat ketika Lord Sugar membagikan gambar itu? [in 2018, Sugar shared a Photoshopped picture depicting the Senegalese football team as beach sellers]? Saya berada di papan berbicara tentang tur saya. Aku bahkan tidak tahu ini adalah masalah hari ini. Mereka berkata: Apakah ini menyakitimu? Saya seperti, “Saya tidak marah.” Saya tidak tahu saya berbicara atas nama semua orang kulit hitam; Black Twitter menyalakan saya, dan tiba-tiba saya menjadi Paman Tom. Saat itulah saya menyadari bahwa saya harus sangat berhati-hati dengan pertunjukan ini, saya tidak bisa memainkan narasi yang mereka inginkan dari saya. Saya juga menyadari sejak awal, tidak hanya di atas panggung tetapi juga dalam hidup, bahwa saya dianggap sebagai “pria kulit hitam yang tidak mengancam”.

LH Ketika Daliso menjatuhkan hal-hal tentang Unicef ​​dan Bono di Britain’s Got Talent, ada kegembiraan yang gamblang dari para penonton. Meskipun Anda mungkin merasa tidak terancam, Anda telah pergi ke tempat di mana Anda dapat memukul mereka dengan benda-benda ini dan membuat mereka tertawa. Saya pikir Anda membuat pilihan yang sangat berani. Dan dalam kelompok berikutnya, saya dapat berbicara tentang hal-hal yang penting bagi Anda tentang menjadi hitam.

Stephen K. Amos.
Stephen K. Amos. Fotografi: Pal Hansen

Apa pengalaman Anda menjadi satu-satunya orang kulit hitam di ruangan tertentu?

GY Di Bob Hearts Abishola, saya terus berjuang di belakang panggung. Ada sebuah buku hitam di ruangan itu, karena saya memastikannya; Saya bukan salah satu dari orang kulit hitam yang menarik tangga di belakang. Tapi saya terus berjuang. Bukan menentang rasisme, tetapi saya bekerja dengan orang-orang yang tidak pernah bekerja dengan mayoritas aktor kulit hitam. Saya harus memberi tahu mereka bahwa beberapa hal adalah metafora stereotip, dan saya berbicara tentang keaslian. Kami menghabiskan satu juta dolar ekstra untuk beberapa episode pertama musim ini. Saya berkata, “Kostumnya seharusnya bagus, dan kami tidak menggunakan Lion King yang umum, musik yang terdengar seperti suara Afrika Selatan, tetapi kami mendapatkan musik Nigeria yang tepat dari Nigeria.” Sebagai produser eksekutif, saya bisa melakukan itu, sedangkan jika saya hanya dipekerjakan untuk menulis di acara itu, saya tidak akan memiliki kekuatan.

Apakah menurut Anda ada kebangkitan komedi hitam Inggris yang sedang terjadi?

GY Sudah pasti diperluas. Anda dapat memiliki berbagai jenis komik hitam sekarang, yang saya suka.

SK Ya, saya pikir dengan munculnya media sosial, orang-orang dari semua lapisan masyarakat – terutama suara orang kulit hitam muda – memiliki cara untuk menyebarkan barang-barang mereka di luar sana. Mereka tidak perlu menunggu siapa pun untuk mengetuk pintu mereka, jadi kami melihat berbagai macam suara dalam komunitas kulit hitam, yang sangat bagus.

LH Seperti yang dikatakan Stephen, Anda melihat berbagai tipe orang sekarang. Anda melihat orang bodoh, Anda melihat surealis, Anda melihat politisi. Komedian yang mulai sekarang dapat menonton pria dari Malawi ini, gadis dari Nigeria ini dll. Kita dapat mengatakan ini adalah apa Saya Seperti, atau seperti itulah rupa ibu dan ayah. Namun, masih ada jalan panjang.

WMenurut Anda mengapa komedian kulit hitam Inggris itu penting?

Modal Hal terbesar tentang komedi adalah Anda dapat berbicara tentang apa saja. Anda dapat berbicara tentang hal-hal seperti AIDS di Malawi, Anda dapat berbicara tentang masalah kehidupan kulit hitam kepada orang-orang rasis di klub komedi. komedi Ini adalah cara sempurna untuk membicarakan hal yang tidak nyaman.

SK Kita semua punya cerita untuk diceritakan. Pertanyaannya pasti, mengapa jangan Apakah kita penting?

READ  Penyanyi-aktor Jepang, Jaket, beristirahat karena gangguan suara