POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa yang bisa kamu lihat di langit malam minggu ini

Setiap Senin saya memilih sorotan langit dari belahan bumi utara (lintang tengah utara) untuk minggu depan, tetapi periksalah Lihat feed utama saya Untuk artikel lebih mendalam tentang pengamatan bintang, astronomi, gerhana, dan banyak lagi.

Apa yang bisa dilihat di langit malam minggu ini: 7-13 Juni 2021

Itu Bulan baru di bulan Juni adalah minggu yang sempurna untuk melihat bintang, tetapi jika Anda berada di Amerika Serikat bagian timur laut atau Kanada bagian tenggara, ada sesuatu yang sangat istimewa yang terjadi saat matahari terbit pada hari Kamis—gerhana matahari sebagian.

Lainnya dari ForbesBintang di bulan Juni: Cara Melihat ‘Tanduk Setan’ saat Matahari Terbit, Gerhana ‘Cincin Api’, dan ‘Bulan Super Stroberi’

Bagi beberapa orang di Kanada, itu akan lebih berdampak – “cincin api”. Bulan baru akan sangat jauh dari Bumi dalam orbitnya sehingga akan menyebabkan gerhana matahari total, dan malah menciptakan cincin terang di sekitar bulan yang harus dilihat melalui kacamata gerhana matahari.

Namun, meski jarang terjadi, gerhana matahari bukan satu-satunya pemandangan spektakuler yang dipamerkan bagi para pengamat bintang minggu ini.

Lainnya dari ForbesGerhana Matahari: Tepatnya saat Anda dapat melihat “gerhana matahari terbit” minggu ini dari setiap negara bagian AS di lintasan

Kamis 10 Juni 2021: Gerhana matahari cincin

Gerhana matahari cincin (annular) tidak sering terjadi, dan jarang terlihat saat atau menjelang matahari terbit. Dari pantai utara Danau Superior di Ontario, Kanada (dan Greenland, Arktik, dan Rusia) akan ada gerhana matahari cincin “cincin api”, tetapi hadiah Amerika Serikat bagian timur laut Ini adalah gerhana matahari terbit.

Negara bagian AS antara Dakota Utara dan Carolina Selatan di timur laut akan melihat sebagian besar sinar matahari, tetapi di timur laut jauh 70%+ jadi seharusnya sangat mengesankan…di langit yang cerah.

tapi lakukan tetap aman.

Beberapa bahkan mungkin mendapatkan kesempatan untuk melihat “tanduk setan” – dua kebalikan dari bulan sabit “wajah tersenyum” – mengintip di ufuk timur. Temukan sendiri pemandangan yang jelas rendah di ufuk timur – seperti pantai – tapi sampai di sana lebih awal! Sementara itu, 5.000 mil jauhnya di Eropa, akan ada gerhana matahari parsial kecil sebelum makan siang.

Pergilah Sini Dapatkan animasi tentang apa yang diharapkan dari kota atau kota mana pun di AS — atau pilih lokasi Anda Sini. kamu punya Pertanyaan tentang gerhana matahari ini?

Lainnya dari ForbesApakah gerhana matahari aman? Kiat ahli tentang cara menonton pemandangan surgawi dengan aman

Jumat, 11 Juni 2021: Bulan Sabit dan Venus

Setelah Anda pulih dari awal Kamis pagi Anda, bersiaplah untuk pemandangan Jumat malam yang indah di langit barat laut. Segera setelah matahari terbenam, bulan sabit yang menyala 3% akan terlihat oleh semua orang di planet ini hanya 1,5 derajat di bawah Venus yang terang dan terang dengan magnitudo -2,7. Ini pasti menjadi pemandangan yang bagus!

Minggu 13 Juni 2021: Mars dan Bulan

Mars tidak seperti dulu. Menjadi sangat cerah saat Natal, planet merah memudar dengan keras saat Bumi bergegas mengelilingi tata surya (setelah mengirimkan ketekunan saat kami melewatinya).

Malam ini akan bersinar hanya 2,2 derajat di bawah 12% bulan yang menyala di langit barat setelah matahari terbenam. Anda juga akan melihat Venus terang di kanan bawah dan lebih dekat ke cakrawala.

Bintang Minggu Ini: Arcturus

Apa yang 25 kali lebih besar dari matahari, berusia sekitar tujuh miliar tahun, dan bintang paling terang keempat di langit malam? Arcturus muncul di konstelasi Boötes hanya berjarak 37 tahun cahaya jika dilihat dengan mata telanjang, dan mudah ditemukan pada malam yang cerah di bulan Juni.

Ini adalah bintang raksasa merah, yang berarti membengkak dan mendekati akhir hidupnya. Di belahan bumi utara hanya Sirius yang lebih terang, tetapi karena tidak terlihat sampai musim dingin, di musim panas, Arcturus menguasai langit malam!

Konstelasi Minggu Ini: Boötes

Anda pernah melihat layang-layang, kan? Atau itu seruling sampanye? Atau mungkin es krim cone? Salah satu rasi bintang terbesar di langit, di jantung Boötes, Gembala, adalah layang-layang atau berbentuk berlian, di mana Arcturus bersinar terang sebagai jangkar. Anda dapat menemukannya dengan mudah dengan terlebih dahulu menemukan Biduk dan mengikuti lengkungan pegangannya – “Bow to Arcturus”.

Melihat bintang itu mudah jika Anda tahu caranya…

Waktu dan tanggal yang diberikan berlaku untuk garis lintang utara-tengah. Untuk informasi spesifik lokasi yang paling akurat, lihat planetarium online seperti online bintang Dan Langit Hidup. memeriksa Planet Rising/Kelompok PlanetDan matahari terbenam matahari terbit Dan Bulan Terbit / Bulan Terbenam kali untuk di mana Anda berada.

Saya berharap Anda memiliki langit yang cerah dan mata yang lebar.

READ  Miley Cyrus Pimpin Pesta Kebanggaan Merak Spesial - Batas Waktu