POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Festival Film Berlin menghadirkan bagian baru bertajuk “Horizon untuk Film Pertama”

Festival Film Berlin menghadirkan bagian baru bertajuk “Horizon untuk Film Pertama”

Festival Film Internasional Berlin telah meluncurkan bagian kompetitif baru yang disebut “Perspektif”, yang didedikasikan untuk film layar lebar baru.

Bagian baru ini dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2025 sebagai bagian dari peluncuran kembali Festival Film Internasional Berlin, yang dipimpin oleh direktur festival baru Tricia Tuttle.

Bagian baru ini bertujuan untuk “menyediakan platform yang lebih menonjol bagi para pembuat film baru” dan akan menampilkan hingga 14 film layar lebar baru. Juri yang terdiri dari tiga profesional industri akan memilih pemenang penghargaan Film Fitur Pertama Terbaik, yang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar $53,000 (€50,000). Hadiah uang akan dibagi antara produser dan sutradara film pemenang.

“Kami mencari film yang mewakili berbagai suara internasional yang memiliki bahasa sinematik yang berani dan mengalir serta menawarkan perspektif menarik dan cara baru dalam memandang dunia,” kata Tuttle dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, penghargaan Best First Picture dipilih dari film-film terbaik di semua seksi.

Proses seleksi akan melibatkan kolaborasi antara Direktur Festival, co-director program film dan kepala departemen Panorama, Forum dan Generasi.

Preferensi akan diberikan kepada pemutaran perdana dunia, namun film yang telah ditayangkan perdana di negara asalnya juga dapat dipertimbangkan.

Sebagai bagian dari reorganisasi festival yang dilakukan Tuttle, Berlinale menghilangkan bagian “Encounters”, yang berfokus pada sinema yang lebih eksperimental.

READ  Taher Rahim Bergabung dengan Pemeran "Madame Web" Marvel - Tenggat Waktu