POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wapres memuji Arab Saudi yang terus meningkatkan pelayanan haji

Wapres memuji Arab Saudi yang terus meningkatkan pelayanan haji

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma'ruf Amin memuji Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang terus meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji.

Pujian tersebut disampaikan Amin saat wawancara dengan Al Arabiya News Channel pada 7 Mei yang disiarkan saluran sekretariatnya di YouTube.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang telah memberikan kami tambahan kuota jemaah tahun ini dan mempersiapkan pelayanan dengan baik, termasuk mempercepat proses penerbitan visa,” ujarnya dalam keterangan pers yang disampaikan di Jakarta, Sabtu.

Namun, Wapres menyoroti fakta bahwa Indonesia masih membutuhkan jumlah kuota yang lebih banyak karena beberapa calon jamaah haji harus menunggu puluhan tahun untuk akhirnya bisa menunaikan ibadah haji.

Ia menambahkan, “Peningkatan kuota akan mengurangi waktu tunggu, meski hanya beberapa tahun.”

Amin juga memuji koordinasi yang baik antara Indonesia dan Arab Saudi, dan mencatat bahwa Menteri Haji dan Umrah Saudi telah mengakui kemampuan Indonesia dalam menangani jamaahnya.

“Kita masih punya ruang untuk perbaikan karena haji adalah soal mengangkut (sekelompok) orang dalam waktu singkat. Saya rasa kita masih menghadapi permasalahan yang benar-benar baru. Oleh karena itu, kita perlu berupaya mencegah timbulnya permasalahan seperti itu.” Dia mengkonfirmasi masalah tersebut tahun depan.

Wapres kemudian menoleh ke Medina, memuji kemajuan pesat yang disaksikan Kota Suci dalam pengembangan infrastruktur dan fasilitas pendukung musim haji.

Dia menambahkan: “Dalam pandangan saya, perkembangan Madinah termasuk yang tercepat di dunia. Kota ini terus berkembang, termasuk dengan membangun lebih banyak hotel, yang pada akhirnya memberikan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi bagi para jamaah.”

Amin juga memuji layanan transportasi udara yang efisien dan terkelola dengan baik yang disediakan bandara Madinah dan Jeddah yang mampu menangani pendaratan pesawat setiap lima menit sekali.

READ  Longsor Mematikan - Indonesia siap memberikan bantuan ke Papua Nugini

Ia menyimpulkan dengan mengatakan: “Melayani jamaah haji dalam jumlah besar bukanlah tugas yang mudah. ​​Oleh karena itu, saya berterima kasih kepada pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang terus melakukan perbaikan dalam layanan haji setiap tahunnya.”

Berita terkait: Arab Saudi mendeportasi 22 jemaah WNI pada Sabtu malam
Berita terkait: Arab Saudi menangkap 37 jamaah haji dari Maksar karena pelanggaran visa

Berita terkait: Kematian jamaah haji Indonesia meningkat menjadi 32: Kementerian