POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Versi miniatur sayap X “Star Wars” terjual lebih dari $3 juta di lelang pembuat model Hollywood

Versi miniatur sayap X “Star Wars” terjual lebih dari $3 juta di lelang pembuat model Hollywood

Miniatur pesawat Starfighter bersayap X yang digunakan dalam film “Star Wars” terjual lebih dari $3 juta dalam lelang akhir pekan yang berisi barang-barang yang dikumpulkan dan dibuat oleh pembuat model Hollywood, Greg Ginn.

DALLAS — Sebuah miniatur pesawat Starfighter sayap X yang digunakan dalam film “Star Wars” terjual lebih dari $3 juta dalam lelang akhir pekan lalu yang merupakan barang-barang yang dikumpulkan dan dibuat oleh pembuat model Hollywood, Greg Ginn.

Koleksi yang dikumpulkan oleh Gene, yang meninggal tahun lalu pada usia 76 tahun, berhasil mengumpulkan sekitar $13,6 juta dalam sebuah acara yang diadakan di Heritage Auctions House di Dallas. Rumah lelang mengatakan semua orang mulai dari pembuat model hingga kolektor dan penggemar fiksi ilmiah hadir, menjadikan acara tersebut paling banyak dihadiri selama bertahun-tahun.

Lelang tersebut merupakan “bukti mendalam bagi teman saya sebagai ahli efek visual dan kolektor hebat,” Joe Maddalena, wakil presiden eksekutif Heritage dan teman lama Jane, mengatakan dalam siaran pers hari Senin bahwa lelang tersebut merupakan “bukti mendalam atas teman saya sebagai ahli efek visual dan kolektor hebat.”

Gene tidak hanya memiliki karir membuat model skala yang dinominasikan Oscar dan Emmy selama hampir setengah abad, tetapi dia juga menghabiskan seumur hidup mengumpulkan kostum, alat peraga, naskah, karya seni, foto, dan model dari pertunjukan yang dia sukai.

Rumah lelang mengatakan bahwa Pemimpin Merah Yang paling banyak adalah kostum Stormtrooper dari “Star Wars” yang terjual seharga $645.000.

Pakaian antariksa langka dari film Stanley Kubrick tahun 1968 “2001: A Space Odyssey” telah terjual seharga $447.000.

READ  Cardi B 'Invasi Privasi' 175 Minggu Billboard 200

Gene adalah penggemar “Star Trek” sebelum dia mengerjakan serial tersebut — dan beberapa barang yang dia kumpulkan populer di lelang. Model fotografi kapal “SS Botany Bay” dari seri “Star Trek: The Original Series” dari tahun 1960-an dijual seharga $200.000, sementara perangkat pendukung dari seri tersebut, seperti herophaser, dijual seharga $187.500, dan perangkat tricorder terjual $175.000.

Gene, yang besar di Los Angeles, masih berada di awal karirnya ketika ia memimpin tim yang menciptakan kapal induk untuk film Close Encounters of the Third Kind karya Steven Spielberg tahun 1977. Model yang tampak raksasa dalam film tersebut tingginya hanya sekitar 5 kaki (1,5 meter) dan sekarang menjadi bagian dari koleksi di Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Nasional Smithsonian Institution di Washington, D.C. Prototipe kecil tingginya sekitar 5 inci (12 cm). Dahulu kala, harganya $55.000 di lelang.

Lou Zutaverne, teman lama Gene dan supervisor toko, mengatakan dia dan Gene selalu punya “bola” untuk bekerja bersama. Dia mengatakan Gene adalah teman baik, dan teringat saat dia membawa sekotak penuh model kit untuk menghibur Zutavern setelah dia menjalani operasi lutut.

Zutavern mengatakan temannya menyukai sejarah Hollywood dan hasrat untuk meneliti barang-barang koleksinya.

“Dia senang mencari dan menemukan sesuatu serta melakukan perdagangan. Itu adalah bagian yang menyenangkan baginya,” kata Zutaverne.