POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Putuskan VPN”: Oscar di Shanghai menghadapi rintangan

Chloe Chow menerima Oscar untuk penyutradaraan. Todd Wauritchuk / Ambas

Siaran langsung Academy Awards di Shanghai yang diselenggarakan oleh alumni pemenang Academy Award, Chloe Chow, ditayangkan di Great Firewall of China, di mana penyelenggara mengatakan akses ke layanan VPN telah diblokir selama sekitar dua jam.

Zhao yang lahir di Beijing, yang muncul kembali pada 2013 karena komentar kritisnya tentang China setelah pencalonannya, yang memicu reaksi kekerasan di negara itu, dinobatkan sebagai sutradara terbaik untuk “Nomadland” pada hari Senin, menjadikannya wanita Asia pertama yang memenangkan kategori ini dalam sejarah penghargaan. Rentang waktu 93 tahun. .

Kisah era resesi komunitas Van di Amerika juga memenangkan Oscar untuk Film Terbaik dan Aktris Terbaik untuk Francis McDormand. Baca lebih banyak

Sekitar 30 orang berkumpul di sebuah bistro di The Bund, distrik bersejarah di pusat Shanghai, pada pukul 8 pagi waktu setempat (0000 GMT) untuk mendukung Zhao dan menonton hadiahnya secara langsung di YouTube.

Tetapi pertunjukan yang dipandu oleh alumni Universitas New York, tidak dimulai sampai jam 10 pagi, ketika penyelenggara Kevin Key mengaktifkan layanan VPN-nya.

Ke mengumumkan pada pertemuan itu, “Mereka memutus VPN.” Dia juga mengatakan bahwa akun WeChat miliknya diblokir setelah dia menulis postingan pada hari Minggu yang memuji Zhao.

Administrasi Cyberspace China tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

Banyak aplikasi Barat seperti YouTube diblokir di China, di mana internet diatur secara ketat dan seringkali konten yang dapat melemahkan Partai Komunis yang berkuasa disensor. Layanan VPN diperlukan untuk melewati apa yang disebut Great Firewall.

Upacara penghargaan tidak disiarkan di China, di mana kesuksesan Zhao bertemu dengan campuran aneh antara kebanggaan dan sensor, dengan hasil pencarian di situs mirip Twitter, Weibo pada hari Senin.

READ  Musim keempat Stranger Things pantas mendapatkan janji menunggu Maya Hawke

Hu Xijin, editor Global Times, tabloid yang dijalankan oleh People’s Daily resmi Partai Komunis yang berkuasa, memberi selamat.

“Dia adalah sutradara yang sangat baik. Sebagai seorang Tionghoa yang lahir di Beijing dan berjuang di Amerika Serikat, hubungan yang tegang antara China dan Amerika Serikat dapat memberinya beberapa masalah. Kami berharap dia menjadi lebih dewasa dalam menangani masalah-masalah itu,” dia kata.

Bulan lalu, beberapa netizen Tiongkok mengatakan Zhao menghina Tiongkok dan mempertanyakan kewarganegaraannya, mengutip wawancara tahun 2013 ketika dia dikutip mengatakan: “Itu terjadi ketika saya masih remaja di Tiongkok, ketika saya berada di tempat di mana ada kebohongan di mana-mana. . “

‘Baik secara alami’

Dalam pidato penerimaan Academy Award-nya, Zhao mengatakan dia percaya bahwa orang secara alami baik saat lahir, mengutip ungkapan dalam bahasa China yang dia katakan berasal dari puisi klasik.

“Meskipun kadang-kadang tampak sebaliknya,” katanya, “Saya selalu menemukan kebaikan dalam diri orang-orang yang saya temui di mana pun di dunia yang pernah saya kunjungi.”

Beberapa orang di China tidak terkesan dengan retorikanya.

Seorang netizen menulis: “Untuk seseorang yang dulu berkata, ‘Ada kebohongan di mana-mana di China,’ bagaimana sekarang Anda bisa mengatakan, ‘Pegang yang baik’.

The Global Times melaporkan pada bulan Maret bahwa informasi tentang Nomadland telah dihapus dari platform tiket China, situs ulasan film, dan media sosial.

Surat kabar tabloid juga melaporkan pada bulan April bahwa pemutaran film, yang akan ditayangkan pada tanggal 23 April di China, telah ditangguhkan.

Di acara Shanghai, Zhao dihibur.

“Kemenangan Zhao tidak hanya mewakili Universitas New York, tetapi juga mewakili orang-orang China,” kata Eric Mao, seorang mahasiswa bisnis musik di Universitas New York.

READ  Aktor Veteran Norman Lloyd, 'Saboteur' Hitchcock dan 'Spellbound' And TV's St. Di tempat lain, dia meninggal pada usia 106 tahun

Kriteria Kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.