POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Potongan Banksy yang hilang di Palestina muncul di galeri di Tel Aviv | Israel

hilang Banksy Sepotong yang awalnya disemprotkan untuk memprotes Israel Tembok pemisah di Tepi Barat Itu muncul kembali di galeri Tel Aviv, memicu perdebatan tentang peran seni publik dan legalitas penghapusan artefak budaya dari wilayah pendudukan.

Tikus Slingshot, sebuah lukisan stensil, muncul di blok beton di situs IDF yang ditinggalkan di Betlehem di sebelah bagian Tembok pada tahun 2007, salah satu dari beberapa karya di Palestina Sebuah kota yang dibuat secara diam-diam. Setelah beberapa waktu, lukisan itu menjadi kabur dan tulisan “RIP Banksy Rat” tertulis di atasnya, dan akhirnya dipotong dan dihapus oleh orang yang tidak dikenal.

Banksy, yang dikenal karena seni jalanannya yang absurd dan dystopian, telah bekerja di Tepi Barat dan Gaza sejak 2005, melelang lukisan untuk mengumpulkan uang untuk tujuan Palestina.

Beberapa karyanya di Betlehem telah menjadi pokok dalam industri pariwisata kota, dengan Walled Off yang dirancang Banksy mengklaim menawarkan “pemandangan terburuk dari hotel mana pun di dunia” sejak dibuka pada 2017. Kritikus menuduhnya sebagai Bristol. artis kelahiran Meremehkan konflik Israel-Palestina.

Menurut Koby Abergel, Israel Pedagang seni yang membeli lukisan itu, Slingshot Rat, dimiliki oleh orang-orang Palestina yang menyimpannya di rumah-rumah pribadi sampai awal tahun ini.

Abergel, seorang mitra di Galeri Urban, tempat karya itu sekarang dipajang, mengatakan dia membeli Banksy dari seorang rekan di Betlehem, dan tidak punya rencana untuk menjualnya. Dia menolak untuk mengungkapkan berapa banyak dia membayar atau mengidentifikasi penjual, tetapi bersikeras bahwa kesepakatan itu legal.

Dealer karya seni mengatakan cat akrilik yang disemprotkan di atas karya asli dihilangkan dengan hati-hati, dan pelat beton seberat 400 kg (900 lb) kemudian ditempatkan dalam rangka baja sehingga dapat diangkat ke truk flatbed dan diangkut ke lokasi barunya.

READ  Petugas kebersihan di pameran Amsterdam memerintahkan serangga untuk melarikan diri atas nama seni | seni

Dia melewati Slingshot Rat setidaknya satu pos pemeriksaan militer untuk mencapai Tel Aviv. Baik IDF dan Cogat, badan Kementerian Pertahanan Israel yang bertanggung jawab atas pemerintahan sipil di Tepi Barat, mengatakan mereka tidak mengetahui karya seni atau rencana perjalanannya.

Lokasi asli mural Banksy yang hilang di Tepi Barat yang diduduki. Fotografi: Nasser Nasser/AFP

Menurut Konvensi Den Haag 1954 yang mengatur kekayaan budaya yang ditandatangani oleh Israel, otoritas pendudukan harus mencegah pemindahan kekayaan budaya dari wilayah pendudukan.

“Ini adalah pencurian properti rakyat Palestina,” kata Jeris Qumsieh, juru bicara Kementerian Pariwisata Palestina. Ini adalah lukisan karya seniman internasional untuk Betlehem dan Palestina dan untuk pengunjung Betlehem dan Palestina. Jadi mengangkut, memanipulasi, dan mencuri mereka jelas merupakan tindakan ilegal.”

Israel mulai mengerjakan perselisihan itu Tembok pemisah di Tepi Barat 20 tahun yang lalu untuk menghentikan serangan teroris Palestina selama intifada kedua, tetapi pembangunan terhenti karena kombinasi politik domestik, pertempuran hukum dan kritik internasional. Mayoritas dari 65% tembok yang dibangun sejauh ini berada di Tepi Barat, bukan di Israel atau di garis gencatan senjata.

untuk melindungi pemukiman ilegal IsraelBeberapa bagian mencapai 22 kilometer (13 mil) ke tanah Palestina, membagi masyarakat dan membuat petani bergantung pada izin Israel untuk mengakses tanah mereka.

Di tempat-tempat padat penduduk seperti Betlehem, tembok itu berbentuk tembok beton setinggi delapan meter yang diapit kawat berduri. Di daerah pedesaan, itu terdiri dari pagar kawat paralel.

Karya seni Banksy telah dihapus dari Tepi Barat dua kali sebelumnya: Wet Dog dan Stop and Search, keduanya dibuat di Betlehem, akhirnya dibeli oleh galeri di AS dan Inggris dan ditampilkan pada tahun 2011.

Seorang juru bicara Banksy tidak menanggapi permintaan komentar tentang kemunculan kembali Slingshot Rat.