POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teleskop Luar Angkasa James Webb Diluncurkan: Pembaruan Langsung

menyegarkan

Kabel yang salah menyebabkan penundaan peluncuran JWST

Kabel komunikasi yang rusak bertanggung jawab atas keterlambatan Teleskop Luar Angkasa James Webb baru-baru ini, menurut Badan Antariksa Eropa.

Pada konferensi pers hari ini (16 Desember), pejabat Badan Antariksa Eropa mengatakan data yang salah yang dirancang untuk mengirimkan data dari teleskop luar angkasa Webb, roket dan peralatan landasan peluncurannya tidak berfungsi dengan baik.

“Ini masalah antarmuka dalam jaringan listrik yang menghubungkan observatorium dan peralatan pendukung darat,” Daniel Neuschwander, direktur transportasi ruang angkasa ESA, mengatakan pada konferensi pers. “Ini adalah kabel yang ada di tabel berjalan, yang memiliki beberapa kehilangan data yang terputus-putus.”

Baca cerita lengkap kami di sini.

Penerbangan JWST Dikemas

(Sumber gambar: ESA-M.Pedoussaut)

Pada hari Sabtu, 11 Desember, Arianespace memobilisasi Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA untuk peluncuran, dan memasang teleskop luar angkasa di atas roket Ariane 5 untuk peluncuran yang direncanakan dari Pusat Antariksa Guyana di Kourou, Guyana Prancis.

Tanggal peluncuran sebenarnya dari Teleskop Luar Angkasa Webb masih belum pasti, dengan NASA dan Arianespace menunda peluncurannya (sementara ditetapkan untuk 22 Desember) hingga paling lambat 24 Desember. Rencana peluncuran Webb diharapkan akan diperbarui pada hari Jumat, 17 Desember, menurut NASA.

NASA dan Arianespace awalnya bermaksud meluncurkan Teleskop Luar Angkasa Webb pada 31 Oktober, dan telah berulang kali menundanya karena integrasi dan masalah lainnya. Perhatikan ruang ini untuk pembaruan pada tanggal peluncuran baru perusahaan untuk Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Peluncuran JWST ditunda hingga 24 Desember

Pada hari Sabtu, 11 Desember, Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA diamankan di atas roket Ariane 5 yang akan meluncurkannya ke luar angkasa dari European Spaceport di Guyana Prancis.

(Sumber foto: M.Pedoussaut/ESA)

Hari ini, NASA mengumumkan bahwa Teleskop Luar Angkasa James Webb dijadwalkan untuk diluncurkan paling lambat pada Malam Natal (24 Desember).

READ  Tampaknya ketekunan penjelajah Mars telah menangkap sampel batu pertamanya

“Tim Teleskop Luar Angkasa James Webb sedang mengerjakan masalah komunikasi antara observatorium dan sistem kendaraan peluncuran,” menurut pejabat NASA. Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Ini akan menunda tanggal peluncuran paling lambat Jumat, 24 Desember. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut tentang tanggal peluncuran baru paling lambat Jumat, 17 Desember.”

Baca cerita lengkapnya

Teleskop Luar Angkasa James Webb siap diluncurkan

Setelah bertahun-tahun pengembangan dan miliaran dolar, Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA hampir siap untuk diluncurkan.

Ikuti hari-hari terakhir JWST di Bumi dan masa depannya sebagai observatorium baru yang hebat untuk NASA, Badan Antariksa Eropa, Badan Antariksa Kanada, dan dunia dalam liputan langsung kami di sini.