POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teknologi Digital Di antara penggerak ekonomi utama Bali: penguasa

Teknologi Digital Di antara penggerak ekonomi utama Bali: penguasa

Denpasar, Bali (Antara) – Teknologi digital saat ini menjadi salah satu dari enam core economic driver Provinsi Bali, kata Gubernur I Wayan Koster saat meresmikan Bali Digital Festival (Digifest) II di Jakarta, Jumat.

“Kami menerapkan enam sektor dasar, pertama, pertanian dengan sistem organik, kelautan dan perikanan, manufaktur dan industri berbasis brand culture Bali, sektor mikro, kecil menengah dan koperasi, sektor ekonomi kreatif dan digital, serta sektor pariwisata,” dia menjelaskan.

Koster mengatakan, teknologi digital menjadi andalan pembangunan ekonomi agar lebih sehat serta terjamin kualitas dan kontinuitasnya.

Ia menambahkan, sektor teknologi digital menjadi sangat penting bagi perekonomian Bali pascapandemi COVID-19 yang berdampak pada pariwisata dan perekonomian.

“Kami belajar dari pandemi karena lebih dari 54 persen pendapatan ekonomi Bali berasal dari pariwisata dan selama pandemi sudah dua tahun lebih turun dan dampaknya sangat besar,” jelasnya.

Kemudian, setelah ekonomi Bali pulih kembali, ia menemukan bahwa ekonomi provinsi telah membaik bahkan ketika sektor pariwisata belum pulih sepenuhnya, mencerminkan sebuah perputaran.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya mendukung perkembangan teknologi digital melalui event-event yang berkaitan dengan perkembangan iptek, salah satunya adalah Bali Digifest II 2023 yang akan diselenggarakan pada 2 hingga 4 Juni 2023.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azur Anas yang hadir pada Jumat mengapresiasi acara yang menurutnya mendorong partisipasi masyarakat.

Gubernur Bank Indonesia Peri Warjiu juga menyatakan dukungannya kepada Bali Digivest dengan mengatakan bahwa Bali telah maju dalam digitalisasi perekonomiannya, termasuk melalui dukungan terhadap program Bank Indonesia.

“Bahkan, Bali Digifest kami jadikan sebagai bagian tak terpisahkan dari festival keuangan dan ekonomi Indonesia,” kata Warjio.

Berita Terkait: Transformasi Kesehatan Digital untuk Membantu Masyarakat di Daerah Terpencil: Kementerian
Berita Terkait: Menteri mengunjungi UK GDS untuk mendapatkan wawasan tentang e-government
Berita terkait: Menteri Ono memberikan pelatihan digital marketing kepada anak muda di Surabaya

READ  Dubai: Pariwisata internasional melihat pertumbuhan 32% yang sehat dengan 7,28 juta pengunjung pada tahun 2021

Diterjemahkan oleh: Ne Putu Putri, Raka Adji
Editor: Sri Hariyati
Hak Cipta © Antara 2023