POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

TNI Habema menjalankan proyek Smart Papua di sekolah setelah kebakaran

TNI Habema menjalankan proyek Smart Papua di sekolah setelah kebakaran

JAKARTA (ANTARA) – Komando Operasi Habema TNI (Koops Habema) pada Senin melaksanakan kegiatan penunjang kegiatan pembelajaran di Sekolah Lapang Homeo di Kecamatan Homeo, Kabupaten Intan Jaya, Papua dalam naungan Proyek Smart Papua.

“Ini merupakan inisiatif Habema Koop untuk memberikan layanan dasar kepada masyarakat Papua guna mempercepat pembangunan di wilayah Papua.”
kata Panglima Komando Gabungan Daerah Pertahanan (Kokapwilhan) III Letjen TNI Richard TH Tambubolan dalam siaran pers yang diperoleh ANTARA di sini, Senin.

“Lingkungan yang aman di Kecamatan Homeo membangkitkan semangat masyarakat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, termasuk kegiatan pendidikan anak-anak di sekolah lapang yang digagas Habema Koop melalui proyek Smart Papua,” imbuhnya.

Acara yang diselenggarakan Satgas Daerah Habema Koop yang dipimpin Kolonel Arm Steffi Jantje Nuhujanan ini dilakukan setelah evakuasi baru-baru ini dan warga sudah diperbolehkan beraktivitas normal setelah situasi di kelurahan dinyatakan aman.

Koops Habema telah mengerahkan Satuan Tugas Teritorial (Satgaster) ke Intan Jaya sebagai komando daerah persiapan.

Satgas terus mendampingi masyarakat Homeo dalam memberikan layanan dasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk fasilitas pendidikan khususnya bagi anak-anak.

Organisasi Papua Merdeka (OPM) baru-baru ini membakar gedung SD Inpres Pogapa di Kecamatan Homeo yang dihadiri oleh anak-anak di wilayah tersebut dan sekitarnya.

Fisik bangunan SDN Inpres Pogapa rata dengan tanah dan yang tersisa hanyalah reruntuhan.

Hal ini membuat anak dan guru kesulitan dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar di kawasan tersebut, Koops mengajak warga Habema untuk bersama-sama membersihkan reruntuhan dan mendirikan tenda TNI, serta mendirikan sekolah lapangan di lahan sekolah tersebut.

Proyek Smart Papua melibatkan sejumlah kegiatan, antara lain pembagian seragam sekolah dan buku, serta kegiatan pembelajaran dan permainan yang dipimpin oleh prajurit dari Satgas Daerah Habema Koop.

READ  Kementerian BUMN akan menerapkan empat hari kerja dalam seminggu bagi pegawainya sendiri

BERITA TERKAIT: Kapolsek Yalimo menghadapi pemecatan setelah empat senjata hilang
Berita terkait: Kementerian mengatakan RIPPP membantu mempercepat pembangunan manusia di Papua