POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Thailand dan Malaysia menetapkan aturan masuk untuk bank di bawah perjanjian ASEAN

Bank-bank Malaysia yang ingin melakukan bisnis di Thailand berdasarkan perjanjian regional dapat membuka hingga 40 cabang dan harus memiliki modal setidaknya 15 miliar baht, menurut aturan yang diumumkan Selasa.

Kementerian Keuangan Thailand mengatakan dalam aturan yang dilaporkan dalam Royal Gazette, bahwa pemberi pinjaman harus mengajukan aplikasi mereka ke Bank of Thailand untuk menjadi bank ASEAN yang memenuhi syarat. Mereka juga harus mendapatkan persetujuan dari bank sentral di masing-masing yurisdiksi, dan menteri keuangan Thailand.

Demikian juga, bank-bank Thailand yang ingin beroperasi di Malaysia karena bank-bank Asia yang memenuhi syarat dapat menunjukkan minat mereka, menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Bank of Thailand dan Bank Negara Malaysia pada hari Selasa. Regulator mengatakan bank-bank khusus bertujuan untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi yang lebih besar di negara-negara ASEAN untuk menciptakan ekonomi regional yang sangat terintegrasi dan kohesif.

Perjanjian bilateral tersebut dipandang sebagai langkah besar dalam meningkatkan akses pasar di antara anggota ASEAN berdasarkan perjanjian yang ditandatangani pada tahun 2015. Penunjukan QAB akan memungkinkan pemberi pinjaman untuk memperluas jaringan dan layanan di kawasan sambil mempercepat pembukaan blok industri jasa keuangan.

“Kami mengambil langkah besar untuk menciptakan ekonomi Asia yang terintegrasi dan kohesif, dan kami yakin bahwa pengaturan QAB akan meningkatkan lebih banyak peluang bisnis dan kegiatan ekonomi antara kedua negara untuk memfasilitasi pemulihan ekonomi kami di tengah pandemi yang sedang berlangsung,” Bank Negara kata Gubernur Shamsia Yunus.

Bank sentral mengatakan Thailand sedang dalam pembicaraan dengan Indonesia, Filipina dan Myanmar mengenai perjanjian serupa. Bank of Thailand telah meluncurkan tautan pembayaran kode QR dengan bank sentral di Malaysia dan Indonesia untuk memungkinkan konsumen dan pedagang melakukan dan menerima transaksi keuangan instan untuk barang dan jasa.

READ  Pesan, salam, keinginan, kutipan, SMS, foto, WhatsApp, Facebook, status Instagram, dan keinginan yang dapat Anda bagikan dengan teman dan keluarga- Berita Teknologi, Pos Pertama

“Kami bercita-cita untuk melihat pengaturan QAB membuka jalan bagi lebih banyak kerja sama keuangan di antara anggota ASEAN karena kawasan ini merangkul inovasi keuangan baru,” kata Gubernur Bank of Thailand Sithaput Suthiwartnaroyput.

Sorotan Pedoman Program QAB:

Kandidat, baik pendatang baru atau bank yang sudah ada di negara tuan rumah, harus menjadi bank yang kuat dan dikelola dengan baik dengan kepentingannya didukung oleh regulator di negara asal; Mematuhi persyaratan kehati-hatian dari negara tuan rumah

Kandidat yang berhasil akan memiliki akses pasar dan fleksibilitas operasional yang diberikan di bawah pengaturan bilateral.

QAB Malaysia harus membuka bisnis di Thailand dalam waktu satu tahun setelah mendapatkan persetujuan