POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tahun Baru Imlek dirayakan di seluruh dunia dengan landmark dan acara yang menyala

Orang-orang mengikuti parade Tahun Baru Imlek yang meriah di Vancouver, Kanada, 22 Januari 2023. [Photo/Xinhua]

Landmark di seluruh dunia menyala dengan warna merah keberuntungan untuk merayakan Tahun Baru Imlek, atau Festival Musim Semi, yang jatuh pada hari Minggu tahun ini.

Tahun Baru Imlek 2023 menandai Tahun Kelinci – hewan lucu dan menyenangkan yang menandakan vitalitas, kecerdasan, kehati-hatian, dan keberuntungan dalam zodiak Tiongkok.

Di luar China, festival China yang paling penting juga dirayakan oleh banyak orang bersama komunitas China setempat, menikmati cita rasa budaya China sambil mempererat persahabatan mereka dengan orang lain dari latar belakang budaya yang berbeda.

Landmark bersinar merah

Dari Gedung Empire State di New York, Menara Tokyo di ibu kota Jepang, Gedung Opera Sydney, dan banyak landmark terkenal lainnya hingga Chinatown di seluruh dunia, banyak bangunan dan lingkungan yang menyala merah atau didekorasi dengan elemen China seperti lentera merah , menciptakan suasana pesta yang menyenangkan.

Sejumlah sorotan yang diharapkan Festival Musim Semi di Tiongkok saat berubah menjadi merah. Pada hari Sabtu, Nelson’s Column di Trafalgar Square London dinyalakan dalam bahasa Mandarin untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek kepada orang-orang. Karakter Cina “fu”, yang berarti keberuntungan, telah dipajang di Mole Antonelliana, bangunan paling ikonik di Turin, Italia.

“Kami dengan senang hati menyampaikan harapan Tahun Baru kami yang tulus kepada seluruh komunitas Tionghoa di sini di Amerika Serikat, di seluruh dunia, dan khususnya di Tiongkok,” kata Tony Malkin, CEO, Presiden, dan Ketua Empire State Realty Trust.

Selain pencahayaan, beberapa atraksi utama Sydney dan jalan raya menyaksikan karya seni berbentuk kelinci yang dibuat oleh ilustrator lokal untuk merayakan festival.

Antara pertengahan Januari dan pertengahan Februari, Pecinan di Jalan Yaowarat di Bangkok, Thailand didekorasi dengan lampu, menampilkan terowongan cahaya sepanjang 45 meter dan lentera dengan berbagai gaya.

READ  Destinasi liburan ramah keluarga musim ini

Juga dalam suasana meriah adalah kota Milan di Italia utara. Pada hari Sabtu, animasi Tahun Baru Imlek ditayangkan di layar lebar di Alun-alun San Babila, area pusat kota yang sibuk. Di sepanjang jalan yang sibuk dihiasi dengan lentera merah dan naga Cina, banyak penduduk lokal datang untuk merasakan budaya Cina dan mengambil foto.

Untuk merayakan Tahun Kelinci, Jungfrau, area ski populer di Swiss, telah menempatkan lentera dan iluminasi China buatan khusus di stasiun Grindelwald untuk menciptakan suasana yang meriah.

Berbagai perayaan

Berbagai acara hiburan dan budaya seperti konser dan acara kuliner telah diselenggarakan di Kamboja, Ethiopia, Selandia Baru, Spanyol, AS, dan lainnya. Di banyak negara, parade naga, kembang api, dan penerbitan stempel zodiak telah menjadi kegiatan simbolis selama Festival Musim Semi.

Hari-hari ini, Australia, Fiji, Prancis, dan Hongaria telah merilis prangko peringatan yang menampilkan elemen kelinci bekerja sama dengan seniman Tiongkok.

Pada 14 Januari, layanan pos Prancis, La Poste, mengadakan perayaan di Paris untuk meluncurkan dua prangko berbentuk kelinci. Pada acara tersebut, seorang Prancis yang tidak disebutkan namanya berkata, “Saya telah mengumpulkan prangko selama lebih dari 60 tahun. Setiap tahun, saya membawa prangko yang didedikasikan untuk Tahun Baru Imlek.”

Berbagai tempat wisata menjadi tuan rumah perayaan Tahun Baru Imlek selama liburan, memberikan penghargaan yang menyenangkan untuk budaya Tionghoa dan Asia.

Di Disney California Adventure Park, serangkaian perayaan dimulai pada hari Jumat. Pada hari yang sama, Empire State Building meluncurkan pameran jendela Fifth Avenue, yang menampilkan instalasi seni potret dan representasi kelinci.

Karena Festival Musim Semi membawa kegembiraan nostalgia bagi orang Tionghoa perantauan, misi diplomatik, perusahaan, dan lembaga budaya Tionghoa perantauan telah mengadakan resepsi dan festival untuk merayakan Tahun Baru bersama rekan-rekan lokal mereka.

READ  Tagihan energi Perdana Menteri Rishi Sunak tidak akan naik di Downing Street karena 'maksimum'

Selain itu, kedutaan besar Tiongkok di seluruh dunia telah mendistribusikan “perlengkapan Festival Musim Semi”, yang berisi barang-barang tradisional Festival Musim Semi dan makanan khas setempat.

Setelah menghadiri upacara di Kedutaan Besar China di Iran awal bulan ini, Wang Danyu, seorang guru di Institut Konfusius Universitas Teheran, mengatakan, “Acara ini menyampaikan kehangatan tanah air saya.”

Menyambut acara meriah yang diselenggarakan bersama oleh Misi Tiongkok untuk Uni Afrika dan Komisi Ekonomi PBB untuk Afrika di ibu kota Ethiopia, Addis Ababa, satu juta penumpang dari penduduk setempat mengatakan, “Yang paling mengejutkan saya adalah rasa kebersamaan dan kebersamaan mereka. (orang Tionghoa) terlihat sangat cantik saat mereka merayakan tahun baru bersama.” “.

Keinginan tahun baru

Banyak orang Tionghoa perantauan telah menyampaikan harapan terbaik mereka ke ibu pertiwi.

“Kami orang Tionghoa perantauan bersedia bertindak sebagai jembatan antara ibu pertiwi dan dunia,” kata Lu Gang, wakil presiden eksekutif Kamar Dagang dan Industri Rusia di Tiongkok Timur Jauh, kepada Xinhua. “Atas nama orang Tionghoa perantauan di Timur Jauh Rusia, saya ingin mendoakan kemakmuran tanah air kita yang agung dan kebahagiaan rakyat kita!”

“Kami sangat bangga dengan perkembangan dan kemajuan ibu pertiwi kami,” kata Deng Chuting, presiden Asosiasi Pecinan China di London. “Kami akan terus menceritakan kisah China dengan baik di panggung dunia dan mempromosikan pertukaran persahabatan yang berkelanjutan dan berkelanjutan antara China dan Inggris.”

Selain itu, para pemimpin dunia telah menyampaikan harapan mereka kepada mereka yang merayakan Tahun Baru Imlek.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan dalam pesan video yang dia posting pada hari Rabu: “Saya senang untuk mengirimkan salam terhangat saya saat kita memasuki Tahun Kelinci. Kelinci adalah simbol energi dan kecerdikan. Ini adalah kualitas yang kita butuhkan saat kita memasuki Tahun Kelinci. Kemanusiaan menghadapi kesulitan dan ujian.”

READ  Biaya sosial plastik 2019 lebih besar dari PDB India: WWF - Bisnis

“Saya berterima kasih kepada China atas kemitraan kuat Anda dengan PBB dan dukungan untuk kerja sama internasional. Dengan bekerja sama sebagai komunitas global, kita dapat memajukan perdamaian, pembangunan berkelanjutan, dan dunia yang lebih baik untuk semua,” katanya.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Tanzania, saya menyampaikan harapan terhangat saya kepada semua orang China saat Anda merayakan Tahun Baru Imlek,” tulis Presiden Tanzania Samiya Sulu Hassan di Twitter.

“Dengan senang hati dan ketulusan perasaan persahabatan untuk bergabung dengan perayaan Anda hari ini pada kesempatan Tahun Baru Imlek, tahun kelinci, simbol keberuntungan, ambisi besar, masa depan cerah, kekayaan dan kemakmuran,” Siprus Presiden Nicos Anastasiades mengatakan pada hari Jumat melalui video.

“Saya mendapat kehormatan untuk berbicara kepada saudara-saudara China dalam kapasitas saya sebagai Presiden Senat dan atas nama Senat dan mengirimkan kepada kami harapan kesehatan, kebahagiaan, dan kemakmuran yang tulus,” kata Lucy Melbeau Aubusson, Presiden Senat Gabon.

Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda berharap semua orang bisa “melompat tinggi dan jauh” di Tahun Kelinci. “Saya berharap kesehatan semua orang baik, dan saya berharap perdamaian dan kemakmuran ke China, Jepang, Asia, dan seluruh dunia.”