POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para ahli mengatakan undang-undang ketenagakerjaan Indonesia dapat mengurangi prospek investasi

Para ahli mengatakan undang-undang ketenagakerjaan Indonesia dapat mengurangi prospek investasi

  • Hukum mungkin perlu perubahan mendasar – ahli hukum
  • Batas waktu sebelum pemilihan dapat memperumit proses legislatif
  • Sebuah undang-undang yang dirancang untuk menarik investor dan mendiversifikasi ekonomi

JAKARTA (Reuters) – Putusan pengadilan Indonesia terhadap undang-undang penciptaan lapangan kerja baru dapat menurunkan ekspektasi investasi di Indonesia, kata para ahli pada hari Jumat, dalam potensi pukulan terhadap upaya Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan investasi dan mengurangi ketergantungan ekonomi pada konsumsi.

Mahkamah Konstitusi pada Kamis Pemerintah memerintahkan Untuk mengubah undang-undang dalam waktu dua tahun, dengan alasan cacat prosedural dalam perawatannya. Pemerintah mengatakan akan mematuhinya. Baca lebih lajut

Indonesia telah mempromosikan undang-undang tersebut untuk mencoba menarik investor asing, mengutip perubahan struktural terkait yang telah melihat langkah-langkah diperkenalkan untuk memudahkan aturan bisnis, mengurangi birokrasi dan mempercepat perizinan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke reuters.com

“Tidak dapat dikecualikan bahwa beberapa keputusan investasi atau aksi korporasi dapat ditunda karena para ahli hukum menjelaskan implikasi dari putusan pengadilan ini,” kata ekonom Citibank Helmy Arman dalam sebuah catatan kepada klien.

Dia mencatat bahwa batas waktu amandemen pada akhir 2023 adalah sebelum pemilihan umum pada 2024, periode di mana anggota parlemen dapat terganggu.

Adi Lukman, Presiden Gabungan Industri Makanan dan Minuman Indonesia, mengatakan penting untuk menjaga “iklim investasi yang kondusif”.

“Kekhawatiran kami tentu terkait dengan berbisnis. Banyak mitra investasi kami, baik dalam maupun luar negeri, yang menanyakan tentang putusan MK tersebut,” kata Addy dalam keterangannya secara virtual.

Haryadi Sukmdani, Presiden Asosiasi Pengusaha APINDO, mengatakan perusahaan harus mengikuti pedoman resmi tentang isi putusan, untuk menghindari kebingungan setelah muncul berbagai interpretasi.

READ  Indonesia C-Bank mengatakan sistem pembayaran baru untuk memotong biaya pengiriman uang

Pemerintah mengatakan peraturan yang diambil dari undang-undang baru akan tetap berlaku.

Ahmed Reddy, seorang ahli hukum di Universitas Tarumanagara, mengatakan bahwa meskipun putusan itu mencatat kesalahan prosedural dan menolak pengaduan dari serikat pekerja tentang pasal-pasal undang-undang tertentu, pasal itu masih bisa diubah.

Reddy mengatakan pemerintah dan parlemen mungkin harus memulai kembali seluruh proses.

“Pengadilan dalam putusannya memerintahkan agar partisipasi masyarakat dalam proses amandemen ditingkatkan, sehingga jika masyarakat menuntut perubahan tertentu terhadap pasal tersebut, substansinya dapat berubah,” kata Reddy.

Jokowi, sapaan akrab presiden, menginginkan investasi menjadi andalan perekonomian Indonesia yang kaya sumber daya, terutama di industri manufaktur.

Konsumsi rumah tangga menyumbang lebih dari setengah kegiatan ekonomi Indonesia.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke reuters.com

(Laporan tambahan oleh Francesca Nangue dan Bernadette Christina Munthe); Diedit oleh Martin Petty

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.