POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tokyo mencatat 1.050 kasus virus korona setiap hari, level tertinggi sejak 28 Januari – Dunia

Kyodo News

Tokyo, Jepang ●
Sabtu, 1 Mei 2021

01-05-2021
18:00
1
0920e6703081f028872405a526439d2d
2
Ilmuwan
Tokyo, COVID-19, Jepang, Yoshihida Suga, perjalanan
Gratis

Tokyo melaporkan 1.050 lebih banyak kasus virus korona pada hari Sabtu, angka harian tertinggi sejak 28 Januari, ketika ibu kota dan tiga prefektur barat menjalani keadaan darurat ketiga di negara itu sejak akhir bulan lalu.

Angka terbaru berada tepat di atas 1.027 kasus yang dilaporkan pada hari Kamis, karena pihak berwenang Jepang berjuang untuk mengekang kemunculan kembali infeksi di Tokyo, dengan kurang dari tiga bulan tersisa sebelum Olimpiade dimulai di ibu kota.

Karena peningkatan infeksi, didorong oleh penyebaran cepat varian baru virus, keadaan darurat di Tokyo, serta tiga prefektur barat, Osaka, Kyoto dan Hyogo, mulai berlaku pada hari Minggu.

Keadaan darurat hingga 11 Mei, yang mencakup periode liburan Golden Week yang dimulai pada Kamis, membutuhkan tindakan yang lebih ketat dari sebelumnya, termasuk mewajibkan restoran yang menyajikan minuman beralkohol untuk ditutup, dengan denda yang dikenakan jika tidak patuh.

Sementara itu, periode liburan Minggu Emas di Jepang dimulai dengan sungguh-sungguh pada hari Sabtu, tetapi liburan pertama dari lima hari berturut-turut relatif sepi di wilayah-wilayah utama karena tindakan melawan virus corona yang muncul telah membuat banyak orang enggan bepergian.

Dengan Tokyo sekarang memasuki keadaan darurat ketiga setelah kebangkitan kembali infeksi virus korona, fasilitas perbelanjaan besar tetap ditutup dan ada lebih sedikit orang yang bepergian selama periode liburan tahunan yang dimulai tahun ini pada hari Kamis.

Jumlah penumpang kereta api dan udara yang meninggalkan Tokyo pada hari Sabtu ke bagian lain Jepang diperkirakan masih menjadi yang tertinggi selama periode liburan dan lebih dari tahun lalu ketika keadaan darurat mencakup seluruh negeri.

READ  Informasi Gempa: Mag rata-rata. Gempa 5.4 - Laut Solomon, 70 km barat daya Arawa, Bougainville, Papua Nugini, pada 25 Juni 1:49 pagi (GMT +11)

Tetapi untuk kereta Japan Railways yang berangkat dari Tokyo pada hari Sabtu, termasuk kereta ekspres, hanya 15 persen dari sekitar 530.000 kursi yang tersedia yang terjual secara total.

“Karena wabah itu, saya bahkan tidak bisa menghadiri pemakaman ibu saya (tahun lalu). Saya sangat ingin menjadi bagian dari perayaan ulang tahun pertama kematiannya,” kata Keiko Okazaki di Bandara Haneda Tokyo sebelum menuju ke Tokyo. Hokkaido bersama empat anggota keluarga lainnya.

“Saya akan selalu berhati-hati tentang risiko infeksi,” kata pria berusia 71 tahun itu, menambahkan bahwa dia telah melakukan tes virus sebelum penerbangannya, yang hasilnya negatif.

Karena meningkatnya jumlah infeksi, didorong oleh penyebaran varian baru virus yang cepat, akhir bulan lalu pemerintah Jepang mengumumkan keadaan darurat di Tokyo, serta tiga prefektur barat Osaka, Kyoto dan Hyogo.

Keadaan darurat hingga 11 Mei memerlukan tindakan yang lebih kuat dari sebelumnya termasuk mewajibkan restoran yang menyajikan alkohol untuk ditutup, dengan denda yang dikenakan untuk ketidakpatuhan.

Perdana Menteri Yoshihide Suga mengimbau orang-orang untuk sebisa mungkin tinggal di rumah dan menghindari acara yang tidak perlu.