POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Status Vietnam sebagai pembangkit tenaga listrik manufaktur terguncang oleh Covid Surge

Pembaruan Vietnam

Ketika virus corona pertama kali mencapai Vietnam pada Januari 2020, kepemimpinan komunisnya mengejar salah satu kebijakan penahanan paling sukses di dunia. semi-pejabat Kampanye untuk menghancurkan Covid-19 untuk berperang Sebuah metafora yang kuat untuk sebuah negara dengan sejarah kemenangan baru-baru ini.

Dengan memperkenalkan karantina yang ketat dan sistem pelacakan dan penelusuran yang komprehensif — dengan bantuan peralatan dan personel polisi — negara itu pada pertengahan tahun mampu membasmi infeksi lokal dan membendung wabah baru. Keberhasilan nyata Vietnam dalam memulihkan bisnis seperti biasa diperkuat Stadion di depan investor asing Sebagai alternatif yang tidak terlalu bermuatan geopolitik dibandingkan China.

Setahun kemudian, jenis delta coronavirus yang paling menular telah mendorong infeksi baru ke level rekor lebih dari 10.000 per hari, meningkatkan keraguan tentang masa depan salah satu pusat manufaktur terkemuka di Asia. Nikkei Asia sekarang berada di peringkat terakhir dengan Vietnam, di 120 dan diikat dengan Thailand, kemudian Indikator pemulihan Covid-19-nya, yang standarnya termasuk mengelola infeksi di negara-negara dan menyebarkan vaksin – area di mana Vietnam gagal merencanakan secara memadai.

“Ada beberapa gelombang Covid dan setiap kali mereka mampu menahannya,” kata Huong Le Thu, seorang analis senior di Australian Strategic Policy Institute. penulis makalah Tentang tanggapan Vietnam terhadap virus corona. “Tapi kali ini Delta terbukti sulit dikendalikan.”

Alex Foving, seorang profesor di Pusat Studi Keamanan Asia-Pasifik di Honolulu, mengatakan bahwa model Vietnam tahun lalu dalam melacak, melacak, dan kemudian mengepung orang-orang dalam kelompok infeksi “membuang waktu yang berharga”, sambil memberikan varian delta lingkungan untuk itu menyebar.

READ  Taliban bersiap untuk mengungkap pemerintahan baru Afghanistan di tengah gejolak ekonomi global

Wabah itu paling parah di Kota Ho Chi Minh, pusat bisnis padat penduduk Vietnam, di mana pihak berwenang memberlakukan jam malam 12 jam, melarang sebagian besar pergerakan dan mengerahkan ribuan tentara. Merek Dagang Termasuk Nike dan Adidas Operasinya telah terganggu, menyoroti peran Vietnam yang berkembang dalam rantai pasokan global. Toyota juga mengumumkan penangguhan produksi pada 27 lini di 14 pabrik Jepang karena kekurangan suku cadang yang dibuat di Asia Tenggara – sebagian besar Vietnam tetapi juga Malaysia, yang juga berjuang dengan meningkatnya jumlah kasus.

Perdana Menteri Pham Minh Chin, yang disebutkan pada Februari dalam perombakan lima tahun Partai Komunis, mendesak pemerintah barunya untuk mengamankan dan mengelola lebih banyak vaksin dan mengembalikan ekonomi ke jalurnya. Di negara satu partai yang para pemimpinnya memperoleh banyak legitimasi dari pencapaian pertumbuhan ekonomi, ini adalah tugas penting.

Dengan strategi nol kasus negara sebelumnya yang sekarang diperdebatkan, sebagian besar fokus Hanoi adalah untuk menahan infeksi dan menjaga bisnis tetap berjalan. Beberapa perusahaan menggunakan model “tri-on-site” bagi karyawan pabrik untuk bekerja, makan, dan tidur di tempat kerja. Tapi ini sulit bagi karyawan dan mahal bagi perusahaan. Beberapa perusahaan multinasional telah menunjuk manajer di hotel-hotel di pusat kota.

Sementara perusahaan asing besar dapat membayar hotel, perusahaan yang memproduksi produk bernilai tambah lebih rendah seperti pakaian, sepatu, dan furnitur “mengalami kesulitan mempertahankan produksi mereka,” VinaCapital, direktur investasi Kota Ho Chi Minh, mengatakan dalam sebuah catatan kepada klien. minggu lalu.”. Memperhatikan bahwa ekspor Vietnam dari produk-produk ini menurun pada bulan Agustus, dia mengatakan penurunan tersebut, bersama dengan konsumsi yang lebih rendah, kemungkinan akan “mempengaruhi pertumbuhan PDB Vietnam” tahun ini.

READ  Kapal perang AS melintasi Selat Taiwan setelah serangan China

“Pembatasan tersebut sangat membatasi kapasitas manufaktur negara itu,” kata Nguyen Phuong Linh, associate director di Control Risks. “Beberapa pabrik takut menerima pesanan baru karena khawatir tidak dapat menyelesaikannya tanpa pekerja yang cukup.” Namun, tambahnya, gangguan tersebut kemungkinan akan menjadi “masalah jangka pendek karena Vietnam tetap menjadi pilihan yang menarik bagi investor asing dibandingkan dengan negara lain di Asia.”

Pemerintah telah menetapkan tujuan untuk mengendalikan wabah di Kota Ho Chi Minh pada 15 September, sebagaimana didefinisikan oleh pengurangan 20 persen dalam kematian Covid setiap hari dan jumlah pasien Covid yang dipulangkan dari rumah sakit di luar jumlah penerimaan.

Pertanyaan yang lebih besar adalah apakah Vietnam dapat mengatasi krisis dengan cukup cepat untuk menghindari mengasingkan investor asing. Saat ini, ada beberapa tanda divestasi yang eksplisit; Dong adalah salah satu dari sedikit mata uang di Asia Tenggara yang terapresiasi terhadap dolar tahun ini. Seperti yang dikatakan seorang ekonom: “Hal-hal Amerika-Cina tidak akan hilang.”

[email protected]