POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Eksklusif – mengarahkan jalan ke depan dalam teknologi kendaraan

Ada banyak kegembiraan di kantor pusat Pony.ai – perusahaan pengemudi otonom milik China – di Guangzhou, China, dan Fremont, California, di AS.

Perusahaan mengumpulkan lebih dari $ 1,1 miliar (4,51 miliar RM), termasuk $ 400 juta (RM1,6 miliar) baru-baru ini dari Toyota Motor Corp.

Investasi tersebut datang sebagai perpanjangan dari kemitraan bisnis yang dibentuk antara Pony.ai dan Toyota pada 2019, yang akan membuat kedua perusahaan memperkuat upaya bersama mereka dalam mengembangkan teknologi mengemudi otonom dan menerapkan layanan mobilitas.

Armada taksi swakemudi, yang disebut Robotaxi, sudah ada di jalan-jalan Guangzhou, Beijing dan Shanghai serta di Fremont dan Raymont di Silicon Valley. Sekarang sedang menguji truk otonom.

Perhatian difokuskan pada James Bing (foto), salah satu pendiri dan CEO perusahaan.

Sebuah Lexus yang dilengkapi dengan sistem penggerak otonom Pony.ai dikendarai di jalan raya selama acara uji coba, di Beijing, Cina, pada 13 Mei 2021. ReutersSebuah Lexus yang dilengkapi dengan sistem penggerak otonom Pony.ai dikendarai di jalan raya selama acara uji coba, di Beijing, Cina, pada 13 Mei 2021. Reuters

Peng, yang fasih berbahasa Inggris, telah menjadi bagian integral dari kepemimpinan di Baidu, perusahaan teknologi multinasional China.

Pada 2016, ia mendirikan Pony.ai bersama Tiancheng Lou, yang bekerja di proyek Mobil Otonomi Google X.

Ping, yang pernah belajar di Universitas Tsinghua yang bergengsi, kemudian memperoleh gelar doktor dari Universitas Stanford di Amerika Serikat.

Meskipun jadwalnya padat, Peng meluangkan waktu untuk berbicara dengan StarBizWeek tentang perkembangan terbaru di Pony.ai dalam wawancara email eksklusif.

Salam James, bisakah Anda terus mengabari kami di Pony.ai tentang pengembangan mobil tanpa pengemudi oleh perusahaan?

James Bing: Salam, Datuk Wong. Terima kasih telah menjamu saya. Di Pony.ai, kami telah melalui fase uji prototipe dan mendekati produksi dan peluncuran skala besar. Kami telah melakukan perjalanan lebih dari 5 juta kilometer dengan lebih dari 220.000 perjalanan Robotaxi di lima kota di China dan Amerika Serikat, termasuk Guangzhou, Shanghai, Beijing, Irvine dan Fremont, California.

Baru-baru ini, kami sepenuhnya memodernisasi layanan Robotaxi dan memperkenalkan armada Autonomous Vehicle (AV) standar pertama. Selain itu, jangkauan layanan Robotaxi kami berkembang di Guangzhou dan Beijing.

READ  Kegagalan microchip raksasa China menguji ambisi teknologi Beijing

Patut dicatat bahwa kami memperoleh izin mengemudi truk otonom pertama kami di Guangzhou pada tanggal 28 April dan memulai operasi komersial, yang merupakan pencapaian lain dalam perjalanan kami untuk mencapai produksi massal truk otonom berskala besar.

Apa fokus saat ini dalam membangun standar mobil-mobil ini?

Seorang pengemudi keselamatan mengawasi kendaraan Lexus yang dilengkapi dengan sistem penggerak otonom Pony.ai saat mengendarai mobil di jalan selama acara uji coba, di Beijing, Cina pada 13 Mei 2021. - ReutersSeorang pengemudi keselamatan mengawasi kendaraan Lexus yang dilengkapi dengan sistem penggerak otonom Pony.ai saat mengendarai mobil di jalan selama acara uji coba, di Beijing, Cina pada 13 Mei 2021. – Reuters

Peringkat atau level menjadi kurang jelas. Batasan antara setiap level telah dikaburkan karena teknologi AV beriterasi dengan cepat – misalnya, pengembangan teknologi sensor canggih dengan suhu otomatis. Daya komputasi semakin kuat, dan konsumsi energi semakin rendah.

Konsep L2 pertama kali diusulkan tujuh atau delapan tahun yang lalu ketika kita berada dalam tahap perkembangan teknologi yang sama sekali berbeda, dan mengangkut mobil semacam itu di lingkungan yang dapat diprediksi seperti lingkungan kampus dan industri adalah tahap yang mudah. Bagaimana dengan jalanan kota?

Jalan-jalan kota dipenuhi dengan skenario perkotaan yang kompleks. Pengujian dan validasi di lima lokasi di Amerika Serikat dan China memberi kami manfaat unik untuk menjelajahi dan meningkatkan kinerja AV kami.

Kondisi cuaca berbeda di berbagai kota dan negara. Apakah ini area terbesar untuk pengujian? Cuaca sangat penting tetapi kuncinya adalah bidang desain operasional.

Hal tersebut dapat berupa batasan lingkungan dan geografis, batasan hari, atau karakteristik lalu lintas spesifik lainnya.

Pada dasarnya, ini semua tentang perkembangan teknologi. Sama seperti pengemudi manusia, kendaraan otonom harus mengemudi di lingkungan yang kompleks dan beragam untuk meningkatkan kemampuan mereka dan mengemudi lebih baik di kota-kota baru di masa depan. Masing-masing dari lima kota yang kami pilih memiliki lingkungan yang sangat berbeda, yang memungkinkan kendaraan kami meningkatkan teknologinya.

Katakanlah, di Distrik Jiading, Shanghai. Banyak dari perhentian jalan raya yang unik di wilayah ini, karena jalan-jalannya kuno dan “bebas”. Di Nansha, Guangzhou, sepeda motor harus menjadi sorotan mereka.

READ  Mata-mata Inggris memperingatkan otoritas lokal tentang bahaya teknologi 'kota pintar'

Di sisi lain, Beijing memiliki persimpangan yang besar, hanya untuk beberapa nama. Ada juga perbedaan besar dalam lingkungan mengemudi dalam hal jumlah pejalan kaki, jarak yang digunakan kendaraan antara satu sama lain, dll. Berapa banyak dari kendaraan ini yang digunakan di jalanan Guangzhou?

Apakah mereka mobil eksperimental?

Kami memiliki armada lebih dari 200 kendaraan swakemudi secara internasional. Kami baru saja memperluas cakupan layanan Robotaxi di Guangzhou menjadi 300 kilometer persegi. Dengan keterbukaan kebijakan pemerintah, kita bisa menjangkau jangkauan operasional yang lebih luas di masa mendatang.

Berapa tahun kita dari model siap produksi Pony.ai? Kami siap meluncurkan kendaraan produksi armada self-driving pada tahun 2023 secara global.

Apa tantangan terbesar dalam memiliki mobil self-driving yang berfungsi penuh di tingkat komersial?

Beberapa tantangan teknis mencapai operasi skala dan produksi massal serta pengujian simultan di beberapa lokasi.

Teknologi bergerak dari tingkat keahlian ke aplikasi. Paruh pertama permainan ini adalah membangun produk yang stabil dan matang serta mengumpulkan pengalaman. Paruh kedua adalah transisi dari penelitian dan pengembangan ke skala, yaitu produksi dan operasi massal dalam skala besar, serta realisasi produk yang layak secara komersial.

Berapa level pekerjaan untuk dua kantor pusat di Silicon Valley dan Guangzhou?

Sebagai perusahaan rintisan, Pony.ai telah berfokus pada AS dan China sejak awal: Litbang, dan eksperimen di dua pasar secara bersamaan. Jadi Pony.ai bukanlah perusahaan Cina yang pergi ke luar negeri atau perusahaan internasional yang beroperasi di Cina.

Penentuan posisi merupakan tantangan bagi kami, tetapi juga memungkinkan kami untuk mengeksplorasi beberapa pengalaman dan pendekatan kami terhadap lokalisasi dan internasionalisasi, terutama dalam membangun budaya perusahaan.

Amerika Serikat dikatakan memiliki undang-undang yang lebih baik mengenai kendaraan, terutama mobil yang dapat mengemudi sendiri, daripada China, dan bahwa Amerika Serikat jauh di depan dalam hal peraturan. Apa yang bisa berguna bagi Pony.ai dan memungkinkan penggunaan nyata mobil semacam itu di jalanan?

READ  Di dalam Paket Peningkatan Teknologi Western Cape Cottage

Soal undang-undang dan regulasi, pendapat saya selama ini adalah jika sebuah teknologi tidak cukup matang, maka seharusnya tidak ada undang-undang dan regulasi. Jika teknologinya benar-benar matang, maka hukum secara alami akan diperkenalkan ke tahap itu. China telah mengeluarkan banyak undang-undang tentang pesawat ruang angkasa selama setahun terakhir, yang merupakan hasil dari upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh seluruh industri dan perkembangan teknologi.

Oleh karena itu, saya tidak berpikir bahwa hukum dan peraturan China secara khusus tertinggal dari hukum dan peraturan internasional.

Dari sudut pandang teknis, China terus mengimbangi dunia di bidang kecerdasan buatan dan mengemudi otonom, meskipun tidak lama kemudian. Namun, kecepatan pengembangan secara keseluruhan sangat cepat. Secara umum, China dan dunia maju bersama dalam hal hukum dan peraturan, pengembangan teknologi, dan pengumpulan bakat.

Pony.ai mengumpulkan lebih dari $ 1,1 miliar USD (RM4,51 miliar), dan untuk apa sebagian besar dana itu?

Uang baru akan digunakan terutama untuk penelitian dan pengembangan.

Terakhir, kepercayaan sangatlah penting. Orang-orang telah bepergian dengan kereta tanpa pengemudi selama bertahun-tahun dan pesawat pergi dengan kapal pesiar bermotor setelah lepas landas, tetapi jika menyangkut mobil, ada cacat psikologis. Bagaimana menurut anda?

Kami memiliki beberapa pengendara yang awalnya memiliki perasaan negatif sebelum mengendarai Robotaxi untuk pertama kalinya di Irvine, California.

Namun, pengalaman layanan meredakan ketakutan mereka – dan perubahan persepsi ini dibantu oleh pengalaman berkendara yang mulus dan operator manusia yang waspada.

91% pengguna ingin terus menggunakan layanan Robotaxi dan sangat bersedia membayarnya. Informasi dari mulut ke mulut dan lokal juga secara alami berkontribusi pada pertumbuhan pelanggan.

Seorang penduduk Irvine dengan kebutuhan khusus berkomentar setelah perjalanan, “Saya memiliki pilihan transportasi terbatas karena kursi roda. Anda memberikan layanan yang mengubah hidup. Terima kasih banyak!”