POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Merek Kecantikan China Tercium di Indonesia-Xinhua

Merek Kecantikan China Tercium di Indonesia-Xinhua

November 10 Agustus 2023, seorang karyawan sedang menyortir pesanan belanja online di toko Mutiara Indah di Jakarta, Indonesia. (Xinhua/Xu Qin)

Oleh Nurul Fitri Ramadhani

JAKARTA, 11 Juni (Xinhua) — Bagi seorang wanita, produk perawatan kulit untuk kecantikan dan keanggunan tidak bisa dilewatkan. Pada pameran kecantikan di sini, Devanti Aristianti Wardana, 26 tahun, warga Jakarta, mampir ke booth Skintific Cosmetics, merek kecantikan asal Tiongkok yang membuat wewangian di Indonesia.

Vardhana mengatakan kepada Xinhua bahwa sejak tahun lalu, dia mulai menggunakan merek perawatan kulit Tiongkok setiap hari untuk mencuci muka, serum wajah, dan melembapkan.

“Dulu saya pakai produk skin care Korea (Selatan), tapi saya beralih ke Skintific China karena lebih nyaman di wajah saya,” ujarnya.

Kesamaan antara kulit orang Indonesia dan Tiongkok berperan dalam preferensi, dan merek kecantikan Barat tidak cocok dengan iklim tropis di Indonesia, yang menjelaskan semakin populernya merek Tiongkok di pasar perawatan kulit Indonesia.

Nurul Komaria, yang tinggal di Bekasi, provinsi Jawa Barat, adalah konsumen setia merek perawatan kulit Bioaqua yang berbasis di China. Pada pameran empat hari yang berakhir pada hari Minggu itu, ia membeli beberapa seri Bioaqua.

Gomaria mengatakan dia telah menggunakan produk Bioaqua selama lebih dari dua tahun setelah beralih dari beberapa merek Barat. “Produk perawatan kulit Tiongkok lebih murah dibandingkan merek kecantikan Barat dan Korea (Selatan), serta memiliki kualitas dan rangkaian produk yang lebih baik. Saya juga mencoba Skintific,” ujarnya.

Ia menyatakan ketertarikannya untuk mencoba Sando, merek premium asal China yang debut di Indonesia pada September lalu.

Merek perawatan kulit asal Tiongkok kini banyak diminati di Indonesia. Menurut laporan lokal, produk perawatan kulit Tiongkok adalah produk terlaris di pasar e-commerce Indonesia.

READ  Anees Paswaden Perketat Pembatasan Pemerintah 19 Jika Jakarta Masuk Fase Kompleks

Institute for Economic and Financial Development yang berbasis di Jakarta mengatakan bahwa pada tahun lalu, popularitas merek Tiongkok telah melampaui merek lokal, dan perubahan tersebut dapat dikaitkan dengan pengaruh platform media sosial seperti TikTok. Berperan dalam mempromosikan produk Tiongkok.

Pameran kecantikan tersebut juga memperkenalkan brand kecantikan baru asal Tiongkok, Judidol, brand makeup asal Shanghai yang menawarkan puluhan kategori makeup.

Manajer Pemasaran Judidol Indonesia Clarissa Merry mengatakan, sebelum peluncuran, tim Judidol melakukan riset mendalam terhadap pasar Indonesia untuk memastikan produknya dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Tanah Air.

“Kami berbicara dengan ratusan konsumen dan retailer Indonesia untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang keunikan kebutuhan dan budaya pengguna produk kecantikan Indonesia,” ujarnya.

Wahab Afwan, pakar kajian budaya Universitas Padjadjaran, Indonesia, mengatakan Indonesia adalah pasar industri kecantikan terbesar di Asia Tenggara, dengan pertumbuhan yang berkelanjutan, kelas menengah yang berkembang pesat, populasi perkotaan yang terus meningkat, dan kesadaran akan kecantikan.

“Indonesia merupakan tujuan penting pemasaran kosmetik global,” ujarnya.