POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tentara membunuh pemimpin Abu Sayyaf di Filipina selatan

03/31/2022 Filipina (Kebaktian Kristen Internasional) – Pasukan militer Filipina membunuh seorang pemimpin tinggi Abu Sayyaf dalam baku tembak pada 25 Maret. Pemimpinnya, Radzim Janatul, tewas dalam bentrokan dengan anggota elit Pramuka Rangers di desa Baiwas di selatan pulau Basilan.

Brigadir jenderal. Jenderal Domingo Gobuye mengatakan kepada media,Pasukan melakukan pembersihan [operations] Di lokasi konfrontasi, mayat anggota Abu Sayyaf yang terbunuh, yang kemudian diidentifikasi sebagai Jantul, ditemukan. Dia menambahkan bahwa baku tembak berlangsung cepat tetapi intens.

Abu Sayyaf adalah kelompok separatis dan jihadis Islam Filipina, yang secara resmi diakui oleh Negara Islam sebagai Provinsi Asia Timur Negara Islam. Telah beroperasi di dalam dan sekitar pulau Jolo dan Basilan di bagian barat daya Filipina selama beberapa dekade.

Gobuye mengatakan orang yang tewas, Janatul, adalah komandan tertinggi dalam kelompok Abu Sayyaf di Basilan, tempat kelompok itu didirikan pada 1990-an untuk memperjuangkan pendirian negara Islam. Ini telah berubah menjadi kelompok yang mengkhususkan diri dalam penculikan untuk tebusan, sering menargetkan pengusaha lokal, ulama dan turis asing.

Komandan Komando Mindanao Barat Letnan Jenderal Alfredo Rosario Jr. memuji upaya pasukan, menambahkan bahwa anggota kelompok Abu Sayyaf di Basilan telah menembus jauh ke dalam hutan.

“Ini akan melemahkan kelompok dan memaksa anggota yang tersisa untuk menyerah pada perjuangan mereka dan menyelamatkan diri mereka sendiri.” Rosario mengatakan kepada wartawan.

Untuk wawancara, silahkan hubungi: [email protected].

READ  Center mencari klarifikasi dari Kerala tentang rekonsiliasi data kematian Covid | Pembaruan COVID | Kematian Covid di Kerala | Virus corona