POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri: Pemerintah, Bank Investasi Internasional Kita berhasil mengendalikan inflasi bersama: Menteri

Menteri: Pemerintah, Bank Investasi Internasional Kita berhasil mengendalikan inflasi bersama: Menteri

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah bekerja sama dengan sukses untuk menurunkan inflasi di Indonesia.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menurunkan inflasi tanpa harus melemahkan ekonominya akibat kenaikan suku bunga yang berlebihan,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikannya saat memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Rabu (31/5/2023). Ia mengatakan pemerintah dan BI telah menerapkan kebijakan fiskal dan moneter yang baik.

Menurutnya, pemerintah dan BI sepakat untuk terus menjaga tingkat inflasi di kisaran 2% hingga 4% sepanjang tahun 2023.

Ia menambahkan pengendalian inflasi bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional di tengah risiko inflasi ke depan.

Indrawati menjelaskan beberapa langkah strategis telah dilakukan untuk mengendalikan inflasi, seperti memperkuat koordinasi kebijakan di pusat dan daerah, menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong momentum pemulihan ekonomi nasional.

Sementara itu, pemerintah dan bank sentral perlu menjaga harga terkendali dan inflasi harga pangan yang fluktuatif, terutama pada hari-hari besar keagamaan nasional, agar bisa tetap berada di kisaran 3-5 persen di akhir tahun.

Dengan demikian, Indonesia tidak harus selalu menggunakan kebijakan moneter untuk mengatasi inflasi, dan business intelligence tidak perlu menaikkan suku bunga seperti bank sentral negara lain.

“Inflasi di Indonesia tetap rendah karena kita hadapi dari sisi pemerintah, volatile food dan managed price,” ujarnya.

Menkeu menambahkan pengendalian inflasi merupakan kebijakan jangka pendek yang bertujuan untuk membangun fondasi yang kuat bagi pencapaian agenda pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengatakan, pemerintah pusat dan daerah bersama BI perlu terus bekerja sama untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan kelancaran distribusi dan pasokan bahan pokok.

READ  SNI Award 2023: Menko Airlangga Ungkap Peran Krusial Standar Nasional Indonesia dalam Mendorong Produk oleh Miliki Daya Saing

Berita Terkait: Presiden Jokowi Puji Zona Pengendalian Inflasi: Mendagri
Berita Terkait: Sinergi Terus Jaga Ketahanan Pangan, Kendalikan Inflasi: BI
Berita terkait: Mengendalikan inflasi menjadi tugas utama semua pemangku kepentingan: Kementerian

Diterjemahkan oleh: Agatha V, Kenzo
Editor: Aziz Karmala
Hak Cipta © Antara 2023