Pospapua.com
Ratusan penambang emas saat berada di Pokso Pengungsian di Kabupaten Boven Digoel, Jumat (6/9) malam. (foto : Humas Polda)
Nusantara

Pengungsi Penambang Emas dari Yahukimo Bertambah

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Tanah Merah – Posko pengungsian di Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel mencatat 555 orang penambang emas pascapenyerangan terhadap pendulang tradisional di Tambang Minning, Distrik Seredaya, Kabupaten Yahukimo.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi, Sabtu (7/9) menyebutkan, jumlah penambang emas yang mengungsi dari Kabupaten Yahukimo terus bertambah.

Posko  Kemanusian Pemda, TNI dan Polri mencatat 555 penambang emas telah berada di Kabupaten Boven Digoel memasuki hari ketiga pascapenyerangan sekelompok warga tak dikenal di lokasi Tambang Minning, Yahukimo.

Dari 555 orang penambang yang ditampung Posko pengungsian, lanjut Kamal, 493 pengungsi telah diserahkan kepada pihak keluarga atau Ketua Kerukunan Paguyuban. “378 pengungsi teag diserahkan pada Kamis (5/9) lalu, sedangkan  115 pengungsi diserahkan pada Jumat (6/9),” terangnya.

Kamal menambahkan, 62 orang pengungsi masih berada di Posko Kemanusian pendataan lebih lanjut. “Mereka masih didata, kemudian segera diserahkan kepada keluarga atau paguyuban,” tambah mantan Wakapolresta Depok ini.

Sebelumnya, 471 penambang emas berhasil selamat dari penyerangan sekelompok warga di kawasan Pendulangan Mining 1, Distrik Seredaya yang terletak di Perbatasan Boven Digoel, Asmat dan Yahukimo, pada Minggu (1/9).

417 penambang yang menyelamatkan diri telah berada di Polres Boven Digoel. 387 penambang diantaranya telah diserahkan ke Ketua Paguyuban di Kabupaten Boven Digoel. Sementara 30 penambang masih dalam proses evakuasi dari Polsek Kouw menuju Boven Digoel menggunakan perahu motor. (Asi)

Baca Juga:

Pawai Ogoh-ogoh Cara Umat Hindu Mengusir Kekuatan Jahat

Nethy Dharma Somba

Ribuan Warga Kota Jayapura Hadiri Ceramah Ustadz Das’ad Latif

Nethy Dharma Somba

Empat Distrik di Kabupaten Jayapura Masih Tahap Rekap Hasil Pemilu

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment