Pospapua.com
Ali Nurdin, Kuasa Hukum KPU. (foto: istimewa)
Pilpres 2019

Dalil Kubu 02 Tidak Disertai Bukti Cukup

Oleh: Muhajir |

Pospapua.com, Jakarta – Kuasa Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ali Nurdin yakin, merasa bangga Mahkamah Konstitusi (MK) telah menguliti tim hukum Prabowo-Sandi saat pembacaan putusan sengketa Pilpres 2019. Dia menuding dalil yang diajukan kubu 02 tidak jelas serta tidak disertai bukti cukup.

“Kalau KPU sih gembira, dengan pertimbangan, Mahkamah menguliti semua dalil permohonan pemohon dan ternyata begitu banyak tuduhan kepada KPU tapi kan semuanya tidak terbukti,” kata dia di Gedung MK, Jakarta, Kamis (27/6).

Dia menjelaskan, bukti-bukti dan dalil yang diajukan pemohon tidak lengkap menurut hukum. Dia menyinggung beberapa video yang dijadikan bukti, yang menurutnya tidak sesuai dengan dalil.

“Oleh karena itu maka dalil bahwa KPU melakukan kecurangan kan tidak terbukti,” katanya. Ali juga mengomentari sistem informasi Situng KPU.

Dia mengatakan, Situng telah ditegaskan hakim konstitusi bahwa tidak memengaruhi perolehan suara. Maka itu, dalil mengenai Situng dikesampingkan.

“Hal-hal mengenai situng lainnya ternyata oleh Mahkamah dinyatakan tidak didasarkan pada perolehan suara berjenjang. Makanya tadi mahkamah juga adanya dalil pemohon mengenai perbedaan suara Pilpres dan DPD yang tidak mengaitkan dengan DPR RI, sehingga mahkamah juga mengkritik keterangan ahli yang diajukan oleh pemohon Jaswar Koto,” kata Ali.

Dia mempertanyakan, kenapa yang dipersoalkan hanya suara Pilpres dan DPD, sementara suara Pileg (DPR) tidak dipersoalkan. Padahal, kata dia, perolehan suara DPR juga dipublikasikan di Situng KPU.

“Kita harapkan mahkamah bisa konsisten dalam pertimbangan hukumnya sehingga dalil pemohon kita sih optimis permohonan pemohon akan ditolak,” ucapnya.(EPJ)

Baca Juga:

Din Serukan Warga Muhammadiyah Pilih Capres yang Bela Umat

hamim

Jangan Golput, Mari Kawal Kemenangan Prabowo-Sandi

Nethy Dharma Somba

KPU Klaim Sudah Terapkan SOP untuk Simpan Logistik

Anjar Asmoro Heryanto

Leave a Comment