POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Verstappen memenangkan Grand Prix Brasil, dan Perez menjauh dari Hamilton dalam perebutan tempat kedua

Verstappen memenangkan Grand Prix Brasil, dan Perez menjauh dari Hamilton dalam perebutan tempat kedua

Max Verstappen dari Red Bull melakukan selebrasi usai menjuarai Grand Prix Brasil pada 5 November 2023.

Amanda Berobelli | Reuters

Juara tiga kali Max Verstappen memimpin sejak awal dan memenangkan Grand Prix Brasil pada hari Minggu. Sergio Perez dari Red Bull finis keempat, unggul dari Lewis Hamilton dari Mercedes di salah satu dari sedikit kontes yang tersisa musim ini – posisi runner-up.

Perez hampir merebut podium dari posisi ketiga Fernando Alonso, pembalap Aston Martin, tetapi pembalap Spanyol itu melihat bendera kotak-kotak itu unggul 0,053 detik dari pembalap Meksiko itu.

Keduanya bersaing memperebutkan posisi di tiga lap terakhir balapan, dengan pembalap Red Bull itu menyalip Alonso satu kali dan kemudian kehilangan posisinya. Lando Norris dari McLaren menempati posisi kedua di Interlagos.

“Bagi saya, itu seperti 30 lap,” kata Alonso setelah Perez mengejarnya.

Perez akan meninggalkan Amerika Selatan dengan keunggulan 32 poin atas Hamilton dengan dua balapan tersisa, Las Vegas pada 19 November dan Abu Dhabi seminggu kemudian.

Perez memulai balapan di Interlagos di tempat kesembilan dan favorit penggemar Hamilton di tempat kelima setelah pengalaman kualifikasi yang membuat frustrasi pembalap Red Bull pada hari Jumat. Dia menunjukkan beberapa peningkatan selama balapan sprint hari Sabtu, dan kemudian mengatakan dia lebih percaya diri menuju Grand Prix.

Pembalap Ferrari Charles Leclerc yang seharusnya start dari posisi kedua, mengalami kecelakaan pada lap formasi sebelum start karena masalah mesin.

Bendera merah setelah lap kedua akibat tabrakan antara Kevin Magnussen dari Haas dan Alex Albon dari Williams memberi pembalap Red Bull lebih banyak waktu untuk mencari perbaikan.

Verstappen meraih kemenangannya yang ke-17 dan tidak pernah kehilangan keunggulan, sementara Perez tampil kuat untuk menghadapi Hamilton. Pada lap ke-18, pembalap Red Bull itu menyalip Mercedes untuk menempati posisi kelima, yang membuat kecewa para fans Brasil yang mendukung juara tujuh kali itu.

READ  Jerry West menyerukan pencabutan pembuatan film 'Parental Anger' pada saat kemenangan | televisi

Penyelenggara mengumumkan pada hari Jumat bahwa Kejuaraan Dunia Formula 1 akan diadakan di Sao Paulo setidaknya hingga tahun 2030.

“Seluruh balapan adalah tentang manajemen ban,” kata Verstappen usai balapan. “Ini akan menjadi Las Vegas baru bagi semua orang, penuh kejutan, saya yakin akan hal itu.”