POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teknologi Kembar Digital untuk Keamanan Cyber

Sepanjang hidup saya, saya telah bertanya-tanya dalam banyak kesempatan bagaimana hidup saya akan berubah jika saya membuat keputusan yang berbeda pada saat yang kritis—memilih perguruan tinggi yang berbeda, mengambil pekerjaan yang berbeda, atau pindah ke kota lain. Saya sering berharap bisa menonton film tentang hasil yang berbeda sebelum membuat keputusan, seperti dalam “Pintu Geser”.

Meskipun teknologi kemungkinan dapat memberi kita versi sederhana dari konsep ini, saya sangat tertarik ketika mengetahui bagaimana organisasi dapat menggunakan dikotomi digital untuk meningkatkan pengambilan keputusan bisnis – terutama dalam hal keamanan siber.

Apa itu Teknologi Kembar Digital?

Teknologi kembar digital memungkinkan Anda melihat beberapa representasi digital dari suatu objek. Ini bisa menjadi aset fisik, Seperti turbin angin, sebuah proses atau prosedur yang dapat memiliki hasil yang berbeda tergantung pada inputnya. Teknologi mengumpulkan data dan menunjukkan hasil.

Ada beberapa jenis kembar digital. Kembar komponen adalah unit dasar dari kembar digital. Sedangkan aset kembar adalah ketika dua atau lebih komponen bekerja sama untuk mempelajari interaksinya. Dengan kembar sistem/unit, Anda dapat membuat sistem lengkap dengan kembaran aset untuk menentukan area untuk peningkatan kinerja. Organisasi dapat menggunakan kembar sistem ganda untuk membuat kembar proses untuk menciptakan fasilitas produksi yang lengkap pada gilirannya untuk menilai efektivitas keseluruhan proses.

Teknologi ini mengumpulkan data komprehensif tentang kinerja dan hasil. Jadi, kembar digital sangat berguna selama proses penelitian dan desain produk. Regulator juga dapat menggunakannya selama pembuatan untuk berbagai kegunaan. Itu dapat memantau sistem produksi dan menentukan kapan suatu produk telah mencapai tahap akhir masa pakai. Orang sering beranggapan bahwa teknologi dual digital sama dengan simulasi. Namun, kembar digital dapat melakukan banyak simulasi daripada hanya satu. Selain itu, kembar digital hanya beroperasi di lingkungan virtual, yang memudahkan pengumpulan data.

READ  Saham turun di tengah pandangan hawkish menjelang acara Fed: Pasar selesai

Bagaimana Digital Twin meningkatkan keamanan siber

Meskipun kembar digital dimulai di industri manufaktur, lebih banyak perusahaan sekarang mulai menggunakannya untuk keamanan siber. Mengapa? Kembar digital dapat melalui ratusan juta skenario yang berbeda. Sementara tipe dasar kembar digital secara teknis dapat digunakan untuk keamanan siber, kembar sistem dan kembar proses memberikan kemungkinan dan kasus penggunaan terbanyak.

Saat AI menganalisis hasil yang berbeda, Anda dapat melihat apa yang perlu Anda tingkatkan. Sebelumnya, satu-satunya cara untuk menguji sistem Anda dengan cara ini adalah seseorang (baik di tim Anda atau dari luar) mencoba membobol kode Anda, yang mahal dan memakan waktu. Dengan ancaman dan alat yang selalu muncul, metode ini berarti deteksi dan waktu respons yang lebih lama. Kembar digital memungkinkan Anda untuk mendeteksi masalah dan membuat pertahanan yang efektif lebih cepat.

Apa berikutnya?

Mari kita lihat versi yang disederhanakan untuk memulai dengan kembar digital. Pertama, tentu saja, Anda membeli teknologi dari vendor. Selanjutnya, atur kembar digital Anda dan mulailah bermain dengan skenario. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kembaran digital untuk keamanan siber, periksa untuk melihat apakah departemen lain sudah menggunakannya — terutama jika perusahaan Anda memiliki cabang manufaktur.

Sangat menggoda untuk melompat di kepala terlebih dahulu. Sebaliknya, Anda harus mulai dengan proyek uji kecil. Dari sana, mulailah memperluas kasus penggunaan Anda ke proyek yang lebih kompleks. Kuncinya adalah memahami sepenuhnya pertanyaan yang Anda coba jawab dan menciptakan kembaran yang akurat. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memiliki cukup skenario berbasis data. Dengan teknologi digital yang dilakukan dengan baik, Anda dapat mereplikasi serangan dan menguji perlindungan Anda di lingkungan nyata. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui kelemahan Anda sebelum penyerang menemukannya terlebih dahulu.

READ  Texas Tech menamai Benih Nasional # 8, dan membuka kunci dengan Angkatan Darat