POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Usaha kecil menghadapi tantangan besar. Inilah teknologi yang mereka gunakan

Tim proyek bisnis bekerja sama di ruang konferensi kantor.  Horizontal, latar belakang yang jelas, tidak.

Didorong oleh keberhasilan baru-baru ini, usaha kecil bergegas ke dalamnya Memanfaatkan komputasi awan Tidak seperti sebelumnya – tren yang akan terus berlanjut saat mereka mencari lebih banyak transformasi digital.

Begitulah kekuatan beralih ke cloud yang menurut Laurie McCabe, salah satu pendiri dan mitra di analis teknologi SMB Group, menunjukkan bahwa TI sesuai permintaan mungkin merupakan salah satu dari sedikit bidang pengeluaran teknologi di mana usaha kecil setidaknya mengimbangi perusahaan mereka. rekan-rekan.

“Anda mungkin hampir selalu setara dengan perusahaan besar,” katanya.

juga: Usaha kecil membutuhkan lebih banyak bantuan dengan teknologi. Berikut adalah lima cara untuk mendapatkannya

Alasannya sederhana: banyak usaha kecil, terutama yang lebih kecil, tidak terbebani dengan mengandalkan aplikasi warisan yang dapat berkembang biak di perusahaan yang lebih tua dan lebih besar.

Dengan situs baru yang dibangun secara efektif di atasnya, pemilik dan manajer usaha kecil dan menengah di pasar mencari solusi berbasis cloud terbaik untuk tantangan mereka, baik itu mengelola pembayaran, mengotomatiskan aktivitas yang menghabiskan waktu, atau mendukung kolaborasi di tempat kerja.

“Jika Anda adalah perusahaan baru, Anda mungkin tidak akan membeli banyak perangkat lunak yang harus dijalankan secara lokal,” kata McCabe.

“Ini berarti Anda segera mulai memikirkan cara termudah bagi Anda untuk mendapatkan solusi yang dibutuhkan bisnis Anda — dan dalam banyak kasus, itu akan melalui cloud.”

Keinginan UKM untuk semua hal cloud telah didorong oleh kebutuhan untuk mempercepat transformasi digital selama beberapa tahun terakhir.

Pengeluaran cloud oleh usaha kecil dan menengah telah meroket selama setahun terakhir, menurut sebuah laporan yang memprediksi bahwa 63% beban kerja UKM dan 62% data UKM Itu akan berada di cloud publik selama tahun depan.

Ketika pandemi virus corona melanda, usaha kecil – sama seperti pesaing mereka – harus menemukan cara baru untuk tetap bekerja dan melayani pelanggan mereka dalam kondisi ekstrem.

Dan, seperti dalam kasus perusahaan besar, jawaban atas banyak tantangan ini datang melalui cloud, kata McCabe.

“Kami berbicara dengan banyak usaha kecil pada bulan Maret 2020 dan mereka mengakui bahwa mereka tidak melakukan semua hal yang seharusnya mereka lakukan sebelumnya. Dan sementara banyak usaha kecil telah menyiapkan layanan untuk memberdayakan pekerja jarak jauh, banyak lainnya telah mengatakan bahwa mereka benar-benar harus. Tingkatkan kemampuan e-commerce mereka dan ciptakan cara baru untuk melayani pelanggan.”

“Jadi ketika COVID melanda, itu semacam ‘dorongan masuk ke dalam paket’ – mereka tahu mereka harus berinvestasi di TI, dan mereka melakukannya.”

Sekarang, dengan begitu banyak infrastruktur yang mendukung platform cloud — seperti jaringan berkecepatan tinggi dan perangkat pribadi — banyak usaha kecil ingin melakukan lebih banyak investasi dalam sistem dan layanan sesuai permintaan.

Analysys Mason mengatakan dampak pandemi yang berkepanjangan telah mendorong usaha kecil dan menengah untuk terus mendigitalkan bisnis mereka dan mengadopsi solusi software-as-a-service (SaaS).

Memang, analis teknis mengatakan, UKM tetap optimis tentang perusahaan mereka, meskipun mereka menghadapi rintangan yang terus-menerus, seperti kondisi makroekonomi yang menantang dan ketidakstabilan geopolitik.

Pengeluaran TI global oleh UKM diperkirakan Akan meningkat sebesar 5,8% tahun-ke-tahun pada tahun 2022; Pertumbuhan ini akan mencapai 7,4% pada tahun 2025.

Lebih khusus lagi, sebagian besar pengeluaran teknologi ini akan diarahkan ke cloud. Analis teknis mengharapkan SMB digunakan secara global untuk aplikasi bisnis dan alat kolaborasi berbasis SaaS Tumbuh 17% setiap tahun hingga 2026 mencapai $291 miliar.

Analysys Mason mengatakan bahwa pemilik dan manajer usaha kecil memerlukan jenis alat tertentu untuk membantu mereka mencapai tujuan akhir mereka secara efektif. Secara khusus, usaha kecil dan menengah mencari solusi yang cepat diterapkan dan mudah digunakan dan dipelihara.

Sentimen ini selaras dengan McCabe dari SMB Group, yang mengatakan para manajer harus fokus untuk memastikan bahwa platform cloud yang mereka pilih dapat dengan mudah diadopsi dan diadaptasi.

“Pastikan bahwa orang yang akan harus menggunakannya dapat menggunakannya,” katanya. “Itu berarti, ketika Anda melihat beberapa platform ini, pastikan bahwa sangat mudah bagi orang untuk melakukan apa pun yang mereka coba lakukan.”

juga: Apa itu komputasi awan? Jelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang cloud

McCabe mengatakan bahwa manajer bisnis kecil yang melihat organisasi mereka dengan jujur ​​akan menemukan keseluruhan hal — mulai dari memesan produk hingga membayar tagihan hingga mengelola hubungan pelanggan — dilakukan dengan cara yang rumit dan memakan waktu.

Penggunaan cloud yang taktis dapat membantu UKM mengurangi jumlah aktivitas stres yang harus diselesaikan karyawan dan mulai meningkatkan produktivitas mereka dengan waktu mereka — selama platform diterapkan secara terpadu dan terintegrasi.

“Mungkin tim Anda menggunakan spreadsheet, mungkin mereka menggunakan pena dan kertas, atau mungkin terlalu lama untuk membayar tagihan. Mungkin orang di tempat kerja menggunakan cloud, tetapi bisnis Anda tidak memiliki cara terpadu untuk mengelola dokumen, jadi beberapa orang menggunakan Google Drive dan beberapa orang menggunakan Dropbox.”

“Di banyak bisnis kecil, tidak ada standarisasi. Lihat proses bisnis Anda dan lihat di mana ada kekacauan – di sinilah Anda harus mulai. Gunakan cloud untuk membersihkan kekacauan karena itu akan memberi Anda beberapa arahan tentang layanan apa untuk tampil.”

Kabar baiknya adalah bahwa begitu layanan cloud aktif dan berjalan, pemilik dan manajer bisnis mungkin mulai bertanya-tanya bagaimana bisnis mereka akan berjalan tanpa teknologi sejak awal.

Trustpilot CISO Stu Hirst mengatakan organisasinya memanfaatkan secara ekstensif platform dan layanan TI sesuai permintaan — dan perusahaan menuai hasilnya.

“Cloud adalah tentang kecepatan, kelincahan, dan fleksibilitas. Ini memberi organisasi Anda kemampuan untuk melakukan hal-hal dengan kecepatan luar biasa yang tidak dapat Anda lakukan sebelumnya. Anda tidak harus berurusan dengan infrastruktur fisik. Tidak perlu mengelola aspek apa pun dari aspek itu.”

“Itu sangat kuat untuk kecepatan kami melakukan sesuatu. Anda kemudian dapat menyertakan firewall melalui proses ini, jadi keamanan disertakan dan ada serangkaian batasan yang dapat dilalui orang.”

Bacaan lebih lanjut tentang dasar-dasar teknologi UKM:

READ  Penginjil teknologi Mark Saltzman berbicara tentang 25 tahun pelaporan baru