POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah Chris Rock mengenakan bantalan pipi di Oscar ketika Will Smith menamparnya? Pengguna media sosial menyarankan itu dipentaskan – inilah faktanya | berita Dunia

Ketika tamparan Will Smith di Oscar terus menjadi berita utama tentang penghargaan tersebut, pengguna media sosial bertanya-tanya – apakah komedian Chris Rock pernah memakai bantalan pipi?

Kecelakaan itu, yang disebut Momen Oscar paling jelek yang pernah ada, Dia menyebabkan kegemparan online, dengan desas-desus yang menunjukkan bahwa tamparan itu bisa saja dilakukan.

Will Smithyang memenangkan Aktor Terbaik untuk perannya di King Richard, adalah pembawa acara yang hebat Chris Rock Setelah menceritakan lelucon tentang potongan rambut pendek istrinya Jada Pinkett Smith.

Pemeriksa fakta di Kantor Berita Dunia menganalisis publikasi tersebut.

Apa rumornya?

Salah satu gambar utama yang beredar online (atas), membuat beberapa orang percaya bahwa Rock mengenakan bantalan pipi di sisi kiri wajahnya di bawah matanya, untuk meredam pukulan.

Mari kita lihat foto-foto profesional seorang rocker di atas panggung malam itu untuk dibandingkan dengan yang satu ini.

gambar:
Will Smith (bawah) mendekati presenter Chris Rock di atas panggung sebelum menamparnya. foto: AP
Will Smith memukul Chris Rock di Oscar
gambar:
Will Smith (kanan) memukul Chris Rock (kiri) selama Academy Awards. foto: Reuters

Dua foto pertama, diambil oleh Associated Press dan Reuters, menunjukkan momen-momen rocker di atas panggung sebelum dan sesudah aktor itu menamparnya.

Baca lebih banyak: OJ Simpson Mengatakan ‘Will Was Wrong’

Jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda dapat melihat bahwa pipinya tidak terangkat seperti pada foto di tweet.

Will Smith, kanan, menabrak presenter Chris Rock di atas panggung saat mempersembahkan penghargaan Best Documentary Feature-nya di Academy Awards pada Minggu, 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles.  (Foto AP/Chris Pizzello)
gambar:
Will Smith (kanan) memukul penyiar Chris Rock (kiri) di atas panggung. foto: AP
Presenter Chris Rock, kiri, bereaksi setelah Will Smith menamparnya di atas panggung selama Academy Awards ke-94 di Dolby Theatre, Minggu, 27 Maret 2022, di Los Angeles.  (Foto AP/Chris Pizzello)
gambar:
Presenter Chris Rock (kiri) bereaksi setelah Will Smith (kanan) menamparnya di atas panggung. foto: AP

Dua foto berikutnya diambil setelah tamparan dan lagi, Anda tidak dapat melihat bagian yang menonjol di pipi kirinya atau perbedaan warna, seperti yang ditunjukkan dalam tweet.

READ  Pasukan kejahatan komedi 'Only Murders' menayangkan komedi Short and Martin bersama Selena Gomez

Dalam foto-foto pro ini, Anda juga dapat melihat Rock memiliki janggut tipis – sementara di foto di tweet ia tampak memiliki kulit yang halus dan bersih.

Will Smith (kanan) memukul Chris Rock saat Rock berbicara di atas panggung selama Academy Awards ke-94 di Hollywood, Los Angeles, California, AS, 27 Maret 2022. Foto diambil 27 Maret 2022. Kualitas terbaik tersedia dari Reuters/Brian Snyder
gambar:
Foto asli yang diambil oleh Reuters telah diedit secara digital menjadi salinan di dalam tweet yang beredar online

Putusannya … pembohong

Gambar terakhir adalah versi asli dari gambar yang muncul di tweet, yang diambil oleh Reuters.

Ukuran gambar 2713 piksel kali 1793 piksel, bukan dalam kualitas 8K, ukurannya 7.680 piksel kali 4.320 piksel.

Gambar di tweet adalah versi digital dari gambar di atas, yang menunjukkan bahwa Rock tidak memakai bantalan pipi di acara penghargaan.

Will Smith dan Jada Pinkett Smith di Vanity Fair Oscar Party selama Academy Awards ke-94 di Beverly Hills, California, AS, 27 Maret 2022. REUTERS/Danny Molochuk
gambar:
Jada Pinkett Smith telah berbicara secara terbuka tentang pengalamannya dengan rambut rontok

Ada kemungkinan bahwa apa yang tampak seperti warna kulit alami dan kerutan wajah di foto asli telah dimodifikasi dalam versi yang diposting di media sosial.

Sejak peristiwa dramatis pada upacara penghargaan, Fresh Prince of Bel-Air yang berusia 53 tahun membintangi Saya minta maaf kepada RocDia menggambarkan tindakannya sebagai “tak termaafkan”.