POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teredesi dari Persistent adalah orang terbaru yang berhasil melewati pintu putar CFO untuk perusahaan teknologi

Teredesi dari Persistent adalah orang terbaru yang berhasil melewati pintu putar CFO untuk perusahaan teknologi

BENGALURU: Tujuh kepala keuangan perusahaan IT terbesar di India telah pindah dalam 24 bulan terakhir, sehingga sektor ini menjadi sorotan.

Yang terbaru adalah Vineet Thiridesai yang bergabung dengan Persistent Systems Ltd dari LTI Mindtree, di mana ia menjabat sebagai CFO sejak didirikan pada akhir tahun 2022. Sebelumnya, kepergian CFO terlihat di perusahaan IT terbesar di India termasuk Infosys Ltd dan Cognizant Technology Solutions Corp, Wipro Ltd dan Tech Mahindra. Ltd., LTIMindtree Limited, dan Coforge Limited.

Dua dari tujuh CFO telah beralih ke perusahaan IT baru, sementara yang lain telah pensiun atau meninggalkan negara tersebut untuk mengejar peluang profesional dan pribadi lainnya.

Sebagian besar investor yang keluar adalah empat dari enam perusahaan TI terbesar di India, yang melaporkan pendapatan kolektif sebesar $40 miliar pada FY24, mewakili 16% dari industri TI India senilai $250 miliar.

Lima dari tujuh CFO yang ditunjuk merupakan calon internal, yang menunjukkan kepercayaan manajemen senior terhadap jajarannya.

Setelah Jatin Dalal meninggalkan Wipro setelah lebih dari satu dekade bergabung dengan Cognizant, Wipro menyerahkan kunci kepada Aparna Iyer, yang telah bekerja di perusahaan tersebut selama dua dekade, bertentangan dengan strategi mantan CEO Delaporte yang merekrut staf luar untuk mengembalikan perusahaan ke kondisi semula. bisnis. pertumbuhan.

Khususnya, semua penunjukan CFO tidak langsung mengikuti penunjukan CEO di perusahaannya, kecuali Cognizant, tempat Dalal bergabung hampir setahun setelah S Ravi Kumar mengambil alih sebagai CEO. Dalal bergabung dengan Cognizant dari Wipro sebagai CFO pada Desember 2023.

Perusahaan yang membutuhkan budaya baru meminta CEO mereka untuk mendatangkan calon CFO mereka, kata Shriram Subramanian, pendiri perusahaan konsultan agensi InGovern Research Services.

READ  Pembaruan Langsung Harga Saham Tech Mahindra Hari Ini: Perdagangan Tech Mahindra di Rs 1212,6 dengan penurunan harga 1,55% hari ini

“Sebagian besar perusahaan layanan TI tingkat satu cenderung kaya akan uang tunai, sehingga peran CFO lebih dari sekadar akuntansi dan pengelolaan pajak, namun juga perbendaharaan, perencanaan keuangan lintas negara, dan pengelolaan kas,” tambah Subramanian.

Tidak semua analis memiliki pendapat yang sama.

“Perubahan CFO tidak membuat perbedaan apa pun bagi perusahaan karena ini semua adalah perusahaan yang kaya akan uang dan tidak ada kebutuhan nyata untuk menambah modal. Tidak hanya CFO yang diubah, tetapi sebagian besar bos puncak di perusahaan IT juga telah diubah berubah jika ada perubahan “Banyak dari mereka yang keluar karena kemungkinan besar mereka akan mendapat penawaran yang lebih baik,” kata Omkar Tanksil, analis riset di Axis Securities.

“Karena perusahaan IT mempekerjakan lebih sedikit karyawan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, manajemen senior mencari eksekutif yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka,” tambah Tanksil.

Empat perusahaan IT terbesar di India mengalami penurunan jumlah karyawan secara kumulatif sebesar lebih dari 60.000 tahun ke tahun pada tahun fiskal 2024.

Pertanyaan yang dikirim melalui email ke Cognizant, Wipro, Tech Mahindra, LTIMindtree, Persistent Systems, dan Coforge masih belum terjawab, sementara Infosys menolak berkomentar.

Buka dunia yang penuh manfaat! Mulai dari buletin bermanfaat hingga pelacakan inventaris real-time, berita terkini, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan satu klik! Masuk sekarang!

Diterbitkan: 20 Mei 2024, 06:05 IST