POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Upaya net-zero emisi harus sejalan dengan SDGs: VP Amin

Upaya net-zero emisi harus sejalan dengan SDGs: VP Amin

JAKARTA (ANTARA) – Wakil Presiden Maruf Amin menekankan pentingnya menyelaraskan upaya mencapai kelestarian lingkungan melalui net-zero emisi (NZE) dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Dalam Nature Forum 2024 yang diselenggarakan oleh Nusantara TV pada tanggal 28 Februari, Indonesia berkomitmen penuh untuk mencapai tujuan NZE pada tahun 2060 dengan mengedepankan pembangunan berbasis lingkungan.

“Saya berharap Nature Forum 2024 menjadi forum inklusif bagi para pemangku kepentingan untuk mendorong semua pihak mencapai NZE pada tahun 2060,” kata Wapres dalam keterangan tertulis dari kantornya, Jumat.

Komitmen pemerintah untuk mencapai net zero emisi tercermin dalam berbagai skema.

Misalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkontribusi dalam mencapai NZE dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui digitalisasi.

Wakil Menteri Telekomunikasi dan Informatika, Nesar Patria menyoroti dampak positif transformasi digital terhadap lingkungan.

Transformasi digital menawarkan berbagai manfaat lingkungan, termasuk mengurangi emisi gas rumah kaca melalui dekarbonisasi, mendorong konservasi sumber daya melalui dematerialisasi, dan mencegah polusi melalui detoksifikasi, katanya.

“Digitalisasi dapat mengurangi emisi gas karbon dan mewujudkan kelestarian lingkungan melalui penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI),” ujarnya.

Sementara itu, Lotto Sreenaita Ginting, staf ahli Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengatakan kementerian telah mengambil inisiatif untuk mengurangi dekarbonisasi melalui lima aspek.

Aspek-aspek tersebut antara lain pengembangan energi terbarukan, mengurangi ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga batu bara, menciptakan ekosistem kendaraan listrik, menyediakan solusi berbasis lingkungan, dan mendorong kebijakan lingkungan seperti hidrogen hijau dan biru.

Berita terkait: Indonesia berhasil menurunkan CO2e sebesar 875,7 juta ton
Berita terkait: Indonesia dan kelompok Amerika mengurangi emisi sektor kehutanan

Penerjemah: Ahmad F, Kensu
Pengarang: Anton Santoso
Hak Cipta © ANTARA 2024

READ  Gempa 4,4 SR mengguncang Dombu, Kabupaten Dombu, Nusa Tenkara Barat, Indonesia / Volcano Discovery