POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wanita di pucuk pimpinan gelombang startup teknologi berikutnya di India

Ini adalah waktu yang menyenangkan untuk masuk ke teknologi karena ekonomi kita sedang melalui transformasi digital. Pendanaan modal ventura di India telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa tahun ini, dengan startup mengumpulkan lebih dari $ 12,1 miliar dalam enam bulan pertama saja. Terlepas dari tantangan gelombang kedua Covid, kami telah melihat sebanyak 16 startup yang didanai unicorn tahun ini, sehingga total India saat ini menjadi 52 unicorn teknologi sejak 2011.

Ini juga saat yang tepat untuk mengajukan pertanyaan ini: Berapa banyak dari startup unicorn ini yang dipimpin oleh CEO (CEO) wanita?

jawabannya? hanya satu. Nykaa, dipimpin oleh pendiri dan CEO Falguni Nayar.

Kami berada di tahun 2021, tetapi inklusi gender, baik secara global maupun lokal, masih membutuhkan banyak pekerjaan. Sementara India memiliki hak istimewa untuk menjadi tuan rumah ekosistem startup terbesar ketiga di dunia, hanya lima dari 52 unicorn teknologi saat ini yang memiliki organisasi perempuan yang berpartisipasi. Adegan startup negara tidak memiliki representasi perempuan yang memadai dan kami memiliki jalan panjang sebelum kami mencapai level playing field.

Pertimbangkan bias pendanaan. Sekarang sudah jelas bahwa pengusaha perempuan berjuang untuk mengumpulkan dana untuk proyek-proyek mereka. Menurut sebuah studi oleh Kauffman Fellows di AS, uang yang dikumpulkan pada tahun 2018 saja oleh tim pendiri khusus pria melebihi jumlah yang dikumpulkan oleh tim pendiri yang semuanya wanita selama 19 tahun terakhir digabungkan. Tidak banyak yang berubah untuk mengisi celah ini.

Dalam hal keuangan, wanita menghadapi pengawasan tambahan, seringkali di luar apa yang dibenarkan oleh rencana bisnis mereka. Ada bias bawah sadar yang biasanya dihadapi oleh organisasi, terutama jika mereka adalah pendorong utama proyek atau CEO. Antara Januari 2018 dan Juni 2020, startup yang dipimpin oleh CEO menerima kurang dari 1,5% dari total dana yang dikumpulkan oleh startup di India. Bias sosial dan budaya juga mempersulit perempuan untuk menoleransi kerasnya kewirausahaan.

READ  Mencari nominasi untuk Pemimpin Teknologi Pemasaran untuk 2021

Meskipun kita dapat mendiskusikan dan membuat kebijakan untuk diskriminasi dan bias yang disadari, tantangan kita yang sebenarnya adalah menghilangkan bias implisit bawah sadar yang cenderung kita praktikkan tanpa berpikir. Ini berperan penting dalam hal keuangan. Akibatnya, perempuan perlu bekerja lebih keras untuk membuat investor percaya pada visi dan tujuan mereka. Bagi segelintir orang yang berhasil mendapatkan pendanaan pada tahap awal, tantangannya masih jauh dari selesai. Pembiayaan pertumbuhan, dengan ketergantungannya pada jaringan modal dan akses, terlepas dari kinerjanya, sering kali menjadi “lembah kematian” para pendiri.

Kemudian masalah kurangnya dukungan dan panutan. Kewirausahaan adalah yang terbaik, tetapi untuk organisasi, itu jauh lebih buruk. Ekosistem kami cenderung mengecualikan pengusaha perempuan dari jaringan pembelajaran, bimbingan, dan akses ke faktor pertumbuhan. Pada dasarnya, perempuan ditekan untuk merasa bersalah karena memprioritaskan karier di atas kehidupan pribadinya. Mereka khawatir tentang kegagalan, dipenuhi dengan keraguan diri, dan sering menemukan diri mereka terlalu keras untuk mencapai tujuan mereka. Selain itu, sebagian besar wanita harus berhasil dalam bekerja sambil mengambil tanggung jawab untuk perawatan keluarga tingkat tinggi.

Alasan pengecualian ini sebagian karena tidak adanya jaringan kepemimpinan perempuan dan model peran yang tepat yang membuka jalan bagi orang lain. Pengusaha wanita memiliki lebih sedikit kisah sukses untuk mendapatkan inspirasi, lebih sedikit jaringan untuk diambil, dan biasanya tidak memiliki sistem dukungan positif yang dapat memelihara dan mendorong mereka.

Saatnya melakukan sesuatu. Bahkan langkah kecil dan kemenangan kecil dapat menciptakan efek riak yang kuat.

Memicu percakapan: Perubahan dimulai dari yang kecil. Ini dimulai dengan mempertanyakan bias bawah sadar kita sehari-hari dan menciptakan dialog. Mari kita ajukan pertanyaan yang tidak nyaman. Untuk membuat perbedaan, kita perlu menciptakan kesadaran, menyalakan percakapan ini dan menyalakan api.

READ  Pumputis bergabung dengan daftar pemain Olimpiade Brasil - Jaket Kuning Georgia Tech

Ciptakan ruang inklusifKita perlu menciptakan ruang bagi wanita di mana kita saling belajar, mengeksplorasi peluang, dan memanfaatkan potensi. Kami membutuhkan komunitas yang dinamis yang mendukung, mendorong, dan membela pengusaha perempuan.

Menurut contohGirl Guides harus memainkan peran mereka dengan baik untuk masa depan yang berkelanjutan dan inklusif bagi lebih banyak wanita. Pembuat jalur yang telah selamat dari tantangan perlu menetapkan standar kepemimpinan yang mudah diikuti oleh generasi pengusaha wanita berikutnya.

Munculnya wirausahawan wanita mungkin lambat, tetapi fenomenanya sedang meningkat dan kita dapat berbuat lebih banyak untuk mempercepatnya. Pandemi juga telah melihat peningkatan yang signifikan dalam jumlah pengusaha perempuan di pedesaan India. Dilengkapi dengan solusi inovatif dan dorongan untuk mencapai kemandirian finansial, mereka telah mengadopsi solusi digital.

Mendorong dan mendukung pengusaha perempuan akan mengubah negara lebih baik daripada yang sering diasumsikan. Ini akan berdampak besar pada ekonomi India dan masyarakat kita secara keseluruhan. Inklusivitas gender adalah tentang kemandirian finansial, dan kita harus memberdayakan perempuan tidak hanya untuk mendapatkan uang, tetapi juga untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Secara keseluruhan, kami juga membutuhkan lebih banyak wanita di puncak sehingga India dapat mengambil manfaat dari beragam visi dan ide. Pengusaha wanita kita saat ini percaya diri, paham digital, dan bertekad untuk sukses. Pendorong perjalanan transformasi digital India menuju ekonomi $5 triliun bisa jadi.

ikut serta dalam Buletin mint

* Masukkan email yang tersedia

* Terima kasih telah berlangganan buletin kami.

Jangan lewatkan cerita apapun! Tetap terhubung dan terinformasi dengan Mint. Unduh aplikasi kami sekarang!!