POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rinos menjawab tantangan di Indonesia dengan ekspansi operasional

Rhenus Logistics telah membuka kantor keempat di Indonesia, meskipun merupakan tahun yang “sangat sulit” di pasar angkutan udara dan laut negara tersebut.

Dia mengatakan ekspansi di Medan, ibu kota Sumatera Utara, akan memperkuat hubungan dengan mitra penerbangan dan pelayaran utama.

Perusahaan ekspedisi menambahkan: “Sebagai pusat ekonomi regional utama dan pusat perdagangan, Meydan adalah pintu gerbang ke barang dan jasa keuangan di tingkat lokal, regional dan internasional. Kota ini juga merupakan pusat komersial yang terkenal untuk sektor pertanian dan kehutanan, terutama kelapa sawit.”

Kantor Madan juga akan membantu meningkatkan operasi di Jakarta, Batam, Singapura dan Malaysia, kata Ioan Junyar, General Manager Rinos di Indonesia, dan menambahkan, “Ini akan meningkatkan konektivitas dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur, yang menyediakan akses ke Asia, Tengah Timur dan Eropa, selain pelabuhan Belawan, pelabuhan tersibuk di Indonesia lainnya ada di luar Jawa.”

Seperti negara-negara lain di Asia Tenggara, Indonesia harus berjuang melawan penguncian Covid sepanjang tahun, yang telah membatasi konsumsi domestik dan pertumbuhan ekonomi. Namun, setelah penurunan singkat, ekspor nonmigas pulih dengan cepat, naik 52% tahun-ke-tahun di bulan Oktober, menjadi lebih dari $21 miliar.

Karena kapasitas angkutan udara dan laut telah diperas di seluruh wilayah, peningkatan permintaan ini telah memberikan tekanan pada pasar angkutan Indonesia.

“Ini merupakan tahun yang sangat menantang bagi pelayaran laut,” kata Pak Junyar. pedoman. “Lebih sulit untuk mendapatkan peralatan dan ruang untuk impor dan ekspor daripada sebelumnya, dan kami memperkirakan situasinya akan berlanjut hingga Juni 2022.”

Namun, kapasitas pelabuhan peti kemas yang lebih besar sedang dalam perjalanan, dengan DP World menginvestasikan $7,5 miliar di pelabuhan peti kemas Indonesia, dalam kemitraan dengan Otoritas Investasi Indonesia, yang dapat membuka jalan bagi lebih banyak panggilan langsung ke perdagangan laut dalam.

READ  Indonesia, Afrika Selatan, dan Meksiko Dukung Usulan Reformasi Pajak Global G7 - Bisnis

Lebih lanjut, Bapak Juniar mencatat, sejumlah pembangunan infrastruktur lainnya turut membantu menekan biaya logistik di Indonesia yang dikenal tinggi. Dijelaskannya, “Pemerintah telah membangun jalan tol dan jalan tol dari barat (Provinsi Aceh, Pulau Sumatera) hingga ke timur (Pulau Papua), yang mengurangi waktu tempuh secara signifikan.

“Pelabuhan tambahan telah dibangun untuk mendukung gerbang utama, memberikan alternatif untuk mengurangi kemacetan yang signifikan.”

Angkutan udara juga membantu mengimbangi kekurangan yang ditinggalkan oleh pasar pengiriman yang kelebihan permintaan.

Pak Junyar mengatakan: “Banyak pengiriman mendesak, seperti masker, obat-obatan dan peralatan medis lainnya, harus diangkut melalui angkutan udara untuk mendukung situasi Covid-19 di beberapa negara. Karena keterbatasan ruang dan peralatan di angkutan laut, barang mendesak atau sensitif waktu harus dikirim melalui pesawat juga. .

“Namun, alokasi wilayah udara tetap menjadi tantangan utama, dengan banyak maskapai mengurangi penerbangan mereka ke Indonesia, dan karena situasi Covid-19, lebih sedikit pesawat kargo yang dioperasikan.”