POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Semua tentang Prafulla Dhariwal, pakar teknologi India di balik GPT-4o OpenAI

Semua tentang Prafulla Dhariwal, pakar teknologi India di balik GPT-4o OpenAI

Berasal dari Pune, Prafulla Dhariwal adalah Kepala Omni di OpenAI.

New Delhi:

CEO OpenAI Sam Altman memberikan penghormatan kepada Prafulla Dhariwal, seorang teknolog dari India, yang memainkan peran penting dalam meluncurkan model AI inovatif terbaru perusahaan, ChatGPT 4o (“o” untuk Omni).

Dalam postingan di X, Bapak Altman menyatakan bahwa “GPT-4o tidak akan terjadi tanpa visi, bakat, keyakinan dan tekad” dari Bapak Dhariwal. Ia juga mengatakan bahwa upayanya, bersama dengan upaya-upaya lainnya, “menghasilkan apa yang saya harap akan menjadi sebuah revolusi dalam cara kita menggunakan komputer.”

Siapakah Prafulla Dhariwal?

1. Berasal dari Pune, Prafulla Dhariwal adalah Kepala Omni di OpenAI. Dia adalah salah satu pendiri beberapa model AI, termasuk GPT-3, DALL-E 2, Jukebox, Glow, dan PPO, menurut biografinya di X.

2. Ia belajar komputer, matematika, dan fisika di MIT, lulus pada tahun 2017.

3. Pak Dhariwal juga merupakan ilmuwan peneliti di OpenAI sejak Februari 2017, dan membantu mengembangkan kecerdasan buatan, ungkap LinkedIn-nya. Dia juga melakukan penelitian magang di OpenAI dan melakukan penelitian di MIT tentang pembelajaran mendalam tentang pidato dan visi komputer.

4. Ia meraih satu medali emas di International Astronomy Olympiad (IAO) tahun 2009 yang diadakan di Tiongkok dan satu lagi medali emas di International Mathematical Olympiad (IMO) tahun 2012 yang diselenggarakan di Argentina. Ia meraih medali emas ketiganya pada Olimpiade Fisika Internasional (IPhO) di Denmark pada tahun 2013.

READ  Telefónica Tech dan HPE Aruba mengembangkan ruang kerja masa depan

5. Pada tahun 2009, Bapak Dhariwal dianugerahi oleh Pemerintah India dengan Beasiswa Pencarian Bakat Nasional pada tahun 2009. Pada tahun 2013, ia menduduki peringkat ke-153 di India dalam Ujian Masuk Bersama Institut Teknologi India (IITJEE).