POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

5 Terobosan yang Menghasilkan Spotify $ 50 Miliar

  • Sejak Spotify dimulai pada tahun 2006, streaming musik telah meningkat dari 0 hingga 83% dari pendapatan industri global.
  • Investor awal Pär-Jörgen Pärson mengatakan salah satu pendiri Daniel Ek adalah faktor besar dalam kesuksesan perusahaan.
  • Demonstrasi nilai di Swedia dan Eropa, kemudian pindah ke pasar AS sangatlah penting.
  • Lihat lebih banyak cerita di halaman bisnis Insider.

Pada tahun 2007, Pär-Jörgen Pärson mewaspadai startup yang menggunakan musik. Industri ini amburadul, dengan pembajakan merajalela dan pendapatan turun.

Investor VC Swedia dan mitra umum dalam dana modal ventura Wilayah utara Dia sudah menghabiskan investasi di ruang angkasa, dan tahu betapa sulitnya memengaruhi perubahan.

Tapi sebuah startup menarik perhatiannya. Daniel Eck, seorang ahli teknologi berusia 23 tahun, dan mitra bisnis Martin Lorentzon menuangkan kekayaan pribadi mereka ke dalam proyek gairah baru: Spotify.

Ek mendorong tim insinyurnya untuk membangun layanan streaming yang lebih baik daripada bajakan. Melalui interaksi kompleks antara server pribadi Spotify – bersenandung di loker apartemen – dan kemudian teknologi berbagi file peer-to-peer baru, lagu yang dialirkan secara online dapat diputar secara instan. Pada saat itu, itu adalah “pengalaman ajaib”, kata Parson kepada Insider.

Dia menambahkan, “Tapi saya sangat skeptis, bahkan dengan seorang produser Kik, tentang prospek untuk mengubah industri musik.”

Pärson dan Northzone memimpin investasi Spotify pertama mereka pada tahun 2008 sebesar $ 21,6 juta, yang belum melunasi kerajaan Penawaran umum perdana startup setelah satu dekadeTapi itu membantu membentuk kembali wajah industri musik. Pearson menjabat sebagai anggota Dewan Direksi Spotify dari 2008 hingga 2017.

Sejak Spotify didirikan di Stockholm pada 23 April 2006, streaming musik telah berubah dari nol menjadi 83% di seluruh dunia Pendapatan industri musik. Dan perusahaan menjadi kekuatan budaya utama di sepanjang jalan.

READ  Spice World 2 adalah sekuel yang sudah lama ditunggu-tunggu

Setelah memecahkan pengalaman pengguna, startup Swedia terus membuat serangkaian keputusan dan terobosan besar terkait pertumbuhan dan model bisnisnya, yang membuka pasar baru dan memungkinkannya mengakses basis pengguna. 345 juta secara global.

Inilah yang harus diperhatikan.

Swedia sebagai tanah subur awal

Menurut Jonas Legionhofood, penulis bersamaPemutaran Spotify: Bagaimana CEO Daniel Eck mengalahkan Apple, Google, dan Amazon dalam perebutan dominasi audio– Ditulis dengan sesama jurnalis teknis Sven Carlson dan diterbitkan di AS pada tahun 2021 – Visi asli Ek untuk Spotify adalah layanan global dan benar-benar gratis sejak hari pertama. Tetapi perusahaan tersebut sejak awal mengalihkan fokusnya untuk mengembangkan pasar dalam negerinya terlebih dahulu, Swedia, dengan cepat , diikuti oleh negara-negara Nordik lainnya.

Ini ternyata menjadi kontributor utama kesuksesan Spotify.

Swedia telah menjadi kenari di tambang batu bara yang dilanda industri musik. Pendapatan tadinya Semua kecuali setengahnya sejak tahun 2000. Negara itu dipertimbangkan Ibukota global pembajakan musik, Didorong oleh akses cepat ke broadband dan keyakinan masyarakat yang mendalam bahwa informasi (digital) haruslah gratis.

Bahkan politisi papan atas tidak akan mengutuk pembajakan musik. “Bayangkan Anda inovatif dan Anda mendengarnya: Kami tidak peduli bagaimana Anda menghasilkan uang,” kata Parson. “Ini sebenarnya tidak terjadi di Amerika Serikat, di mana terdapat perlindungan kekayaan intelektual yang jauh lebih kuat.”

Jürgen Parson Bar

Jürgen Parson Bar.

Wilayah utara


Lingkungan ini memberi ruang bagi Spotify untuk bereksperimen dengan visinya dan menjualnya kepada para eksekutif yang semakin putus asa. Dengan restu dari para eksekutif lokal, Layanan Beta Terbatas Spotify diluncurkan pada 2007 – dengan katalog musik yang sangat besar yang sebagian besar terdiri dari materi bajakan, menurut Parson.

“Spotify hampir secara instan mengubah cara pesta di Stockholm,” kata Parson. “Ini telah menjadi pusat kehidupan orang-orang teknis yang berpengetahuan luas, jadi jelas ada pergeseran budaya yang sedang terjadi.”

Seiring waktu, aliran pendapatan ke Swedia akan meningkat Jauh lebih cepat dari rata-rata global Dan untuk memberi Spotify petunjuk tambahan tentang masa depan streaming.

Buat kesepakatan standar pertama di rumah

Tidak seperti kebanyakan perusahaan teknologi lainnya, Spotify harus berkolaborasi erat dengan industri yang ingin menonaktifkannya. Lisensi musik Spotify tidak hanya memberikan konten yang mereka butuhkan – tetapi juga merupakan prasyarat untuk mendapatkan sejumlah besar modal investasi dari perusahaan seperti KPCB dan Accel.

Leijonhufvud menyoroti bahwa Spotify telah berusaha keras untuk mendapatkan kesepakatan rekaman pertama.

Dia mengatakan kepada Insider bahwa kesepakatan rahasia, dengan anak perusahaan merek-merek utama Eropa, akan sangat penting bagi kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Leijonhufvud mengatakan kesepakatan yang dicapai Spotify sebelum rilis awal pada Oktober 2008 “tidak bagus,” tetapi cukup baik – dan akan menjadi fondasi jangka panjang perusahaan. Mereka menghabiskan waktu lama untuk menegosiasikan model terselubung dengan jaminan pendapatan minimum dan berbagai ketentuan, yang menjadi dasar penyiaran musik hingga hari ini. ”

Kuncinya, katanya, adalah mengamankan pengaturan bagi hasil dengan biaya tetap per streaming, “yang akan merusak Spotify secara finansial.”

Berbagai kesepakatan rekaman akan memaksa Spotify untuk memberlakukan batasan signifikan pada layanan gratisnya demi versi premium – dan batuk 70% Atau lebih dari pendapatannya ke Warner, Universal, Sony, dan EMI. Tapi dia memiliki apa yang dia butuhkan untuk membangun pijakan di seluruh Eropa.

Dia menendang pintu Amerika

Pada tahun 2011, Spotify tidak bisa kehilangan pertemuan terbesarnya: akses ke pasar AS. Perusahaan kekurangan uang tunai, dan pemasukan modal besar-besaran yang direncanakan bergantung pada lisensi AS.

“Peluncuran AS benar-benar penting untuk kelangsungan hidup Spotify,” kata Legonhovood. “Jika gagal, mereka akan menjadi deezer lain,” tambahnya, mengacu pada Spotify Pesaing streaming yang berbasis di Paris.

“The Spotify Play” merinci bagaimana Ek dan tim pengacaranya bertahan berbulan-bulan negosiasi lisensi, sementara anggota dewan baru Spotify, pendiri Napster, Sean Parker, menodai kredibilitas ekosistem tertutup Apple dan Dominasi iPod di pasaran Dan iTunes.

Menurut sumber di “The Spotify Play”, Steve Jobs secara aktif berusaha menghentikan akses layanan penyiaran Swedia, dengan alasan bahwa Spotify akan menawarkan musik label rekaman secara gratis. Perang musik berkepanjangan antara Apple dan Spotify sekarang sedang berlangsung.

Sementara banyak CEO rekaman di Eropa mulai “membela” Spotify, kata Parson, Amerika Serikat sangat berbeda.

Mereka mencoba mendapatkan jumlah modal dan keamanan yang sama di muka, karena mereka khawatir ini akan menjadi paku di peti mati industri, ”kata Parson, yang mengawasi negosiasi sebagai anggota Dewan Direksi Spotify. .

“Mereka percaya Spotify pada saat itu telah mendemonstrasikan aliran model di pasar yang tidak penting,” tambahnya, mengacu pada aliran pendapatan di Swedia.

Peluang pasar AS pada dasarnya memaksa Spotify untuk menjual sebagian besar saham perusahaan dengan diskon besar, menurut buku itu, dan juga Ini menjamin tingkat minimum pembayaran pendapatan di muka. “Spotify harus membayar mahal dan merogoh sakunya untuk memuaskan Sony Music dan Universal, dan memasuki pasar AS,” kata Leijonhufvud.

Selain itu, sebagai bagian dari tawar-menawar terselubung, Universal mewajibkan apa yang disebut “asuransi tolol”, yang menjamin pengepos akan menerima 2% dari harga akuisisi jika Spotify membeli dalam beberapa tahun ke depan, menurut sumber yang diakses oleh penulis ” Spotify “. Putar”.

Spotify menghabiskan banyak uang, tetapi berhasil. Dan Nilai unicorn menjadi $ 1 miliar.

Bertahan dari sumbu semi-mematikan untuk seluler

Sejak awal, Spotify telah berkembang sebagian besar dengan aplikasi desktop gratisnya.

Namun di musim panas 2013, hal itu berubah dengan cepat. Peralihan cepat ke ponsel cerdas mengejutkan perusahaan dan menghentikan pertumbuhan. Aplikasi seluler Spotify pada saat itu terbatas pada versi premium, yang berarti telah cukup banyak menghentikan pertumbuhannya.

Skala krisis ponsel mendorong Spotify meyakinkan perusahaan rekaman untuk membuka tingkat seluler gratis, untuk menarik pengguna.

“Rasanya seperti mematikan mesin di tengah penerbangan. Saya ingat hari ketika kami mengaktifkan layanan gratis ini, jika kami mungkin akan pergi selama enam bulan lagi, saya pikir kami mungkin telah mati sebagai sebuah perusahaan. Itu adalah momen yang menentukan , dan itu terjadi di akhir tahun 2013, “kata Ick V. Konferensi teknologi lumpur pada tahun 2016.

Pada awal 2014, perusahaan telah kembali ke pertumbuhan yang kuat dan melipatgandakan strategi selulernya. Berkat sedikit peningkatan pada langganan seluler premium, “Model bisnis Spotify mulai terlihat lebih layak,” kata Leijonhufvud. Sejak sekitar 2016,

Netflix
-Gaya, dia mulai menghitung peningkatan jumlah pelanggan berbayar hingga puluhan juta.

Perusahaan telah mengembangkan basis pelanggannya 15 juta pelanggan pada tahun 2014 untuk 155 juta pada tahun 2020.

Faktor kesepuluh pendiri

Bagi Pärson, duo pendiri, yang membuatnya kagum dengan layanan streaming langsung pada tahun 2007, pada akhirnya menjadi satu-satunya komponen terpenting dari pertumbuhan Spotify.

“Saya pikir kombinasi Daniel dan Martin adalah faktor yang paling penting – visi jangka panjang mereka, dan fakta bahwa mereka dapat mengalokasikan modal mereka sendiri,” kata Parson, mencatat bagaimana kedua pengusaha menginvestasikan uang mereka dari outlet teknologi Spotify sebelumnya , memberikan perusahaan dua tahun Terdaftar hingga putaran investasi pertama pada Agustus 2008.

Dan baru-baru ini Wawancara dengan Northzone, Lorentzon diam-diam menunjukkan bahwa para pendiri, untuk mendapatkan kesepakatan rekaman pertama mereka, sebenarnya telah membuat diri mereka sendiri secara pribadi bertanggung jawab secara finansial terhadap label untuk memulai dan menjalankan bisnis mereka.

Parson sudah mengetahui keduanya secara pribadi setelah menerima tawarannya, tetapi mengatakan Eck telah berubah menjadi “bakat manajerial yang luar biasa”. “Anda tidak akan membayangkan bahwa hari ini dia akan menjadi salah satu CEO terbaik di dunia,” katanya. “Kamu tidak pernah bisa membayangkan itu.”