POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Tantangan perekrutan besar-besaran’: Perusahaan teknologi Kanada menghadapi gelombang perekrutan di AS

TORONTO – Jack Newton punya rencana besar untuk dua tahun ke depan.

Perusahaan teknologi legal miliknya, Clio, di Burnaby, British Columbia menghasilkan banyak bisnis untuk menambah 250 karyawan ke 600 orang tenaga kerja pada akhir tahun, dan pada tahun 2022, ia berharap dapat mempekerjakan setidaknya 1.000 orang.

Namun, ada beberapa kendala signifikan yang menghalangi tujuan ini.

Karena virus COVID-19 menimbulkan permintaan untuk e-commerce dan praktik bisnis digital lainnya, banyak perusahaan teknologi yang kesulitan untuk dipekerjakan. Dengan banyak kantor yang ditutup sementara karena pembatasan epidemi, perusahaan-perusahaan ini mencari lebih jauh lagi untuk orang-orang berbakat yang dapat bekerja dari jarak jauh.

Hal ini menyebabkan raksasa teknologi asing memantau Kanada dengan kecepatan yang luar biasa dan memicu banyak persaingan untuk perusahaan domestik seperti Cleo.

“Kami menghadapi tantangan perekrutan besar di depan kami,” kata Newton, yang ikut mendirikan perusahaan pada 2008.

“Dengan ledakan teknologi yang terjadi di Kanada, Amerika Serikat, dan di seluruh dunia, permintaan akan bakat teknologi lebih tinggi daripada sebelumnya … lanskap ketenagakerjaan telah berubah secara dramatis di Kanada dalam semalam.”

Microsoft, DoorDash, Amazon, Google, Wayfair, Twitter, Pinterest, Reddit, dan Netflix semuanya telah mengumumkan rencana rekrutmen Kanada tahun ini. Banyak pekerja akan ditempatkan dalam peran teknis atau teknik dan beberapa juga akan membuka kantor baru atau pusat inovasi untuk menampung mereka.

Raksasa teknologi Kanada juga ikut serta. Shopify Inc. Berbasis di Ottawa pada tahun ini dengan tujuan mempekerjakan 2021 karyawan teknis pada akhir 2021 dan Wattpad Corp akan menambah 100 pekerja di Halifax dan Toronto.

Brendan King, yang mendirikan perusahaan perangkat lunak Saskatoon Vendasta pada tahun 2008, tidak asing dengan tantangan perekrutan untuk peran ini.

READ  Trader mengatakan gangguan teknologi bisa menjadi peluang pembelian

Dia berkata, “Kami mengeluarkan sekelompok orang dari universitas, tetapi kami masih tidak dapat mengikuti bakat teknik dan bakat produk.”

“Kami perlu mempekerjakan orang-orang yang … pernah berada di sana, melakukan itu dan mereka dapat berbagi pengalaman mereka, atau kami perlu melatih mereka dan itu proses yang sangat lambat dan panjang.”

Mempertahankan bakat di rumah itu sulit. Kanada telah lama bergulat dengan “pengurasan otak” ketika orang-orang terpelajar berkumpul di sini di selatan perbatasan untuk mencari pekerjaan, entah karena alasan keuangan atau gaya hidup.

Sebuah studi tahun 2018 berdasarkan profil LinkedIn lulusan dari universitas Toronto, British Columbia dan Waterloo pada tahun 2015 dan 2016 mengungkapkan bahwa 66 persen mahasiswa teknik perangkat lunak dan 30 persen mahasiswa ilmu komputer meninggalkan Kanada untuk bekerja setelah lulus.

Peneliti U of T dan Brock University menemukan dalam studi tersebut bahwa mahasiswa pindah karena mereka merasa bahwa perusahaan yang besar akan meningkatkan prospek pekerjaan mereka di masa depan, bahwa cakupan pekerjaan mereka akan lebih besar dan mereka dijanjikan gaji yang lebih tinggi.

Dipekerjakan, platform rekrutmen yang menerbitkan gaji tahunan rata-rata, mengatakan pekerja teknologi Toronto memperoleh rata-rata $ 109.000 setahun pada tahun 2020, naik 10 persen dari 2019.

Gaji rata-rata pekerja teknologi di Amerika Serikat pada tahun itu sekitar $ 177.463, dan rata-rata global adalah $ 158.015.

Dengan 527 karyawan, King’s beruntung dapat mempekerjakan banyak bisnis kecil yang tidak mampu mereka beli, tetapi bahkan Vendasta tidak kebal terhadap efek pandemi.

“Kami kehilangan beberapa orang yang memutuskan untuk bekerja di perusahaan lain dari jarak jauh, tetapi kami juga memiliki dua orang dari Amazon,” katanya.

READ  Virginia Tech memimpin Virginia 6-5, tapi kalah 3-2

Sebelum COVID-19, Vendasta menghadiri pameran kerja di Toronto dan Vancouver, di mana perusahaan-perusahaan besar berada di depan mata.

King akan mengundang calon karyawan ke restoran untuk memamerkan manfaat Saskatchewan, tetapi ia sering menemukan bahwa para kandidat sudah siap untuk pindah karena di daerah tersebut terdapat perumahan yang terjangkau, perjalanan yang lebih singkat, dan cakupan pekerjaan di Vendasta besar.

“Ini bukan hanya tentang lokasi atau uang,” kata King. “Itu sangat tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan. Apakah itu memuaskan?”

Caitlin McGregor merasakan hal yang sama.

Plum, yang berkantor pusat di Waterloo, membantu perusahaan menggunakan AI untuk merekrut dan mempertahankan bakat, tetapi ketika menambahkan ke timnya, salah satu pendiri dan CEO McGregor lebih memilih untuk menyoroti fasilitas yang tidak konvensional.

Misalnya, Bloom menawarkan hari Jumat sore selama pandemi untuk meningkatkan kesehatan mental dan memberi karyawan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga atau untuk mengejar hobi.

McGregor berkata: “Mengetahui mereka tidak pernah kehabisan Plum, mereka didukung dan kami bekerja lebih keras, kami akhirnya menjadi sangat baik untuk menghadapi pertunjukan yang lebih tinggi.”

Ini juga menjalankan program Plum khusus. Alih-alih menargetkan kandidat profil tinggi yang diinginkan semua orang, MacGregor menggunakan Plum untuk mengidentifikasi orang-orang dengan keterampilan yang dapat dialihkan atau yang cenderung unggul dalam peran tertentu.

Dia berkata, “Kami dapat memanfaatkan bakat yang belum tentu memiliki rekam jejak yang sempurna ini dan merekrut potensi.”

“Kami sering melihat orang-orang yang bahkan tidak disukai oleh para pesaing Amerika ini.”

Sementara itu, Cleo telah mengadopsi strategi yang sama dengan pesaing AS dengan mengiklankan pekerjaan jarak jauh dan mencari bakat lebih jauh.

READ  Pendiri mengatakan krisis rantai pasokan akan meningkatkan teknologi logistik

Clio akan terbuka untuk karyawan baru di kota-kota tanpa jejak, tetapi Clio mempertahankan ruangnya di Vancouver, Toronto, Calgary, dan Dublin sebagai pusat kolaborasi dan untuk orang-orang yang lebih memilih kantor.

Jika karyawan baru berada di area “padat bakat”, Cleo akan mempertimbangkan untuk membuka hub di sana juga.

Newton berharap fleksibilitas ini akan menarik bagi para pekerja dan membuktikan keberanian Cleo.

Dia berkata, “Ada peluang di sini bagi perusahaan Kanada dan ada kebutuhan bagi perusahaan Kanada untuk mengintensifkan permainan mereka secara besar-besaran dan bersaing di tingkat global ini.”

“Perusahaan Kanada harus … melihat (ini) sebagai jenis peluang yang muncul setiap beberapa dekade, jika Anda beruntung.”

Laporan ini pertama kali diterbitkan oleh The Canadian Press pada 21 Mei 2021

Perusahaan dalam cerita ini: (TSX: SHOP)

Tara Deschamps, Pers Kanada